NMAA dan Kemenperin RI Berdiskusi Tentang Standarisasi Kompetensi Modifikasi Nasional

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
NMAA dan Kemenperin RI Berdiskusi Tentang Standarisasi Kompetensi Modifikasi Nasional
NMAA dan Kemenperin RI berdiskusi untuk menetapkan standarisasi kompetensi modifikasi nasional dalam Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sesuai dengan visi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk memajukan industri modifikasi dan aftermarket Tanah Air, saat ini tengah berlangsung forum diskusi untuk merumuskan standarisasi Kompetensi modifikasi nasional. Forum diskusi ini difasilitasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan dihadiri oleh perwakilan dari NMAA. Kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah untuk memajukan dan mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan inovatif dalam menyongsong era industri 4.0 dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

>>> NMAA Dukung Ajang Sunsets Weekend Autofest 2019 di Pontianak

Foto diskusi tentang standar modifikasi nasional oleh NMAA dan Kemenperin RI

Diskusi antara NMAA dan Kemenperin RI bertujuan untuk membuat standar baru modifikasi Tanah Air 

“Industri modifikasi merupakan industri padat karya yang mengedepankan keahlian SDM yang terlibat di dalamnya. Dan Indonesia memiliki ahli-ahli modifikasi terbaik yang bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang diakui dunia,” sebut Andre Mulyadi, founder NMAA. Karena itu industri modifikasi diprediksi menjadi salah satu bisnis bidang otomotif yang memiliki kesempatan berkembang menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan. Maka Pemerintah melihat pentingnya sebuah standarisasi kompetensi modifikasi naisonal lewat modifikator agar terjadi pemerataan pengetahuan, skill dan manajemen yang baik.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Penyusunan standarisasi kompetensi modifikasi nasional disebut sebagai Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) bidang modifikasi ini melibatkan para pelaku modifikasi Tanah Air yang tergabung dalam NMAA dan telah berpengalaman puluhan tahun dalam bidangnya. Di antaranya adalah Tomi Airbrush, Permaisuri Ban, Vertue Concept, Yoong Motor, dan beberapa modifikator lainya dari berbagai daerah yang sudah berlangsung sejak November lalu.

Foto diskusi antara NMAA, Kemenperin RI dan modifikator Indonesia

Diskusi antara NMAA dan Kemenperin RI ini juga dihadiri dengan perwakilan modifikator ternama Indonesia

Menurut Pemerintah, industri modifikasi nasional berpeluang besar untuk terus berkembang. “Industri modifikasi nasional merupakan bagian potensi yang kami pandang perlu terus dikembangkan, didorong, dan terus didukung, sehingga melalui RSKKNI yang sedang disusun dapat menghasilkan tenaga kerja terampil dan siap masuk ke dalam industri modifikasi,” sambut Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI.

Penyusunan RSKKNI bidang modifikasi juga dibantu beberapa orang praktisi industri otomotif, akademik, lembaga sertifikasi, serta pihak lain yang terkait. Saat ini RSKKNI masih dalam tahap perumusan, yang nantinya akan diverifikasi secara internal, pra konvensi, dan dilanjutkan dengan verifikasi eksternal, konvensi nasional, serta penetapan. Jadi tak lama lagi modifikasi memiliki satu standarisasi SDM yang diakui pemerintah. Viva dunia modifikasi Indonesia!

>>> Simak juga kumpulan artikel berita otomotif di sini

Share this post:

Berita lain

Ingin Modifikasi BMW M2 Competition Pakai Aksesoris Resmi M Performance Parts? Cek Rekomendasi Berikut Ini

09/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

BMW M2 menjadi salah satu model entry level BMW M yang cukup mudah untuk di-upgrade secara tampilan dan performa. Adapun BMW Group Indonesia menyediakan ragam aksesoris resmi BMW M Performance Parts untuk sang sportscar ini.

Lihat juga

Belum Dipasarkan, Modifikasi Tesla Cybertruck Berkeliaran di Dunia Maya

04/12/2019

Mobil baru

3 menit

Sebagian mengatakan CEO Tesla, Elon Musk, berpikir terlalu keras ketika memperkenalkan Tesla Cybertruck ke pengunjung Los Angeles Auto Show 2019. Tapi melihat modifikasi Tesla Cybertruck yang berkeliaran di dunia maya, desain kontroversial Cybertruck disulap menjadi berbagai bentuk.

Lihat juga

Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

03/12/2019

Jual beli

3 menit

Membeli mobil bekas modifikasi memang butuh ketelitian lebih dibandingkan mobil biasa. Bagi Anda yang tertarik membeli Honda City modifikasi? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lihat juga

Tips Modifikasi Daihatsu Terios Tampil Gagah Bergaya Ala ALTO atau Rally Look

01/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Punya tampilan yang menarik, membuat Daihatsu Terios generasi terakhir sangat mudah untuk dimodifikasi, salah satunya dengan mengedepankan karakter maskulin dengan gaya ALTO atau Rally Look

Lihat juga

Kerennya 2 Mobil Modifikasi Toyota Avanza Veloz Milik Velozity

28/11/2019

Event - Promosi

5 menit

Dua mobil modifikasi Toyota Avanza Veloz milik Velozity ini sengaja dipajang pihak Toyota. Gunanya untuk menjadi inspirasi buat masyarakat yang berminat melakukan modifikasi Toyota Avanza.

Lihat juga