Nissan Dikabarkan Bakal Ekspor Livina ke Negara-negara Asia

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan Dikabarkan Bakal Ekspor Livina ke Negara-negara Asia
Nissan dikabarkan bakal melakukan ekspor Livina yang dibuat bersama dengan Mitsubishi Xpander ke sejumlah negara di kawasan Asia dalam beberapa waktu ke depan.

Livina menjadi satu-satunya mobil Nissan yang masih diproduksi di dalam negeri. Seperti diketahui, Nissan telah memutuskan untuk menutup fasilitas pabriknya di Indonesia pada Maret 2020. 

Produksi Livina sendiri memang tak dilakukan di pabrik Nissan. Livina diproduksi berbarengan dengan sang kembaran Xpander di pabrik milik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) kawasan Cikarang, Jawa Barat. 

Nissan Livina

Informasi terkait ekspor Nissan Livina masih belum dijelaskan secara merinci

>>> Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Ekspor ke Negara-negara Asia

Rupanya, Nissan Livina tak hanya diperuntukan buat menjajaki pasar lokal. Melansir Paultan, Selasa (15/9/2020) Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi dikabarkan berencana untuk melakukan ekspor Nissan Livina ke beberapa negara Asia. 

Sejauh ini belum ada informasi tambahan terkait rencana ekspor tersebut. Meski begitu Sekiguchi menyebut rencana ekspor Nissan Livina telah mendapat restu dari pemerintah Indonesia. 

Sedangkan Mitsubishi Xpander sudah terlebih dahulu di ekspor ke beberapa negara di kawasan ASEAN dan negara lainnya. 

Sedikit mengulang ke belakang, Nissan Livina berbaju Mitsubishi Xpander ini diluncurkan perdana Februari 2019. Kelahiran Livina generasi terbaru ini cukup disambut antusias masyarakat Indonesia. 

Nissan Livina

Livina menjadi andalan Nissan saat ini

Model Livina memang sudah lama tak disegarkan oleh Nissan. Bahkan hampir 10 tahun Nissan menjual Grand Livina tanpa perubahan berarti dari tahun ke tahunnya. 

>>> Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina

Livina Berhasil Menggairahkan Penjualan Nissan Lagi

Hingga lahirlah Livina yang saat ini dijual di seluruh dealer Nissan di Tanah Air. Meski mengusung platform yang sama dengan Xpander, Nissan tak mau menghilangkan ciri khasnya pada Livina. 

Untuk itu, Nissan mempercantik tampilan depan Livina dan menambah fitur-fitur yang belum ada pada Mitsubishi Xpander. Termasuk dengan mengubah grille depan menyerupai huruf 'V' seperti model lainnya. Kemudian di bagian belakang ada juga sedikit berbeda dari sisi desain lampunya.

Kemudian bila bicara mesin, Nissan Livina juga menggendong 4A91 berkapasitas 1.5L yang bisa menghasilkan tenaga setara 105 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Ada dua pilihan transmisi yang ditawarkan yakni manual lima percepatan dan juga otomatis empat percepatan. Tenaganya disalurkan melaui penggerak roda depan. 

Kehadiran Livina model terbaru ini terbilang cukup sukses karena sempat beberapa kali masuk dalam jajaran mobil terlaris di Indonesia. 

Penjualan Nissan yang sempat lesu pun kembali bergairah berkat adanya Livina. 

>>> Informasi mobil menarik lainnya baca di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Renault Berencana Hadirkan 2 Mobil Listrik Baru Berbasis Nissan Ariya

14/09/2020

Mobil baru

3 menit

CEO baru Renault Gilles Normand mengatakan bahwa perusahaan yang ia pimpin harus berubah dan dua mobil listrik akan berada di barisan depan untuk dikembangkan.

Lihat juga

Nissan Stop Produksi 3 Model di Thailand, Ada X-Trail dan Teana

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan Motor Thailand dikabarkan memutuskan untuk stop produksi tiga modelnya yakni X-Trail, Teana, dan juga Sylphy berkaitan dengan pengembangan mobil listrik.

Lihat juga

Review Nissan X-Trail 2021: Peremajaan Demi Eksistensi

TBA

08/07/2020

Editor rate:

Beberapa saat lalu, generasi keempat Nissan X-Trail diperkenalkan di Amerika Serikat mengusung nama Rogue, yang mendapatkan tampilan serta fitur yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Bagaimana impresi awalnya? Simak review lengkapnya di Cintamobil.com

Lihat juga

Review Nissan Ariya 2021: Implementasi Line-up Futuristik Nissan

Rp. 588.000.000

20/08/2020

Editor rate:

Seiring berkembangnya teknologi otomotif, kendaraan ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) mulai jadi tren. Di saat beramaan SUV juga sedang menanjak, Nissan mencium peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021, SUV listrik berdesain futuristik.

Lihat juga

Preview Nissan March 2019

01/09/2018

Editor rate:

Produk City Car besutan Nissan satu ini memang lama tak didengar kabarnya. Nissan March atau Nissan Micra untuk sebutan Jepangnya, memang mengalami penurunan penjualan beberapa tahun belakangan ini. Alasan utamanya terletak pada desain model yang hanya diberikan penyegaran minimalis pada tahun 2017 lalu. Prediksi kami, masyarakat Indonesia membutuhkan desain yang berubah besar-besaran. Apakah Nissan Global memperhitungkan hal ini? Simak informasinya dalam preview Nissan March 2019.

Lihat juga