Pabrik Hyundai Dipastikan Berdiri Di Indonesia

02/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Pabrik Hyundai di Indonesia direncanakan mulai produksi tahun 2021 dengan kapasitas hingga 250 unit per tahun. Selain untuk memenuhi pasar domestik, produk Hyundai Indonesia juga bakal diekspor ke mancanegara.

Ekspansi ke Asia Tenggara serius dilakukan Hyundai Motor Company (HMC). Produsen otomotif asal Korea Selatan yang jauh-jauh hari sudah merencanakan ingin membangun pabrik di Indonesia kini terlihat makin jelas. Sebagai bukti keseriusannya Hyundai mengklaim akan segera merealisasikan investasinya dan berencana setidaknya pada tahun 2021 mendatang pabrik tersebut akan mulai beroperasi.

Foto Hyundai Konda dari samping belakang

Pabrik Hyundai segera berdiri di Indonesia

>>> Melihat ke Dalam Kabin Hyundai Kona 2019 yang Lega dan Menawan

Hal tersebut diungkap oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dalam keterangan resminya usai bertemu Executive Vice President HMC Park Hong Jae di Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/6/2019). "Mereka akan mulai produksi pada 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,".

Selain itu Airlangga juga mengatakan, bahwa nantinya pabrik tersebut akan fokus melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri dengan menargetkan sebesar 47 persen. Sedangkan untuk sisanya, 53 persen dari hasil produksi akan diekspor ke negara-negara lain..

Meskipun belum ada konfirmasi secara jelas dari Hyundai terkait dengan letak pembangunan pabriknya, namun setidaknya ada kabar baik bagi masyarakat di Indonesia karena nantinya pabrik tersebut bakal membutuhkan karyawan atau tenaga kerja sebanyak 3.500 orang.

"Hyundai telah menegaskan komitmen mereka untuk segera memulai investasi di Indonesia. Prinsipnya pemerintah mendukung rencana investasi baru tersebut dengan fasilitas fiskal yang sudah tersedia," ujar Airlangga seperti dikutip dari Kompas, (1/7/2019).

>>> Jangan lewatkan berita menarik seputar pasar mobil di sini

Foto Hyundai H-1 di salah satu diler mobil Hyundai di Indonesia

Produk Hyundai Indonesia bakal diekspor juga ke mancanegara

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto, juga memberikan penjelasan bahwa pembangunan pabrik Hyundai memang sudah direncanakan semenjak Januari tahun 2018 yang lalu, sedangkan kawasan Asean dan juga Indonesia menjadi bagian rencana atau target Hyundai sebagai tempat untuk pembangunan pabriknya.

Bukan hanya itu saja, Harjanto juga mengatakan bahwa sebagian dari total kapasitas produksi HMC di Indonesia akan digunakan untuk membuat mobil listrik yang akan dijual ke berbagai negara di Asia Tenggara dan juga Australia. Sedangkan sisanya akan dipasarkan di Indonesia.

"Apalagi, Indonesia memiliki bahan baku bijih nikel yang bisa digunakan untuk produksi baterai lithium-ion sebagai komponen penting kendaraan listrik," kata Harjanto.

>>> Tertarik membeli mobil Hyundai, Cek harganya di sini!

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top