Nissan Gandeng Publisher Game One Piece Ciptakan Suara Peringatan Baru

02/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Gandeng publisher game One Piece untuk membuat suara peringatan baru menjadi langkah anyar Nissan untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Semakin banyak fitur yang ditawarkan pada kendaraan berbanding lurus dengan suara peringatan yang akan Anda dengar pada mobil ini. Untuk mengatasi suara yang mengganggu, Nissan telah bekerja sama dengan kreator game Pac-Man hingga One Piece, Bandai Namco.

Serius ciptakan suara baru

Baru-baru ini, Nissan memperkenalkan proyek kolaborasi terbaru mereka dengan pengembang game populer asal Jepang, Bandai Namco yang juga menjadi otak dibalik kesuksesan game One Piece. Fokus pada aspek auditori, Bandai akan bekerja untuk mengembangkan berbagai suara dalam mobil baru Nissan.

Minami Takehashi sound director Bandai Namco
Minamo Takahashi, (sebelah kiri) merupakan sound director dari Bandai Namco

>>> Arief Muhammad Permak Nissan March Busuk, Dijual Laku Rp 500 Juta!

Pabrikan asal Jepang ini pun telah merilis video terbaru yang memamerkan proses pengerjaan serta hasil dan suara yang dikeluarkan. Nissan menyebutkan bahwa proyek ini bertujuan untuk menghasilkan ‘suara’ kendaraan yang lebih berkarakter dan personal, sekaligus tetap menyampaikan informasi yang diperlukan kepada pengemudi.

Video berdurasi tiga menit ini memproyeksikan keahlian Bandai Namco dalam merancang suara yang mampu mensimulasikan pemahaman intuitif pemain selama permainan game mereka. Kemampuan ini ditransformasikan ke dalam berbagai suara di dalam mobil untuk memberikan peringatan kepada pengemudi.

>>> Mobil Listrik Nissan Leaf Sudah Bisa Dipesan, Siapkan DP Rp 130 Juta!

Dibuat tidak berisik

Bandai Namco menemukan bahwa tidak semua suara dari dunia game bisa dengan mudah diterjemahkan ke dalam dunia nyata. Nissan juga harus mengembangkan speaker berkualitas tinggi baru di bawah dashboard, karena unit sebelumnya tidak memberikan nada notifikasi berlapis yang telah dibuat oleh perusahaan yang beberapa waktu lali merilis game One Piece: Pirate Warriors ini.

Hasil akhir dari kolaborasi ini adalah seperangkat nada dual tone yang melodic, dan berbeda dibandingkan bunyi peringatan lama yang melengking dan terkesan mengganggu. Ini disebut mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan untuk mengingatkan pengemudi ketika sabuk pengaman belum terpasang, atau kunci tertinggal di dalam mobil.

Suara baru di dalam mobil akan muncul pertama kali pada Nissan Note di Jepang, Nissan Qashqai di Eropa, serta Nissan Rogue dan Nissan Pathfinder terbaru di Amerika. Sayangnya belum ada kejelasan apakah suara baru ini akan dipakai di Indonesia dalam waktu dekat.

>>> Harga mobil Nissan baru dan promo terbaik hanya ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top