Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Sebagian orang kaya kini mulai beralih untuk membeli mobil mewah bekas. Kira-kira ada alasan apa di balik hal itu ya? Lebih lengkapnya simak artikel berikut.

Pandemi membuat banyak aktivitas terganggu. Rencana liburan pun jadi buyar lantaran sejumlah tempat harus ditutup guna mengurangi kerumunan yang berpotensi meningkatkan penyebaran virus corona. Mereka yang berasal dari kalangan berduit pun turut merasakan imbasnya. Tapi jangan salah sangka dulu, imbas di sini bukan berarti mereka bangkrut. Melainkan memilih untuk mengalihkan budget liburan ke hal lain. 

Sebagai 'pelariannya' mereka justru memilih untuk membelanjakan uangnya. Sebagian ada yang membeli mobil mewah. Ini tentu menguntungkan bagi para produsen mobil mewah. 

Penjualan McLaren

Penjualan McLaren mengalami peningkatan

>>> Siapa Sangka, Speaker Mobil Bentley Dibuat di Surabaya!

Ogah Tunggu Inden Lama

Dalam sebuah laporan yang dikutip Paultan sejumlah produsen mobil mewah mencatatkan rekor penjualan. Bahkan produksi hingga kuartal kedua tahun 2022 pun sudah terpenuhi. Ini artinya orang kaya harus menunggu selama empat hingga enam bulan untuk menanti mobil mewah bisa diantar ke garasi ruamhnya. 

Tapi tak semua orang kaya punya tingkat kesabaran yang sama. Walhasil banyak dari mereka yang melirik mobil bekas mewah sebagai alternatif. Kepala Departemen Komunikasi Rolls-Royce Amerika Utara Gerry Spahn menyebut sebelum pandemi menyebar luas mereka hanya mampu menjual 1 dari 3 unit mobil bekas. 

"Sekarang mendekati 75%. Untuk penjualan Bentley bekas terdapat kenaikan hingga 150% dari Januari sampai Mei," ungkap Gerry. 

Berdasarkan catatan Edmunds, ada kenaikan harga mobil bekas sebesar 30% jika dibandinkan tahun 2020. Senada dengan mobil bekas Bentley, McLaren pun mencatat kenaikan penjualan namun angkanya tak besar yakni 2% bila dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Anehnya mobil bekas McLaren dibanderol lebih tinggi dibanding model barunya. 

"Untuk model Coupe 765LT bekas saat ini ditawarkan lebih mahal 40% ketimbang harga MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price). Ini cukup mengejutkan," jelas Presiden McLaren Amerika Utara Nic Brown. 

>>> Penasaran? Ini 5 Gambar Mobil Mewah dan Termahal di Dunia

Mobil Bekas Mewah Jadi 'Pintu' Sebelum Membeli yang Baru

Mobil Rolls-Royce

Membeli mobil mewah bekas jadi satu cara sebelum akhirnya menjadi pelanggan tetap dari merek itu sendiri

Masih dalam laporan yang sama, depresiasi harga mobil mewah bekas akan cukup besar. Sebagai contoh Rolls-Royce Wraith yang belum lama ini dirilis sudah terdepresiasi sebsar 20%. Dalam lima tahun ke depan, mobil itu disebut kehilangan 40% nilainya. 

Nah ini bisa menjadi peluang bagi mereka yang mengincar mobil mewah bekas. Kalau tak terlalu mementingkan ekslusivitas dari sebuah mobil, mereka tak keberatan membeli yang bekas tentunya dengan kelengkapan garansi dan harga lebih rendah. Di kalangan premium, program mobil mewah bekas bersertifikat bukanlah hal baru. Peminatnya pun masih ada. 

"Bagi sebagian konsumen, membeli Bentley bekas merupakan salah satu cara mereka 'masuk' ke dalam merek Bentley dan kemudian akan menjadi pelanggan tetap . Nantinya mereka akan bisa membeli Bentley baru," ungkap Direktur Regional Bentley Michael Rice yang dulu membawahi program mobil bekas bersertifikat. 

>>> Mobil Mewah McGregor Bakal Lama 'Nganggur' Nih!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top