Nissan Menggunakan Mobil Mini untuk Mengetes Ketahanan Cat

29/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Nissan Menggunakan Mobil Mini untuk Mengetes Ketahanan Cat
Mempunyai mainan yang keren merupakan salah satu impian dari setiap anak-anak bahkan orang dewasa. Yang namanya main, tentu saja digunakan untuk bermain. Namun. Sepertinya hal itu tidak berlaku bagi beberapa mekanis yang ada di Amerika ini. Mereka menjadikan mainan mobil Hot Wheels atau Matchbox Car Wash sebagai bahan penelitian mereka untuk cat mobil yang bisa tahan di kondisi ekstrim.

Sepertinya, para pekerja di Pusat Teknik Nissan Amerika Utara di pinggiran kota Detroit mencoba menggunakan kenangan masa kecilnya untuk pengembangan ini. Mereka menggunakan pembersih mobil mini untuk menguji sampel cat yang dikembangkan sebagai prototype untuk mobil di masa depan.

sebuah model mobil miniatur berwarna merah sedang diuji di bawah air

Penggunaan mobil mini untuk mengetes daya tahan cat

Pembersih mobil tersebut, “sama seperti ukuran dan bentuk dari mesin popcorn”, memutar 10.000 sikat pembersih pada putaran 180rpm sambil menyemptrotkan jet air. Teknisi Nissan ini memilih “test kubangan Arizona”, yaitu menabrak pelat logam persegi panjang yang telah diolesi cat pengujian. Tes ini dilakukan tidak sekali, tapi ribuan kali untuk memastikan ketahanan cat mobil mini tersebut.

Untuk lebih jelas, perhatikan video berikut

Dari video di atas, yang di ‘preteli’ adalah mobil mainan 370Z, mobil yang mungkin pernah anda lihat ketika masih anak-anak, dimandikan untuk menguji daya tahan catnya. Nissan menerbitkan video tersebut pada hari Rabu, (13/12/2017). Video tersebut memperlihatkan bagaimana teknisi Nissan berkali-kali mencuci mobil mini tersebut.

Tujuannya adalah untuk menciptakan pengembangan cat mobil yang tahan terhadap kerasnya pencucian mobil otomatis modern, yang terkenal karena goresan clearcoat dan abrasi cat yang terjadi setelah mobil dicuci.

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Pencucian mobil yang dirampingkan hanyalah salah satu dari sekian banyak tes yang dilakukan untuk produsen mobil dan cat untuk memastikan kualitas dan daya tahan. Sebelum model baru dari cat mobil diperkenalkan, finishing catnya telah menjadi sasaran dari serangkaian tes penyiksaan, termasuk air asin, goresan yang disengaja, dan masih banyak lagi.

sebuah Model mobil mini sedang ada jkdiuji di bawah air

Pasir padang pasir Arizona digunakan untuk mengetes cat mobil

Untuk memberikan cat mobil yang kuat dan tahan di segala kondisi ekstrim yang akan sering terjadi beberapa tahun ke depan, produsen car mobil juga menggunakan berbagai cara yang tidak biasa. Selain menggunakan mobil mini, beberapa pembuat mobil bahkan menyeret mobil mereka ke padang pasair di Arizona dan mengelilingi mereka dengan cermin untuk menguji car dan ketahanan cat.

Share this post:
 
back to top