Pabrik Daihatsu Buka Jelang New Normal, Fokus pada Ekspor

04/06/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pabrik Daihatsu Buka Jelang New Normal, Fokus pada Ekspor
Setelah menutup pabrik sejak 10 April lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan akan membuka pabrik Daihatsu dan kembali melanjutkan proses produksi. 

Pemerintah Indonesia siap membuka keran usaha dengan menggaungkan situasi New Normal pada masa pandemik ini. Beberapa tempat usaha sudah mulai beroperasi. Begitu pula dengan pabrik Daihatsu yang siap melanjutkan produksi per tanggal 3 Juni ini. PT ADM mengungkapkan bahwa produksi akan dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku

Penuhi pasar ekspor

Daihatsu mengungkapkan akan melakukan aktivitas produksi dengan mengikuti peraturan Kementerian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja. Setelah tutup lebih dari 8 minggu, proses produksi akan fokus untuk memenuhi permintaan ekspor.

pabrik Daihatsu yang sedang memproduksi mobil
Pabrik Daihatsu fokus memenuhi pemintaan pasar ekspor

>>> Dapatkan berbagai model terbaru Daihatsu di sini

Dalam keterangan resminya, PT ADM menegaskan untuk memperhatikan proses produksi pada pabrik Daihatsu dilakukan sesuai dengan protocol pencegahan Covid-19. Beberapa aspek yang diperhatikan seperti pengecekan suhu tubuh ketika akan memasuki area kerja, menjaga jarak antar karyawan minimal 1 meter, penggunaan masker, hingga pembatasan jumlah karyawan dan waktu kerja.

“Walaupun pandemi Covid-19 masih belum selesai, roda perekonomian diharapkan dapat terus berjalan dengan tetap meminimalisir penyebaran Covid-19. Seperti yang dilakukan banyak negara lain, aktivitas ekonomi dan publik telah dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

>>> Pabrik Mazda Kembali Beroperasi, MX-30 Mulai Diproduksi

Beranjak ke New Normal

Pandemik Covid-19 masih berlanjut. Namun sebagian negara sudah bersiap membuka kembali jalur perekonomian dengan berbagai protokol. Selain Daihatsu, beberapa pabrikan sudah lebih dulu menerapkan ‘New Normal’ dengan membuka proses produksi.

Sebut saja pabrik Ford di Amerika sudah lebih dulu melanjutkan proses produksi sejak tanggal 18 Mei lalu. Seminggu kemudian, tepatnya pada tanggal 24 Mei 2020, Mazda mulai membuka beberapa pabrik di Ujina, Jepang dan Meksiko. Dealer Mitsubishi Motors yang sempat tutup di Malaysia pun telah dibuka sejak pertengahan Mei lalu.

pabrik Mazda berwarna putih di Jepang
Mazda tetap melanjutkan produksi di tengah masa pandemik

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian, juga sedang menyusun kebijakan baru untuk memulihkan produktivitas dan pertumbuhan. Menyambut new normal, Kemenperin mengeluarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor 328 Tahun 2020 tentang Panduan Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top