Nissan Navara Bakal Pakai Mesin-Transmisi Mitsubishi Triton

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan Navara Bakal Pakai Mesin-Transmisi Mitsubishi Triton
Sebagai salah satu langkah dalam efisiensi bisnisnya, Nissan Navara akan mengusung mesin, transmisi, dan modul yang sama dengan pick-up Mitsubishi Triton.

Nissan sudah mengumumkan untuk menutup pabriknya di Indonesia sebagai salah satu langkah dalam efisiensi bisnis yang dilakukannya. 

Nantinya, mobil-mobil yang dijual di Indonesia akan didatangkan dari Thailand sebagai basis produksi Nissan untuk negara-negara di kawasan ASEAN. 

>>> Sampai Hari ke-3 Lebaran, 171 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Navara Usung Mesin Triton

Tak cuma itu, pabrikan yang tengah mengalami permasalah finansial tersebut juga akan kembali memanfaatkan aliansinya dengan Mitsubishi di Indonesia. Setelah memproduksi Livina berbasis Xpander, Nissan juga tengah menjajaki untuk mengusung mesin, transmisi, dan modul pick-up Triton untuk digunakan pada Navara. 

Mitsubishi Triton

Triton akan berbagi mesin, transmisi, dan modul dengan Navara

"Seperti kita tahu Mitsubishi sangat kuat di pick-up yaitu Triton dan saat ini kami sedang mendiskusikan dengan Mitsubishi untuk menggunakan mesin, transmisi, dan juga modul yang sama pada Navara," ungkap COO Nissan Ashwani Gupta dalam konferensi pers terkait transformasi Nissan, Kamis (28/5/2020). 

Di Indonesia, pabrikan Jepang yang tergabung dalam aliansi bareng Renault dan Mitsubishi itu juga akan fokus pada dua model yakni MPV dan SUV. Untuk SUV, Ashwani juga menyebut akan meluncurkan Kicks e-Power di Tanah Air meski tak menyebutkan secara pasti kapan waktu yang pas. 

>>> Nissan Tutup Pabrik di Indonesia

Sementara MPV masih akan terus berlanjut diproduksi di pabrik milik sang saudara, Mitsubishi. Livina yang diproduksi di pabrik Mitusbishi juga akan didistribusikan ke negara-negara lain di ASEAN.

Pemanfaatan Pabrik Mitsubishi Juga Berlaku di Filipina

Pemilihan Mitsubishi sebagai partner dalam efisiensi bisnis Nissan di Indonesia bukan tanpa alasan. Nissan menilai Mitsubishi lebih laris di kawasan ASEAN termasuk Indonesia. 

>>> Innova, Fortuner, Sienta dan Vios Diskon Rp 100 Juta di Auto2000 Digiroom

"Di Indonesia, kami memiliki lebih dari 300 ribu konsumen yang punya mobil Nissan dan juga hubungan baik dengan Indomobil," kata Ashwani. 

"Oleh karena itu kami akan meneruskan penjualan Nissan di Indonesia dengan fokus MPV dan SUV. Untuk SUV kami akan meluncurkan Kicks e-Power. Sekaligus juga kami membutuhkan pabrik Mitsubishi untuk memproduksi Livina dan memanfaatkan pabrik Mitsubishi Indonesia untuk memperluas distribusi Livina di ASEAN," lanjut Ashwani. 

Pemanfaatan fasilitas pabrik Mitsubishi oleh Nissan tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan juga Filipina. Filipina merupakan negara terbesar kedua di ASEAN dimana penjualan pabrikan Jepang cukup baik. 

Nissan Navara

Navara model 2017

Di Filipina, mobil-mobil SUV dan Pick-up disebut Ashwani cukup banyak diminati. Namun lantaran tak memiliki pabrik di sana, maka Nissan sedang berdiskusi dengan Mitsubishi agar bisa melokalkan produknya di sana. 

>>> Berita terbaru seputar otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tips Sehat Berkendara Di Tengah Pandemi Virus Corona

30/04/2020

Pengemudian

4 menit

Goodyear Indonesia membagikan tips sehat berkendara buat Anda yang terpaksa keluar rumah di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) dan PSBB sedang berlangsung.

Lihat juga

Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Terlalu lama memarkir mobil di rumah bisa membuat ban flat spot dan berujung rusak. Supaya tak terjadi, berikut tips untuk mencegah ban rusak karena flat spot.

Lihat juga

4 Tips Penting Merawat Transmisi Matik Pada Saat #DirumahAja

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan hanya ketika dibawa berjalan. Jangan lupa untuk merawat transmisi matik ketika sedang tidak digunakan selama masa karantina ini.

Lihat juga
 
back to top