Nissan Bawa Teknologi Swakemudi ke Jepang Bersama Nissan Skyline Baru

18/05/2019

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Nissan Bawa Teknologi Swakemudi ke Jepang Bersama Nissan Skyline Baru
Dengan meluncurkan versi ProPilot yang lebih maju, Nissan memperkenalkan masa depan teknologi swakemudi di Jepang. Disebut dengan ProPilot 2.0, teknologi bantuan mengemudi ini menggabungkan pengemudian di jalan raya dengan kemampuan lajur tunggal hands-off.

Ditetapkan untuk diperkenalkan bersama Nissan Skyline di Jepang musim gugur ini, teknologi swakemudi tersebut dirancang untuk pengemudian jalan raya. Untuk mengaktifkannya, pengemudi perlu menggunakan sistem navigasi dan menentukan rute yang akan dipilih. Ketika mobil mendekati jalan raya, pengendara akan diberi tahu bahwa sistem telah tersedia dan dapat diaktifkan dengan menekan tombol.

ilustrasi teknologi swakemudi Nissan bersama pengemudi

Nissan mengembangkan teknologi swakemudi pada Nissan Skyline terbaru

>>> Nissan X-Trail Baru Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Siap Hadang Honda CR-V Turbo Dan Wuling Almaz?

Selanjutnya, pengemudi bisa melepas tangan dari kemudi dan bersantai. Mobil bisa berkendara sendiri, menjaga jarak dengan kendaraan di depan, serta mendahului kendaraan di depan yang melaju dengan kecepatan lebih lambat. Namun untuk keselamatan, pengemudi masih harus mengawasi tangan dan siap mengambil alih kemudi jika diperlukan.

Untuk mendahului kendaraan di depan, pengemudi diminta untuk meletakkan kedua tangan di setir dan menekan tombol untuk sistem ini. Nissan menyebutkan sistem ini akan mengaktifkan teknologi swakemudi setelah melakukan pemindaian, melakukan manuver penyalinan, dan akhirnya kembali ke jalur semula.

>>> Tertarik dengan mobil Nissan terbaru? Cek daftarnya di sini

teknologi Nissan sedang mendahului kendaraan di depan

Teknologi ini bisa membuat mobil mendahului kendaraan di depan

Pengemudi juga bisa melakukan pemindahan jalur dengan meletakkan kedua tangan di setir dan mengoperasikan lampu sein. Kendaraan akan melakukan manuver setelah menentukan bahwa keadaan aman untuk berpindah jalur.

>>> Dapatkan info terbaru dari pasar mobil terlengkap hanya di sini

Saat mendekati arah keluar dari rute yang telah ditentukan, pengemudi akan mendapatkan notifikasi audio dan visual yang memperingatkan pengemudi bahwa sistem swakemudi akan segera berakhir dan harus melanjutkan kontrol penuh terhadap mobil.

beberapa komponen dalam sistem swakemudi Nissan Skyline

Berbagai sistem yang berperan dalam teknologi swakemudi Nissan

Teknologi ini tersedia dengan menggabungkan kamera, radar, sonar, GPS, serta data peta 3D HD. Semua komponen bekerja sama untuk memberikan informasi real-time dari lingkungan sekitar serta memposisikan lokasi mobil di jalan. Dan tentunya, perkembangan baru Nissan membawa teknologi swakemudi semakin dekat untuk dipakai secara umum di jalan raya.

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Nissan X-Trail Baru Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan, Siap Hadang Honda CR-V Turbo Dan Wuling Almaz?

07/05/2019

Mobil baru

Setelah Nissan Qashqai yang tertangkap kamera sedang dites jalan di jalanan tanah air, sekarang giliran SUV legendaris di Indonesia yang 'tertangkap basah'. Nissan X-Trail baru tertangkap kamera sedang tes jalan, indikasi siap hadang keperkasaan Honda CR-V Turbo dan Wuling Almas?

Lihat juga

Nissan ‘Suntik Mati’ Varian Roadster Untuk 370Z 2020

03/05/2019

Pasar mobil

Tahun depan, Nissan Z series akan merayakan ulang tahun ke-50. Namun, dipastikan Nissan 370Z Roadster tak akan diproduksi untuk model 2020.

Lihat juga

Nissan LEAF Jadi Taksi, Ini Jawaban Nissan Motor Indonesia?

02/05/2019

Pasar mobil

Nissan LEAF bakal hadir di tengah meningkatnya tren mobil listrik jadi taksi Meski demikian Nissan Motor Indonesia (NMI) belum bisa pastikan Nissan LEAF bakal bermain di segmen transportasi publik tersebut.

Lihat juga

Sosok Menyeramkan Dan Siap Meneror, Inilah Asal-Usul Julukan Godzilla Pada Nissan Skyline GT-R

24/04/2019

Pasar mobil

Masih dalam suasana peringatan 50th Anniversary Nissan GT-R, kali ini kami akan membahas seputar kemunculan nama Godzilla yang menjadi julukan pada setiap Nissan Skyline GT-R dan Nissan GT-R di seluruh dunia.

Lihat juga

Ultah Ke-50, Nissan GT-R Hadirkan Warna Bayside Blue

18/04/2019

Mobil baru

Memperingati ulang tahun ke 50 lini GT-R, Nissan meluncurkan produk terbaru sportscar ‘Godzilla’ dengan warna Bayside Blue. Seperti apa detailnya?

Lihat juga
 
back to top