Nissan Tak Lagi Produksi Mobilnya di Indonesia

23/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Nissan Tak Lagi Produksi Mobilnya di Indonesia
Nissan Motor Indonesia mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menghentikan produksi mobilnya di Indonesia. Nissan sendiri diketahui tak lagi memproduksi mobil di Indonesia sejak Februari 2019.

Nissan dikabarkan tak lagi memproduksi mobilnya di Tanah Air lantaran penjualannya terus menurun. Kabarnya, penghentian produksi mobil di Indonesia sudah dilakukan pabrikan Jepang itu sejak Januari 2020. Setidaknya berita tersebut berhembus dari media Jepang, Japan Today beberapa hari lalu. 

Nissan sendiri diketahui tak lagi memproduksi mobil di Indonesia sejak Februari 2019. Seperti tercantum dalam data produksi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merek Jepang itu sudah tak lagi memproduksi mobilnya sejak Februari 2019. 

>>> Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Dibuat di Indonesia, Bakal Lebih Murah Donk?

Berhenti Produksi Mobil di Indonesia

Dalam data tersebut, pabrik Nissan memproduksi 180 unit mobil pada Januari 2019. Sementara Datsun hingga Januari tahun 2020 masih aktif memproduksi mobil-mobilnya di pabrik sang kakak. 

Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander

 Livina diproduksi berbarengan dengan Xpander di pabrik Mitsubishi

"Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia. Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis," ujar Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi dalam siaran pers yang diterima Cintamobil.com

>>> Mitsubishi Pastikan, Platform Xpander Bakal Dipakai Nissan MPV

Konsumen Tak Perlu Khawatir

Berhenti memproduksi mobil tak berarti aktivitas mereka di Tanah Air ikutan terhenti karena layanan purna jual di seluruh jaringannya di Indonesia masih akan dilayani dengan baik. Sehingga konsumen pun tak perlu khawatir. 

"Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru. Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini," sebut Isao. 

Seperti diketahui, selain merek Datsun dan Livina mobil model lain memang didatangkan dari luar negeri. Misalnya X-Trail dan Serena diboyong langsung dari Jepang.

Nissan Terra meluncur pada GIIAS 2018

SUV Terra didatangkan dari Thailand

>>> Siap Meluncur, All New Nissan Serena dan All New Nissan Livina Debut Pertama

Kemudian untuk SUV Terra didatangkan langsung dari Thailand. Sementara Livina diproduksi berbarengan dengan kembarannya Xpander di pabrik Mitsubishi. 

Aktivitas Nissan di Indonesia memang terbilang kurang aktif dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu bisa terlihat dari minimnya model baru yang diluncurkan pabrikan Jepang tersebut di Indonesia. Merek mobil asal Jepang itu terlihat kembali aktif setelah merilis Terra pada 2018, diikuti dengan peluncuran model baru Livina, Serena, juga X-Trail pada tahun 2019. 

"Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia," tegas Isao. 

>>> Temukan berita menarik dan terbaru lainnya seputar mobil dan otomotif disini

 
Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

05/10/2018

Jual beli

10 menit

Pilihan mobil bekas MPV sangat banyak di pasaran saat ini. Namun bila Anda ingin mencari alternatif mobil bekas MPV ada dua pilihan dari kami, yakni Nissan Grand Livina atau Honda Freed?

Lihat juga

Nissan Patenkan Logo Baru, Hadirkan Rumor Suksesor 370Z

20/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Nissan kini tengah menyiapkan logo baru yang sudah dipatenkan di beberapa negara. Selain itu, hadir juga logo sportscar Z, yang mengisyaratkan suksesor 370Z.

Lihat juga

Nissan Punya SUV Baru, Namanya Magnite

16/03/2020

Mobil baru

4 menit

SUV Baru Nissan yang akan hadir dalam waktu dekat akan diberi nama Nissan Magnite. Hal ini berdasarkan pengajuan trademark yang baru-baru ini diajukan Nissan.

Lihat juga

Review Nissan Serena Autech 2016: Pilihan MPV Premium yang Lebih Terjangkau

29/11/2019

Editor rate:

Nissan Serena Autech 2016 bisa menjadi pilihan mobil keluarga premium yang nyaman dengan kabin luas yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Medium MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini menawarkan berbagai kemewahan yang bisa memanjakan Anda di dalam kabin.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail Hybrid 2015, SUV Hybrid Pertama Di Kelasnya

31/03/2019

Editor rate:

Ini bukan sembarangan Nissan X-Trail, dibalik tampilannya yang terkesan 'kalem' terdapat suatu sistem hybrid yang canggih dan kekinian. Inilah ulasan lengkap kami terhadap mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015

Lihat juga