Nissan GT-R Generasi Berikutnya Akan Tawarkan Banyak Kejutan

25/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Nissan GT-R Generasi Berikutnya Akan Tawarkan Banyak Kejutan
Nissan GT-R generasi berikutnya dikabarkan menyimpan tenaga lebih besar tapi juga unggul dalam efisiensi bahan bakar berkat penggunaan mesin mid-hybrid. Namun sebelum itu terwujud, Nissan lebih dulu akan merilis GT-R R35 Final Ediiton tahun depan.

Nissan GT-R R35 telah ada sejak tahun 2007. Dan mobil ini hampir tidak pernah mengalami perubahan signifikan kecuali di tahun 2017 yang menawarkan sejumlah paket pembaruan dari sisi eksterior.

Namun mengingat kini era elektrifikasi mulai bergulir, maka rasanya menghadirkan generasi terbaru Nissan GT-R yang masih mempertahankan mesin V6 turbocharged cukup sulit. Nissan tak bisa mengelak untuk ikut juga dalam era kendarana listrik ini.

Tetapi pabrikan Jepang itu sadar betul jika penggemar GT-R masih tetap setia. Karenanya Nissan GT-R R35 Final Edition pun dipersiapkan sebagai akhir dari riwayat hidup si Godzilla.

>>> Modifikasi Nissan GTR Kuhl Design Ini Dijual, Harganya Ngeri!

GT-R Generasi Berikutnya Pakai Mesin Mid-Hybrid

Nissan GT-R R35 merah

Nissan GT-R akan berubah jadi mobil listrik hybrid

Belum lama ini Best Car melaporkan jika generasi GT-R berikutnya kemungkinan besar oleh Nissan akan dibangun menggunakan baterai dan motor listrik. Tapi Nissan memiliki satu versi GT-R terakhir yang direncanakan rilis pada tahun 2022. Sayangnya sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari Nissan terkait masa depan GT-R.

Namun prediksi media otomotif itu adalah Nissan GT-R di masa depan akan hadir dengan mesin mid-hybird. Yaitu mengkombinasikan antara mesin bakar dengan motor listrik. Apalagi mulai 2025 bakal ada kebijakan Euro 7 dimana standar emisi gas buang kendaraan bermotor di Eropa semakin diperketat. Pemakaian motor listrik ini juga diprediksi tidak hanya meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar namun juga mendongkrak tenaga lebih dari 27 hp daripada tenaga R35 saat ini.

>>> Mengintip Harga Mobil Bekas Nissan Keluaran Tahun 2019

GT-R R35 Final Edition Akan Dibuat Terbatas

Nissan GT-R 2017

Nissan siapkan Godzilla edisi pamungkas bermesin bakar murni

>>> Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau

Saat ini GT-R R35 dipersenjatai mesin 3.800 cc V6 Twin-Turbocharged yang memiliki daya puncak 562 hp dengan torsi 633 hp. Jika benar Nissan sedang menyiapkan GT-R Final Edition, maka edisi ini akan jadi model pamungkas bermesin bakar murni. Diprediksi selain tampilannya yang istimewa berkat penambahkan sejumlah aksesoris berlabel Limited Edition, mesin dari Nissan GT-R Final Edition tersebut akan meletupkan tenaga hingga 710 hp. Dan kabarnya, model ini juga hanya akan diproduksi 20 unit.

Walaupun pada kenyataannya peminat GT-R terus merosot, tetapi tidak ada yang menyangkal jika penggemar setia Godzilla tetap ada. Hanya saja persaingan dari pabrikan mobil sport lain tidak bisa dibungkam, yang membuat car enthusiast makin banyak pilihan. Tahun lalu misalnya, penjualan GT-R hanya tercatat 304 unit di Amerika Serikat (AS), atau turun sepertiga dari tahun 2019.

Jadi jika Nissan ingin kembali menggaungkan nama GT-R, maka ada banyak hal yang harus diperbaharui. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda mengoleksi satu dari 20 unit GT-R R35 Final Edition yang bakal dirilis.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top