Pabrik Hyundai di Indonesia Tak Hanya Produksi Mobil Listrik

18/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai diketahui tengah membangun pabriknya di Indonesia. Pabrik Hyundai di Indonesia itu tak hanya memproduksi mobil listrik melainkan model-model lainnya.

Produsen mobil asal Korea Selatan Hyundai diketahui tengah membangun pabriknya di kawasan Delta Mas, Cikarang Jawa Barat. Pembangunan pabrik Hyundai itu pun masih jalan meski Indonesia tengah diterpa pandemi corona.

Kabarnya pabrik tersebut akan dimanfaatkan untuk memproduksi mobil listrik. Tapi hal tersebut dibantai oleh Hyundai. Selain mobil listrik ada beberapa model lain yang akan diproduksi di sana. 

Tak Hanya Produksi Mobil Listrik

Pembangunan pabrik Hyundai

Pembangunan pabrik Hyundai terus jalan di tengah pandemi

>>> Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

"Dan banyak yang bilang Hyundai hanya produksi elektrik, tapi produksi line itu bisa produksinya SUV, MPV, sedan, dan seterusnya dan ada electric vehicle. Hyundai udah terkenal di dunia EV sudah bagus dan tambahan hydrogen vehicle juga," tegas Vice President of Hyundai Motor Asia Pasific HQ Lee Kang-Hyun dalam diskusi virtual soal industri otomotif Indonesia, Jumat (17/5/2020). 

Mobil Listrik Hyundai

Ioniq sebagai armada Grab

Di Indonesia sebut Kang-Hyun akan ada tiga perusahaan yang menaungi merek Hyundai. Ketiga peusahaan tersebut yakni Hyundai Motor Indonesia, Hyundai Mobil Indonesia, dan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Hal itu menurutnya menujukan keseriusan Hyundai untuk bersaing di industri otomotif Tanah air. 

>>> Ada Pandemi Corona, Pembangunan Pabrik Hyundai di Indonesia Jalan Terus

Jalin Kerjasama dengan Grab

Saat ini proses pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia telah dalam tahap pembersihan lahan dan pemasangan pemancang. Ditargetkan dalam waktu dekat proses penyusunan kerangka baja bakal segera rampung.

Rencananya, Hyundai mulai menawarkan mobilnya yang diproduksi di Cikarang itu pada November 2021. 

"Mudah-mudahan sesuai jadwal sampai akhir tahun bisa selesai dan bisa mulai jual tahun depan memang November," kata Kang-Hyun. 

>>> Mudik Pakai Surat Keterangan Bebas Covid-19 Palsu Bisa Dipidana

Mobil listrik Hyundai bukanlah hal asing di Indonesia. Hyundai telah menggaet perusahaan transportasi Grab untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Ada sekitar 20 unit Hyundai Ioniq Electric yang digunakan sebagai taksi online saat ini. Diharapkan hingga akhir 2020 ada 500 mobil listrik yang disediakan oleh Grab dan Hyundai. 

Nantinya customer bisa mendapatkan Grab Car EV dengan armada berupa Hyundai Ioniq di dekat-dekat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah tersedia.

"Dan EV, udah kerja lewat Grab, jadi udah ada contoh-contoh di jalan, dan memang dari Bluebird udah ada rencana bisa konsumer coba EV dari Hyundai," pungkas Kang-Hyun. 

>>> Cek harga mobil baru beserta promo dan diskon menariknya cukup klik disini aja

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top