Nissan Akui Adanya Pemalsuan Hasil Tes Emisi Kendaraan

12/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Nissan Akui Adanya Pemalsuan Hasil Tes Emisi Kendaraan
Emissionsgate, atau skandal pengaturan hasil tes emisi Volkswagen ternyata ditiru oleh Nissan. Pabrikan asal Jepang ini ‘mengaku’ telah menemukan adanya indikasi pemalsuan data emisi kendaraan.

Mencontoh yang tidak baik, Nissan ikut-ikutan Volkswagen dalam memalsukan data emisi yang dilakukan di semua fasilitas produksi perusahaan di Jepang, kecuali Nissan Motor Kyushu. Produsen mobil mengumumkan telah ‘secara proaktif melakukan pemeriksaan komprehensif’ sejak September 2017, ketika menemukan ‘ketidaksesuaian dalam proses pemeriksaan kendaraan akhir’.

Dua temuan kunci dari investigasi sejauh ini terkait dengan “kinerja emisi gas buang dan uji ekonomi bahan bakar yang dipalsukan yang menyimpang dari lingkungan pengujian yang ditentukan,” serta “pembuatan laporan inspeksi berdasarkan nilai pengukuran yang diubah.”

Gambar yang menunjukan sebuah gedung dengan logo dan tulisan Nissan di bagian tengah

Pemalsuan tersebut ditemukan di semua pabrik Nissan di Jepang, kecuali Kyushu

Sejauh ini, pabrikan belum menjelaskan berapa banyak mobil yang terlibat dalam pengubahan data. Tetapi, dikatakan bahwa semua kendaraan, kecuali GT-R, sesuai dengan standar keamanan Jepang. Alasan mengapa GT-R tidak termasuk dalam standar keamanan hingga saat ini masih belum diketahui.

>>> Sambut GIIAS 2018, Nissan siapkan Nissan Terra dan lainnya

Investigasi Nissan berlanjut

Penemuan ini telah dilaporkan ke ke Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang. Nissan juga telah menyewa firma hukum Jepang, Nishimura dan Ashahi untuk ‘penyelidikan lengkap dan komprehensif’ yang saat ini sedang berlangsung, menurut rilisan resmi dari perusahaan.

Gambar yang menunjukan produksi kendaraan Nissan di pabrik yang ada di Jepang

Nissan berjanji untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap produksi

Lebih lanjut, Nissan berjanji akan terus "melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kerangka kerja, organisasi, dan proses yang terkait dengan kepatuhan terhadap peraturan." Jika masalah lebih lanjut ditemukan, Nissan mengungkapkan akan mengambil tindakan tegas untuk memperbaiki kesalahan ini.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Dapatkan informasi mobil terkini hanya di Cintamobil

Kejadian ini merupakan sebuah pukulan telak bagi Nissan. Menurut beberapa sumber, Nissan tampaknya menjalankan sistem pengujian dengan sangat buruk; perusahaan tidak memenuhi persyaratan hukum dalam pengujian dan melakukan pengubahan terhadap hasil pengukuran kendaraan.

Artinya, proses pengujian yang buruk mengakibatkan tidak hanya satu atau dua kendaraan yang mengalami kerusakan ini. Meskipun tidak separah Volkswagen, kejadian ini dinilai memalukan dan merusak reputasi Nissan sebagai produsen otomotif terkemuka di dunia.

>>> Berita pasar mobil dari seluruh dunia bisa Anda dapatkan di sini

Gambar yang menunjukan mobil baru Audi yang sedang mendapatkan pengujian emisi

Volkswagen lebih dulu ketahuan memalsukan hasil tes emisi kendaraan

Volkswagen sebelumnya menggemparkan industri otomotif dengan pengakuan mereka terhadap pemalsuan hasil tes emisi kendaraan. VW mengaku menggunakan perangkat lunak ilegal untuk menipu pengujian emisi mesin diesel di Amerika pada September 2015. VW mengakui perangkat tersebut telah dipasang pada lebih dari 11 juta mobil di seluruh dunia.

>>> Dapatkan informasi berita otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top