Nih, Hummer Versi China Buatan DFSK yang Bisa Dibeli Oleh Sipil

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Dongfeng Warrior M50 adalah model sipil pertama lansiran Dongfeng, jadi Hummer versi China ini sebelumnya dikhususkan untuk kebutuhan angkatan bersenjata RRC

Hummer versi Tiongkok ini sebenarnya diperuntukkan sebagai kendaraan utilitas militer China. Dongfeng Warriro M50 ini merupakan model pertama yang diubah dari penggunaan militer menjadi sipil, meskipun sipil di sini sebenarnya hanya terkait pelaburan warna-warna menarik untuk menggaet konsumen.

Pada dasarnya, Hummer China alias Dongfeng Warrior M50 adalah kendaraan militer dengan rangkaian warna yang segar. Mobil ini adalah SUV body-on-frame yang sangat mendasar, dan pelanggan dapat memilih bare frame atau bak pickup sebagai opsi.

>>> Setelah Mercy Wagon, Bea Cukai Bakal Lelang 3 Muscle Car Minggu Ini!

Gambar Dongfeng Warrior M50

M50 versi sipil diproduksi dengan warna-warna yang menarik

Menggunakan Platform Hummer

Dongfeng Warrior M50 dibuat pada jalur produksi yang sama dengan kendaraan militernya. M50 berdiri di atas platform yang sama dengan EQ5096, yang secara sebagian dan semi-legal didasarkan pada AM General Hummer.

Tak hanya Hummer, jika dilihat secara sekilas, mobil ini juga mengambil isyarat desain dari SUV Lamborghini, LM002 yang diproduksi pada akhir 1980-an yang awalnya diperuntukkan sebagai kendaraan militer dan eksplorasi.

Gambar Lamborghini LM002

Lamborghini LM002. Mirip bukan?

Tampilannya tentu saja cukup old-school, dan sangat niche untuk dijual kepada sipil mengingat desain mobil saat ini yang lebih condong futurustik. Uniknya, tampilan kabin M50 terlihat cukup modern mengingat mobil ini diproduksi untuk menggaet konsumen sipil. Dibekali dengan layar infotainment 8 inci di dasbor tengah beserta radio dan AC.

>>> Debut Peugeot 9X8, Seekor Kucing Besar yang Kencang

Mesin Bertenaga

Mendukung pengunaan mobil ke medan off-road, Hummer Tiongkok ini menggunakan mesin 4,0 liter turbocharged diesel yang menghasilkan tenaga 200 HP dengan torsi yang mencapai 600 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda (AWD) melalui transmisi manual 6-percepatan.

Gambar Warrior M50

Cukup bertenaga menghadapi medan off-road

Bicara soal harga, M50 dibanderol 668.800 yuan atau setara dengan Rp 1,49 miliar untuk pasar tiongkok. Harga yang cukup fantastis mengingat mobil ini sebenarnya cukup basic.

Versi sipil M50 mungkin terbilang baru, namun mobil ini telah digunakan oleh polisi dan tentu saja untuk militer China dengan baja yang berlapis-lapis. Kira-kira, DFSK Indonesia tertarik tidak untuk membawa mobil semi-militer ini ke Indonesia?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top