Nissan 400Z Akan Diluncurkan Agustus 2021, Siap Hadang Toyota GR Supra

11/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan 400Z Akan Diluncurkan Agustus 2021, Siap Hadang Toyota GR Supra
Setelah memperlihatkan teaser prototype Nissan Z Proto tahun lalu, kini pabrikan asal Jepang tersebut mengumukan tanggal debut calon pesaing Toyota GR Supra.

Sebelumnya, rumor yang beredar mengatakan bahwa Nissan akan meluncurkan mobil ini pada akhir tahun 2022. Namun, beberapa waktu lalu Nissan mengumumkan bahwa versi produksi Nissan Z-Proto akan diluncurkan pada 17 Agustus 2021. Calon rival Toyota GR Supra ini dikabarkan akan diberi nama Nissan 400Z, meneruskan nama 370Z pada generasi sebelumnya.

Gambar Fascia Nissan 400Z

Meski lebih modern, masih terlihat seperti Z-Series pendahulunya

>>> Nissan Bocorkan Z Proto, 400Z Versi Produksi?

Foto-foto yang mengisyaratkan bentuk final dari mobil sports coupe ini sudah beredar di internet, dan sepertinya tidak akan jauh berbeda dari versi prototype yang diperlihatkan tahun lalu.

Setia Dengan Mesin V6

Mobil ini dikabarkan akan menggunakan mesin V6 3.0 liter seperti pendahulunya, namun Nissan akan membekali Nissan 400Z dengan twin-turbocharger. Belum ada informasi mengenai output tenaga yang akan dihasilkan mesin tersebut, namun jika menilik dari nama 400Z, sepertinya akan ada di rentang 400 HP.

Gambar Mesin Infiniti Q50

Menggunakan mesin V6 Twin-Turbocharger yang dikabarkan dapat menghasilkan output 400 HP

Dengan tenaga tersebut, Nissan 400Z tidak akan kesulitan untuk bersaing dengan Toyota GR Supra yang dibekali dengan mesin bertenaga 382 HP. Mesin tersebut berasal dari Infiniti Q50 dan Q60 yang dimodifikasi untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Nissan akan menawarkan mobil ini dengan dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 9-percepatan.

>>> Mesin Nissan Grand Livina Sering Ngelitik? Ini Penyebabnya

Interior Nissan 400Z

Jika mengintip ke interior, jelas terlihat cockpit Nissan 400Z berubah jauh jika dibanding pendahulunya. Instrument cluster dan meter bulat ciri khas Z-Series, kini berganti dengan layar digital yang membentang di depan pengemudi.

Gambar Interior Nissan Z-Proto

Interior dirombak menjadi lebih modern

Bahasa desain yang digunakan pun terlihat modern dengan garis-garis dan tekukan tegas di area dasbor. Mobil ini nampaknya akan tetap mempertahankan konfigurasi 2-seater dengan jok sporty yang menjanjikan sensasi berkendara yang mengasyikan.

Lebih Terjangkau Dibanding Supra?

Meski belum resmi diumukan, kabarnya Nissan akan mematok harga 400Z di angka $40.000, atau setara dengan Rp 567.920.000. Nilai yang sedikit lebih terjangkau dibanding Supra yang dibanderol di angka $50.000, atau setara dengan Rp 709.505.000. Kita akan mengetahui mengenai detail mobil ini dalam beberapa bulan ke depan, termasuk kapan mobil ini mulai didistribusikan ke konsumen.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top