Nissan Dikabarkan Bakal Hengkang dari Eropa dan Akhiri Image ‘Mobil Murah'

06/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Reuters mengungkapkan arah baru Nissan untuk keluar dari Eropa. Keputusannya sejalan dengan rencana Nissan untuk fokus pada pasar China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Nissan akan mempresentasikan rencana kerja operasional mereka pada 28 Mei mendatang. Dilansir Reuters, Rabu (6/5/2020) presentasi tersebut diprediksi menjelaskan lebih jauh tentang rencana masa depan, termasuk keinginannya mengurangi penjualan di Eropa dan fokus pada tiga pasar besar lainnya, yaitu China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa keputusan ini tercipta setelah masalah yang tercipta dengan mantan bos, Carlos Ghosn, tahun lalu. Upaya Nissan mendapatkan pangsa pasar yang signifikan disertai dengan mengubah reputasi sebagai merek 'mobil murah' di mata konsumen.

mobil baru Nissan Patrol berwarna putih
Nissan Patrol masih akan dijual di pasar Timur Tengah dan Afrika

Terlepas dari tiga pasar utama, negara-negara Asia, seperti Thailand dan Filipina masih akan menjual produk-produk terbaru. Di pasar lain, seperti India, Malaysia, Afrika Selatan, Rusia, Brasil, Meksiko, dan termasuk Indonesia, Nissan akan menawarkan jajaran produk yang lebih sedikit dan fokus pada target pasar yang menjanjikan. Contohnya Nissan di pasar Timur Tengah dan Afrika karena penjualannya yang konsisten.

>>> Paten Ariya Bocor, SUV Listrik Rival Kona EV

Arah baru Nissan

“Selama beberapa tahun, penjualan dibuat berdasarkan pertumbuhan volume penjualan. Kemudian kamu bergeser denga (menawarkan) kualitas pada kendaraan dalam tempo yang singkat,” jelas sumber yang tak ingin disebutkan namanya kepada Reuters. “Kami melakukannya terlalu cepat, dan akhirnya mencekik bisnis kami.”

Rencana terbaru dilaporkan akan menghapus merek mobil murah dan fokus pada penawaran produk berkualitas. Sumber tersebut mengklaim bahwa Nissan berusaha mengurangi penjualan ke sektor fleet. Sebagai gantinya meluncurkan kelompok mobil yang lebih baru serta perubahan model, termasuk SUV Rogue yang baru.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas terbaik lainnya di sini

gedung kantor Nissan di Eropa
Keluar di Eropa dan fokus ke pasar China, Amerika, dan Jepang

Rencana tiga tahunan akan fokus pada meluncurkan enam model baru dan facelift selama tiga tahun ke depan. Produsen mobil yang berbasis di Yokohama ini bermaksud mengubah interval ubahan dari lima tahun menjadi 3.5 tahun. Rencana ini dipimpin langsung oleh Chief Operating Officer mereka, Ashwani Gupta.

>>> Sejarah Honda NSX: Sportscar Jepang Dengan Cita Rasa Italia

Kerjasama dengan Mitsubishi dan Renault

Meskipun sempat diberitakan goyah setelah skandal yang melibatkan Carlos Ghosn, Nissan diperkirakan masih akan melanjutkan kolaborasi dengan Mitsubishi dan Renault. Mitsubishi akan fokus memperkuat posisi di negara-negara luar China dan Jepang, sedangkan Renault bertugas untuk pengembangan dan penjualan di Eropa.

mobil konsep Nissan-Mitsubishi berwarna merah
Nissan kembangan mobil plug-in hybrid dengan Mitsubishi

Kolaborasi ketiganya termasuk pengembangan kendaraan. Aliansi Mitsubishi dan Nissan akan mengembangkan teknologi kendaraan hibrida plug-in listrik. Afiliasi dengan Renault diharapkan membuahka hasil dalam memajukan teknologi kendaraan listrik bagi kedua pabrikan tersebut.

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top