Pelanggar Tidak Ditilang dalam Operasi Patuh Candi di Jawa Tengah

20/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Operasi Patuh Candi 2021 di Jawa Tengah menyasar pelanggaran lalu lintas dan protokol kesehatan. Namun tidak ada penindakan tilang bagi para pelanggar.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Patuh 2021 secara nasional guna meningkatkan ketertiban masyarakat berlalu lintas. Operasi juga untuk menjaga protokol kesehatan masa pandemi Covid-19.

Untuk waktu pelaksanaan adalah 2 pekan, dimulai dari Senin, 20 September hingga Minggu, 3 Oktober 2021. Adapun teknisnya dilakukan Polda masing-masing tiap provinsi.

Foto Polisi memeriksa pengendara

Operasi lalu lintas dilakukan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas

>>> Kawasan Wisata TMII dan Ancol Berlaku Ganjil Genap

Di Jakarta ada Operasi Patuh Jaya 2021 yang digelar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota.

"Iya benar kegiatan ini akan dilakukan pada 20 September 2021 hingga 3 Oktober 2021," tutur Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo belum lama ini.

Sasaran utama operasi adalah pelanggaran-pelanggaran yang kasat mata, baik itu pelanggaran lalu lintas maupun protokol kesehatan. Seperti tidak memakai helm, menggunakan handphone sambil mengemudi, dan tidak memakai masker.

"Kemudian, Operasi Patuh Jaya kali ini juga diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas," jelas Kombes Sambodo.

Operasi Patuh Candi di Jateng

Melalui akun media sosialnya Satlantas Polrestabes Semarang mengumumkan Operasi Patuh 2021. Polisi mengajak warga Semarang untuk mematuhi aturan berlalu lintas dan protokol kesehatan.

“Ayo tertib berlalu lintas dan patuhi protokol kesehatan,” unggahnya di akun IG @satlantaspolrestabessmg.

Operasi serupa dilaksanakan di seluruh wilayah lalu lintas di kota lain di Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Banyumas, dan Surakarta.

>>> Nama Panorama Dipakai Lagi untuk Bus Baru Karoseri Laksana Jawa Tengah

Foto pengumuman Operasi Patuh Candi 2021 di Semarang

Polda Jateng gelar Operasi Patuh selama 2 pekan

Tidak ada tilang

Sebagaimana operasi di ibu kota, Operasi Patuh Candi 2021 di Jawa Tengah juga menyasar pelanggaran-pelanggaran kasat mata, baik itu lalu lintas maupun protokol kesehatan.

Namun polisi tidak ada menjatuhkan hukuman tilang. Hanya memberikan teguran dan edukasi. Diharapkan dengan cara ini pengendara menyadari pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas.

"Intinya tidak akan ada penindakan, tidak ada penilangan," ujar Dirlantas Polda Jateng Kombes Rudy Syafiruddin (18/9/2021). "Harapannya dengan tidak lakukan penindakan di masa pandemi ini, masyarakat tetap patuh dengan peraturan perundangan perlalulintasan yang ada," ujar Rudy.

>>> Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top