Kebanyakan Orang Indonesia Beli Mobil di Bawah Rp 300 Juta

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kebanyakan Orang Indonesia Beli Mobil di Bawah Rp 300 Juta
Mobil di bawah Rp 300 juta masih menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara.

Harga menjadi salah satu tolak ukur orang Indonesia sebelum mobil. Tapi rupanya ada rentang harga tertentu yang menjadi favorit orang Indonesia saat membeli mobil. 

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menjelaskan saat ini kebanyakan masyarakat masih mencari mobil dengan harga kisaran di bawah Rp 300 juta. 

"Yang paling penting lagi masyarakat kita membeli kendaraan bermotor yang harga-harganya masih di bawah Rp 300 juta, ini tantangan tersendiri," jelas Kukuh dalam diskusi virtual belum lama ini. 

Mobil-mobil LMPV

Mobil-mobil Low MPV masih jadi primadona di Indonesia

>>> Komparasi SUV Kompak Rp 300 jutaan: Honda HR-V 1.5L E Special Edition vs KIA Seltos 1.4L EXP vs Hyundai Kona

Banyak Diminati Ketimbang Model Lain

Itulah mengapa banyak pabrikan yang juga menghadirkan mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta. Bisa dilihat, deretan model terlaris di Indonesia didominasi mobil di bawah Rp 300 juta. Model-modelnya antara lain Low MPV, Low Cost Green Car (LCGC), hingga Low SUV. 

Kalau dijabarkan mobil sekelas Low MPV punya rentang harga Rp 150-275 jutaan. Kemudian beralih ke model LCGC yang dijual dengan harga Rp 102 jutaan atau yang paling tinggi menyentuh Rp 170 juta. 

Sementara mobil sekelas Low SUV punya rentang harga Rp 211 juta hingga yang termahal Rp 290 jutaan. Bila diperhatikan keseluruhan, seluruh model di kategori tersebut dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. 

"Karena kalau mobil harganya di atas itu segmen pasarnya masih relatif kecil walaupun ada," ungkap Kukuh. 

>>> 20 Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020, Nissan Livina Paling Moncer

Kehadiran Mobil Masih Jadi Pro dan Kontra

Ditambahkan Kukuh kendaraan jenis roda empat masih menjadi idaman banyak orang. Tapi di satu sisi juga tak luput dari hujatan. Seringkali naiknya angka penjualan mobil justru dituding sebagai penyebab kemacetan di sejumlah wilayah. 

Kemacetan di jalan

Kehadiran mobil sering dituding jadi biang kemacetan di jalan

"Mobil atau roda 4 ini antara dicintai atau dibenci. Dicintai itu karena orang pada pengin punya mobil tapi di sisi lain di bilang sebagai biang kemacetan, ini karena ketertinggalan kita membangun jalanan," kata Kukuh lagi. 

Penjualan mobil pun saat ini disebut Kukuh mulai merata. Bila sebelumnya hanya terpusat di Pulau Jawa, maka kini sudah tersebar dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga Papua. 

"Baru 5 tahun ini kita banyak membangun jalan sehingga penjualan kendaraan bermotor roda 4 terutama lebih tersebar ke seluruh Indonesia," pungkasnya. 

>>> Mobil-mobil Low MPV Ikut 'Babak Belur' Dihantam Pandemi Corona 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Penjualan Mobil di Indonesia Disalip Negara yang Bisa Kendalikan Covid

23/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia harus rela disalip oleh negara-negara ASEAN yang tercatat mampu mengendalikan laju penyebaran virus corona atau Covid-19.

Lihat juga

Gaikindo Usul 2 Jurus Tingkatkan Penjualan Mobil di Indonesia

21/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada sejumlah cara yang diusulkan Gaikindo untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Kedua jurus itu antara lain memangkas BBN dan diskon denda pajak.

Lihat juga

Bebas Pajak Bikin Penjualan Mobil di Malaysia Lebih Baik dari Indonesia

21/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembebasan pajak mobil di Malaysia yang berlaku hingga 31 Desember 2020 membuat penjualan mobil di Malaysia bulan Agustus mengungguli penjualan Indonesia.

Lihat juga

Penjualan Mobil di Indonesia Diprediksi Sulit Tembus 600 Ribu Unit

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia tengah menjadi sorotan. Pasalnya, pandemi yang belum usai akan membuat pabrikan kesulitan memenuhi target penjualan 600 ribu unit.

Lihat juga

Penjualan Mobil di Indonesia saat Pandemi Lebih Parah dari Tahun 1998

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia menjadi salah satu korban dai hantaman corona. Kondisi penurunan penjualan saat pandemi bahkan lebih parah dari tahun 1998.

Lihat juga
 
back to top