Pabrik Honda di Guangzhou Kini Dikuasai GAC

30/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrik Honda di Guangzhou Kini Dikuasai GAC
Pabrik Honda di Guangzhou China tidak lagi jadi milik bersama Honda dan Guangzhou Automobile (GAC) setelah Honda memutuskan menjual seluruh sahamnya kepada GAC.

Honda Motor Company mengumumkan pelepasan seluruh saham Honda Automobile (China) kepada mitranya, Guangzhou Automobile Group Co (GAC), pada 29 Maret 2020. Dengan pelepasan ini operasional pabrik Honda di Guangzhou sepenuhnya berada di bawah pengelolaan GAC. Kepemilikan baru berlaku efektif mulai 1 April 2020 dan pabrik bakal menyandang nama baru yakni Guangzhou Development District Factory of GAC Honda.

Foto menunjukkan Pabrik Honda di Guangzhou

Pabrik Honda di Guangzhou dikuasai penuh oleh GAC

Berdiri sejak 2003

Honda Automobile (China) didirikan tahun 2003 oleh Honda Motor Company Jepang dan perusahaan lokal Guangzhou Automobile Group Co (GAC) dengan rasio kepemilikan masing-masing sebesar 50%. Pabrik yang memiliki kapasitas 50.000 unit per tahun ini merupakan pabrik Honda pertama di China yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar China dan ekspor. Diantara model yang dihasilkan adalah Accord, Avancier, Breeze (CR-V), City, Crider, Fit (Jazz), Odyssey, dan Vezel (HR-V).

Di bawah nama baru, Guangzhou Development District Factory, pabrik akan mulai memproduksi Accord untuk pasar domestik China mulai bulan April, sambil terus memproduksi dan mengekspor model City untuk diekspor ke Meksiko. Dengan penambahan kapasitas produksi di pabrik baru total kapasitas produksi GAC Honda bertambah menjadi 770.000 unit per tahun.

>>> Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

Foto menunjukkan Honda Accord buatan China

Honda Accord, produk andalan Honda Guangzhou

Bukan satu-satunya pabrik Honda di China

GAC Honda bukan satu-satunya pabrik yang memproduksi mobil Honda di China. Selainnya, ada Dongfeng Honda yang merupakan pabrik patungan Honda Motor Company Jepang dengan Dongfeng Motor Group. Rasio kepemilikannya juga sama, yaitu masing-masing 50%. Pabrik Dongfeng Honda beroperasi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei menghasilkan banyak model, seperti CR-V, Civic, Elysion, Envix, Gienia, Greiz, Inspire, Jade, UR-V, dan XR-V.

Wabah virus Corona (COVID-19) yang muncul dan menjalar di seantero Wuhan mulai awal 2020 memaksa pabrik ini berhenti beroperasi. Honda meliburkan seluruh karyawannya agar mereka bisa menjalankan isolasi diri seperti yang diintruksikan pemerintah setempat.

>>> Ini Daftar Pabrikan Mobil yang Tutup Sementara akibat Virus Corona

Foto menunjukkan pabrik Dongfeng Honda di kota Wuhan China

Operasional Dongfeng Honda Wuhan terpengaruh wabah COVID-19

>>> Berita mobil baru yang baru diluncurkan di dunia bisa Anda cari disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Imbauan di Rumah Saja Bikin Honda Rajin Tawarkan Servis ke Rumah

24/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Adanya imbauan untuk berada di rumah saja, membuat Honda aktif berjualan mobil secara online dan juga gencar menawarkan servis mobil ke rumah konsumennya.

Lihat juga

Honda Brio Laris Manis di Tengah Pasar yang Tidak Stabil

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia awal tahun ini sedang tidak stabil, meski begitu Honda Brio berhasil menyumbang penjualan sebanyak 6.085 unit pada Februari lalu.

Lihat juga

Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

05/10/2018

Jual beli

10 menit

Pilihan mobil bekas MPV sangat banyak di pasaran saat ini. Namun bila Anda ingin mencari alternatif mobil bekas MPV ada dua pilihan dari kami, yakni Nissan Grand Livina atau Honda Freed?

Lihat juga

SUV Blasteran Inggris-China MG ZS Bakal tantang HR-V, Apa Kata Honda?

25/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda baru saja kedatangan rival baru di segmen SUV yakni dengan kehadiran Morris Garage ZS. Apa tanggapan Honda terkait SUV blasteran Inggris dan China itu?

Lihat juga