Orang Indonesia Mulai 'Melek' Beli Mobil Lewat Online

19/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Orang Indonesia Mulai 'Melek' Beli Mobil Lewat Online
Penjualan mobil online mulai ditempuh beberapa pabrikan. Hal itu pun disambut baik karena terlihat angka masyarakat yang membeli mobil secara online meningkat.

Penjualan mobil lewat online menjadi salah satu alternatif yang dilakukan oleh pabrikan di Indonesia dalam menjajakan produknya. Bukan hal baru memang, namun semenjak adanya penyebaran virus corona penjualan mobil lewat online menjadi satu hal yang lumrah. 

Masyarakat Mulai Tertarik Beli Mobil Online

Konsumen pun menyambut baik hal tersebut. Salah satu pabrikan besar di Indonesia yakni Toyota mengakui hal tersebut. Diakui PT Toyota Astra Motor, minat masyarakat membeli mobil melalui jalur digital meningkat cukup tajam selama adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan. 

"Memang growth dari jalur online ini luar biasa. Di website TAM sebelum covid itu terima prospek 3.000 calon pembeli yang di follow up dealer. Di kondisi Covid Mei, itu hampir 12.000 ribu prospek jadi peningkatan cukup tinggi," ungkap Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

>>> Siapa Saja Pembeli Mobil Toyota di Masa Pandemi?

Dijelaskan Anton, angka prospek tersebut bukan berarti menunjukan penjualan yang sebenarnya. Yang jelas ketertarikan masyarakat untuk membeli mobil online sudah mulai tumbuh perlahan-lahan. 

Auto2000 Digiroom

Beli mobil online Toyota bisa dilakukan di Auto2000 Digiroom

Sedangkan untuk penjualannya sendiri juga tercatat meningkat. Penjualan mobil Toyota di dealer Auto2000 melalui Digiroom terlihat merangkak naik. 

"Di dealer kami auto 2000 yang meluncurkan Digiroom dari sisi tidak hanya prospek tapi juga penjualan bisa SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Contohnya di April sudah ada customer SPK 37 orang ini angka sangat tinggi mungkin dibandingkan sebelum covid, saya rasa ini akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi," tambah Anton. 

>>> Mobil Antibom Berlapis Baja Jaguar XJ Sentinel Juga Penyok saat DItabrak

Layanan Home Service Diperkuat

Aktivitas Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) juga terlihat meningkat. Dalam catatan Toyota interaksi konsumen dengan TARRA yang biasanya 30.000 chatbot kini mencapai 50.000.

Bengkel Auto2000

Bengkel Auto2000 sudah melayani dengan menerapkan protokol kesehatan

>>> 4 Alasan yang Membuat Mobil SUV Makin Populer

Tak cuma fokus jualan. Seperti diketahui layanan servis mobil juga kini bisa dilakukan dari rumah. Meski dealer sudah mulai kembali dibuka, Home Service masih akan terus dilanjutkan oleh Toyota untuk melayani masyarakat yang masuh takut untuk keluar rumah. 

"Interaksi konsumen memang selama covid berkurang untukbisa ketemu langsung tapi mulai bisa digantikan digital baik prospek, nanya-nanya ataupun SPK," terang Anton. 

"Di jalur aftersales kita juga sediakan Home Service, ini sangat membantu konsumen jadi nggak perlu repot ya, layanan ini makin diperkuat," tegas Anton. 

>>> Dapatkan berbagai berita mobil terbaru hanya di sini 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top