Nissan Akan Berpisah dengan Renault?

14/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan Akan Berpisah dengan Renault?
Kemitraan strategis antara Renault dan Nissan dikabarkan berada di ujung tanduk. Meski sudah berjalan cukup lama, masih mampukah kemitraan ini berjalan kembali?

Nissan dilaporkan telah meningkatkan perencanaan kemungkinan perpecahan aliansi dengan Renault. Kemitraan keduanya sudah berjalan sejak tahun 1999 atau  selama 21 tahun silam.

>>> Nissan Hadirkan Layanan Servis dan Diskon untuk Mobil Terendam Banjir

Gambar menunjukan Aliansi renault Nissan

Aliansi Renault-Nissan sudah berjalan sejak 1999

Diberitakan oleh Financial Times, Nissan telah mengajukan rencana perpisahan dan berniat melakukan pemisahan bidang engineering dan juga manufacturing dengan Renault. Hal ini sendiri terjadi setelah mantan petinggi aliansi Renault-Nissan Carlos Ghosn mengalami masalah hukum di Jepang dan melarikan diri ke Lebanon karena diduga melakukan penyelewengan keuangan.

Sejak tahun lalu, Nissan juga telah menjajaki pro dan kontra mempertahankan aliansi, terutama dalam hal teknik dan berbagi teknologi, seseorang yang akrab dengan masalah ini mengatakan kepada Bloomberg. Tetapi masih belum ada kejelasan kemungkinan perpecahan ini akan terjadi, karena Renault  merupakan pemegang saham terbesar Nissan dan masih berusaha memperbaiki kemitraan ini.

Bahkan Ketua Renault Jean-Dominique Senard berencana untuk mengumumkan beberapa proyek bersama dalam beberapa minggu mendatang. "Kami tidak bisa bertahan hidup jika kami tidak bergerak cepat sekarang untuk melakukan perubahan," kata Senard dalam sebuah wawancara bulan lalu.

>>> Sebelum Memperbaiki Mobil Terendam Banjir ke Bengkel Resmi, Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Gambar menunjukan  Carlos Ghosn

Carlos Ghosn mantan bos kemitaraan Renault-Nissan

Carlos Ghosn Kabur dari Jepang Memperkeruh Suasana

Carlos Ghosn awalnya ditangkap November 2019 lalu karena diduga menerima aliran dana tidak wajar dari perusahaan. Otoritas pajak Jepang menetapkan dirinya telah menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Media Jepang juga melaporkan bahwa Badan Pajak Nasional menemukan Carlos Ghosn menggunakan uang Nissan dalam beberapa tahun untuk membayar biaya konsultan kepada saudara perempuannya dalam sebuah pekerjaan fiktif, serta memberikan sumbangan ke sebuah universitas di Lebanon.

>>> Review Nissan March 1.2 AT 2017: Pilihan City Car yang Lebih Murah dari LCGC

Carlos Ghosn juga sempat ditangkap saat hendak meninggalkan Tokyo akhir tahun lalu. Tetapi dibebaskan dengan uang jaminan US$ 14 juta atau sekitar  Rp192 miliar di pengadilan Jepang. Tetapi awal tahun ini Ghosn secara diam-diam keluar dari Jepang terbang ke Libanon menggunakan jet pribadinya Tim hukumnya sendiri di Jepang mengklaim tidak mengetahui rencana tersebut. 

Tetapi Nissan memastikan bahwa mantan bosnya itu tidak akan bisa lari dari tanggung jawab atas perbuatannya, "Penerbangan Ghosn tidak akan mempengaruhi kebijakan dasar Nissan yang membuatnya bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan," kata keterangan produsen mobil asal Jepang itu.

>>> Simak juga kumpulan artikel berita terkini di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Nissan Hadirkan Layanan Servis dan Diskon untuk Mobil Terendam Banjir

14/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Untuk memperingan korban banjir, Nissan hadirkan layanan servis dan diskon untuk pemilik mobil terendam banjir dengan potongan harga komponen dan jasa

Lihat juga

Penjualan Low MPV, Nissan Livina Unggul Atas Wuling Confero

13/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Low MPV tahun 2019 diwarnai persaingan ketat Nissan Livina dengan Wuling Confero. Hasilnya, untuk sementara Livina berhasil mengungguli Confero

Lihat juga

CES 2020: Nissan Kenalkan Teknologi Baru e-4ORCE, Bikin Mobil Listrik Serasa Mobil Sport Premium

09/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Di ajang CES 2020 Nissan memperkenalkan teknologi baru e-4ORCE, teknologi all wheel control twin motor yang akan bikin mobil listrik serasa mobil sport premium.

Lihat juga

Nissan Siapkan Layanan untuk Konsumen Mobil Terkena Banjir

04/01/2020

Event - Promosi

3 menit

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menyediakan program layanan spesial bagi pelanggan setianya yang terkena dampak mobil terkena banjir. Layanan apa sajakah itu?

Lihat juga

Ternyata, Mesin Mobil Balap LMP3 Berasal Dari SUV Nissan

30/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Berbicara soal mesin performa tinggi, kita tentu beranggapan bahwa dapur pacu tersebut dikhususkan untuk mobil sport atau bahkan mobil balap. Namun, siapa sangka sebuah mesin V8 yang digunakan SUV Nissan bisa disulap jadi mesin mobil balap LMP3?

Lihat juga
 
back to top