Nggak Cukup 1, Sultan Brunei Koleksi 7.000 Mobil Mewah

29/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengoleksi puluhan mobil mewah tampaknya belum cukup memuaskan hati Sultan Brunei. Ia diketahui memiliki sekitar 7.000 unit mobil mewah dari berbagai merek.

Bagi mereka yang berduit, memiliki mobil mewah adalah salah satu cara untuk memanjakan diri. Tak heran bila Anda melihat deretan orang kaya mengoleksi puluhan hingga ratusan mobil di garasi rumahnya. Tapi tampaknya ratusan mobil mewah belum cukup memuaskan hati Sultan Brunei, Sultan Hassanah Bolkiah. Brunei Darussalam memang disebut-sebut sebagai salah satu negara kaya, jadi tak heran kalau Sultan bisa memiliki ribuan mobil mewah.

Sultan Hassanah Bolkiah diprediksi memiliki 7.000 mobil mewah di dalam istananya. Adapun dari 7.000 mobil itu termasuk 300 Ferrari, 20 Koenigsegg, 6 Porsche 962 LM, 11 McLaren F1, sampai 600 Rolls-Royce dan diperkirakan memiliki nilai Rp 66,4 triliun, 

Bahkan saking banyaknya, tak sedikit mobil rusak setelah AC yang terpasang di garasi dimatikan pada tahun 2000. Walhasil mobil dipenuhi debu dan terdapat jamur karena disimpan di ruangan lembab. 

Adapun dari ribuan koleksi mobil Sultan Hassanah Bolkiah beberapa tergolong langka dan cukup menarik perhatian. Berikut lima mobil langka yang dimiliki Sultan Hassanaah Bolkiah seperti dikutip Drive Tribe. 

>>> Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

1. McLaren F1 LM

McLaren F1 LM

McLaren F1 LM

McLaren diketahui hanya memproduksi lima unit mobil edisi LM. Tiga diantarannya dimiliki oleh Sultan Brunei itu. McLaren F1 LM didesain lebih 'membumi' sehingga dibuat lebih nyaman untuk dikendarai di jalan biasa. McLaren F1 LM mengusung konfigurasi tiga kursi dan bisa disesuaikan untuk digunakan sebagai kompartemen penyimpanan. 

Mobil yang didesain oleh Gordon Murray ini disebut-sebut sebagai salah satu mobil produksi dengan handling terbaik di dunia. McLaren F1 LM menggendong mesin BMW S70/2 yang bisa menghasilkan tenaga setara 680 hp. 

2. Ferrari FX

Ferrari FX

Kabarnya mobil ini dibuat khusus keluarga Sultan Brunei

Beruntung bisa jadi keponakan Sultan Brunei. Saat ulang tahun ke-18 saja dihadiahkan 1 miliar dolar sebagai kado. Lalu ia memutuskan untuk membeli Ferrari semi otomatis. Masalahnya, pada tahun itu belum ada teknologi yang memungkinkan untuk membuatnya. Tapi itu bukan masalah berarti, pasalnya ia kini memiliki enam unit Ferrari FX yang dibuat khusus untuk dirinya. 

>>> Mewah! Dua Sejoli Rayakan Ulang Tahun Pernikahan dengan Rolls-Royce Kustom

3. Mercedes-Benz CLK GTR

Mercedes-Benz CLK GTR

Hanya ada 26 unit mobil ini di dunia

Hanya ada 26 unit Mercedes-Benz CLK GTR versi Le Mans yang diproduksi dengan rincian 20 hard top dan 6 open top. Setidaknya Sultan memiliki kedua model itu. 

4. Ferrari F50 Bolide

Kabarnya, mobil ini dibuat Ferrari khusus untuk Sultan Hassanah Bolkiah. Sasis dan sejumlah komponen lain disebut mengambil dari Ferrari F50. 

5. Ferrari Testarossa F90 Speciale

Ferrari Testarossa F90 Speciale

Keseluruhan model dibuat khusus untuk Sultan Hassanah Bolkiah

Hanya ada enam unit mobil ini diproduksi. Adapun keenam model tersebut keseluruhan dimiliki Sultan Brunei. Proyek pengerjaannya dipimpin oleh Enrico Fumia yang kala itu berperan sebagai Kepala Riset dan Pengembangan di rumah desain Pininfarina. Fumia sengaja mendesain mobil yang sama dengan Pininfarina Ethos Concept. 

Dari 7.000 mobil yang dimiliki Sultan Brunei tentu tidak semuanya dikendarai. Bahkan ada beberapa model yang tak pernah dikendarai sama sekali seperti BMW Nazca, Jaguar XJ 220, Cizeta V16, dan juga Ferrari Enzo. 

Mobil Sultan Brunei

Ada sejumlah mobil yang sama sekali belum pernah digunakan

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top