Netflix Bakal Tayangkan Balapan Formula 1?

23/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Akibat popularitas dari serial Drive to Survive, Netflix saat ini dipercaya sedang mempersiapkan layanan streaming mereka untuk menayangkan balapan Formula 1.

Netflix disebut sedang mempersiapkan untuk membeli hak siar balapan Formula 1 di layanan streaming-nya. Hal ini menyusul popularitas seri Drive to Survive yang populer hingga dokumenter Schumacher di Netflix beberapa waktu lalu. Laporan ini diprediksi berdasarkan pernyataan dari CEO Netflix, Reed Hastings dalam berita lokal Jerman.

Ambil alih siaran Formula 1

Sebelumnya, Netflix memang menjauhkan diri dari penayangan olahraga. Rencana akuisisi Formula 1 merupakan bagian dari perubahan signifikan untuk menggaet lebih banyak pelanggan pada layanan streaming yang khusus menyediakan film maupun serial TV tersebut.

beberapa mobil balap yang sedang bertanding pada balapan Formula 1
Hak siar balapan Formula 1 masih dipegang ESPN hingga Sky Sports

>>> Formula 1: Drive to Survive Musim Ketiga Rilis di Netflix 19 Maret

"Di Netflix, kami melakukan hiburan dan bukan jurnalisme," kata Hastings ketika diwawancarai oleh dari Der Spiegel. "Itu harus memenuhi standar tertentu. Kami menjauhkan tangan kami dari olahraga langsung. Dengan siaran semacam itu, kami tidak memiliki kendali atas sumbernya."

Namun penayangan live Formula 1 di Netflix bisa dibilang tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Seperti yang dicatat oleh Front Office Sport, hak siar Formula 1 di Amerika Serikat saat ini dipegang oleh ESPN hingga 2022. Di luar negeri, Sky Sports dan Canal+ masing-masing memegang hak siar di Inggris dan Prancis sampai tahun 2024.

>>> Film Dokumenter Michael Schumacher Hadir di Netflix

Berkat popularitas Drive to Survive

Hasting menyebutkan bahwa mereka memang mempertimbangkan untuk membeli hak siar Formula 1 mengingat keberhasilan seri Drive to Survive. Serial ini merupakan dokumenter yang mengikuti setiap tim Formula 1 dalam satu musim balapan. Popularitasnya membuat serial ini mendapatkan musim ketiga yang baru dirilis Maret 2021 lalu.

Netflix disebut mampu menjangkau penonton yang lebih banyak bagi Formula 1. Drive to Survive dipuji karena mampu menampilkan tontonan olahraga yang berbeda dari pinggi lapangan. Musim keempat yang akan merangkum balapan musim 2021 direncanakan akan dirilis pada awal 2022.

Netflix juga belum lama merilis film dokumenter inovatif berjudul Schumacher yang memperlihatkan bagaimana juara dunia 7 kali tersebut di mata keluarga dan kerabatnya. Menandakan bahwa Netflix siap menggali lebih dalam lagi kategori motorsport terpopuler di dunia tersebut.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top