Ogah Diperiksa, Pengemudi VW Beetle Tabrak Polisi di Pos Penyekatan

10/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Aksi nekat baru saja dilakukan pengemudi VW Beetle di Klaten. Ogah diperiksa polisi di pos penyekatan, ia memilih untuk tancap gan hingga menabrak petugas.

Dalam rangka menegakkan aturan larangan mudik, kepolisian dan sejumlah pihak terkait melakukan penjagaan di sejumlah pos penyekatan. Di pos penyekatan, biasanya deretkan kendaraan itu akan diperiksa dan dipastikan tidak akan mudik ke kampung halaman. 

Adapun ketika dilakukan pemeriksaan pengendara kedapatan akan mudik, maka akan langsung diputar balik dan diharap bisa kembali ke rumah masing-masing. Tapi justru hal itu tak dilakukan oleh pengendara VW Beetle berwarna kuning saat disetop polisi untuk diperiksa. 

pengemudi VW Beetle

Pengemudi masih dilakukan pemeriksaan

>>> Bus AKAP dan AKDP Jabodetabek Tak Boleh Beroperasi Selama Ada Larangan Mudik

Ogah Diperiksa di Pos Penyekatan

Bukannya berhenti dan membuka jendela, sang sopir malah memilih tancap gas hingga menabrak polisi, menyenggol motor, hingga trotoar. Dalam video yang diunggah akun instagram lambe_turah terlihat pengemudi masih mengikuti arahan untuk menepi. Namun saat akan diperiksa, tiba-tiba mobil itu justru tancap gas. Mobil tabrak polisi dan pembatas yang dipasang polisi di tepi jalan. Polisi yang ditabrak terlempar dan jatuh ke aspal.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan peristiwa dalam video yang viral itu. AKBP Edy Suranta mengatakan, insiden itu terjadi di pos penyekatan larangan mudik 2021 di Prambanan.

“Pengemudi tersebut akhirnya berhasil diamankan petugas usai dilakukan pengejaran, dan kini masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” ujar Edy dikutip NTMC Polri.

Belum ada keterangan lebih lanjut yang diberikan soal insiden tersebut. Pun demikian dengan motivasi si pengendara dalam melakukan aksi nekatnya. Namun diketahui, pengemudi VW Beetle yang nekat menerobos pos penyekatan hingga menabrak polisi itu masih berusia 16 tahun. 

Pada momen Lebaran tahun ini, pihak kepolisian memang menyiapkan 381 titik penyekatan yang tersebar dari Sumatera hingga Bali. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah mencegah masyarakat mudik guna menekan angka penyebaran Covid-19 yang diprediksi bisa meningkat saat libur Lebaran. 

>>> Viral! Titik Penyekatan di Karawang Dijebol Pemudik

381 Titik Penyekatan Disiapkan Cegah Masyarakat Mudik

8 Titik Penyekatan Kota Depok untuk Cegah Pemudik Nekat

Ratusan titik bakal dijaga pihak kepolisian

Adapun 381 titik penyekatan mudik tersebut tersebar dari Pulau Sumaetra hingga Bali, dengan porsi terbanyak di Pulau Jawa. Di Sumatera Selatan ada 10 titik, Lampung 8 titik, Banten 16 titik, Jawa Barat 158 titik, DIY 10 titik, Bali 7 titik, Jawa Timur 73 titik, Jawa Tengah 85 titik, dan di wilayah hukum Polda Metro Jaya 14 titik.

Di semua titik penyekatan mudik, pemeriksaan bakal dilakukan secara persuasif humanis. Petugas hanya akan memberikan sanksi putar balik ke daerah asal perjalanan buat para pemudik nekat. Sedangkan untuk travel gelap dan kendaraan angkutan barang yang ketahuan membawa pemudik dikenakan sanksi tambahan berupa denda atau mengamankan armada.

Diharapkan dengan adanya ratusan pos penyekatan itu larangan mudik Lebaran yang digaungkan pemerintah bisa optimal. Dengan demikian angka penyebaran Covid bisa dikendalikan sekaligus disetop. 

>>> Masyarakat Dilarang Mudik tapi Kok Boleh ke Tempat Wisata?

 

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top