Optimis, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Bisa Dipakai Saat Nataru

18/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Optimis, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Bisa Dipakai Saat Nataru
Dua ruas jalan Tol JORR 2, yaitu Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran diyakini bisa dipakai secara fungsional pada saat libur akhir tahun 2020.

Menyusul waktu yang kian dekat dengan akhir tahun, sejumlah proyek jalan tol terus dikebut. Salah satunya Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dan optimis dua ruas jalan tol JORR 2 bisa beroperasi jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, yaitu ruas Tol Serpong-Cinere yang dikelola PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), dan ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang dikelola PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC). Baik PT CSJ maupun PT JKC keduanya sama-sama optimis target bisa tercapai dan siap mendukung pelayanan dalam rangka libur Nataru.

  • Progres Tol Serpong-Cinere

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menjelaskan hingga Selasa (13/10/2020) progres pembebasan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere secara keseluruhan telah mencapai 96 persen dan konstruksinya 87,31 persen.  Jalan tol sepanjang 10,14 Km ini terbagi menjadi dua Seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 Km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 Km).

“Kami menargetkan untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang beroperasi fungsional pada Desember 2020. Untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere targetnya fungsional pada Januari 2021 dengan catatan seluruh lahan prioritas bisa dimaksimalkan untuk segera bebas.” tutur Ayu, dikutip dari laman Jasa Marga, (16/10/2020).

>>> Target Diundur, Jalan Tol Serpong-Cinere Beroperasi Tahun Depan

Foto menunjukkan proyek Jalan Tol Serpong-Cinere

Jasa Marga terus kebut pembangunan ruas jalan tol JORR 2

  • Progres Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Direktur Utama PT JKC Agung Widodo juga menyampaikan hal yang sama. progres pembebasan lahan dan konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 Km telah melebihi 90%.

“Sampai saat ini, secara keseluruhan pembebasan lahan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah mencapai 92%, sedangkan konstruksinya telah mencapai sekitar 91%. Kami harap sisa pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi yang kurang dari 10% ini bisa selesai di akhir tahun ini,” kata Agung.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi 1 Simpang Susun Kunciran-Underpass Tirtayasa (2,04 Km), Seksi 2 Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 Km), Seksi 3 Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km), dan Seksi 4 Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,06 Km).

Kedepan Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran bakal terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong sudah beroperasi. Ketiganya dapat menjadi alternatif bagi pengendara akan ke arah Bandara Soekarno-Hatta, arah Pondok Aren-Serpong, serta arah Banten/Pelabuhan Merak.

>>> Pahami Aturan Berkendara di Jalan Tol Agar Tak Melanggar

Foto warga berolah raga di proyek jalan Tol Serpong-Cinere

Serpong - Cinere bakal lebih cepat lewat jalan tol

>>> Simak berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Menyalip Aman di Jalan Tol, Perhatikan 5 Hal Berikut

16/03/2019

Pengemudian

4 menit

Tidak mungkin Anda yang mengemudi kendaraan di jalan tol harus selalu di belakang kendaraan lain. Kadang menyalip menjadi 'wajib' sebab kendaraan di depan terlalu lambat. Jika itu yang harus dilakukan, Anda harus tahu bagaimana cara menyalip aman di jalan tol dan apa saja yang harus diperhatikan.

Lihat juga

Mobil Overheat di Jalan Tol, Apa yang Harus Dilakukan?

15/10/2020

Pengemudian

3 menit

Overheat bisa menjadi masalah besar jika pengendara tidak memahami langkah yang harus dilakukan. Berikut tips jika mobil mengalami overheat di jalan tol!

Lihat juga

Inilah Daftar Jalan Tol yang Dikelola Jasa Marga

16/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Bersama grupnya Jasa Marga mengelola puluhan jalan tol di seluruh Indonesia dengan panjang ribuan kilometer. Berikut daftar jalan tol yang dikelola Jasa Marga.

Lihat juga

Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Anda mungkin selama ini bertanya-tanya, mengapa kalau lewat jalan tol harus bayar, dan kemana uang hasil pembayaran semua pengguna jalan tol tersebut?

Lihat juga

Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru

12/10/2020

Pengemudian

3 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Avanza di jalan Tol Pekanbaru-Dumai, pengendara perlu membiasakan diri mengontrol kecepatan pada batas yang diperbolehkan.

Lihat juga