Negosiasi Pembelian FCA oleh Hyundai Bisa Hasilkan Aliansi Otomotif Terbesar

02/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Negosiasi Pembelian FCA oleh Hyundai Bisa Hasilkan Aliansi Otomotif Terbesar
Jagad otomotif mengalami riak setelah Hyundai dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk membeli perusahaan FCA, Fiat Chrysler Automobiles.

Group Hyundai yang saat ini terdiri dari Hyundai, Kia, dan divisi suku cadang Hyundai Mobis, disebutkan akan membeli semua aset FCA yang terdiri dari Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Lancia, Iveco, Maserati, dan tentu saja produsen mobil yang paling menguntungkan, Jeep.

Menurut sebuah laporan oleh Asia Times, pembuat mobil asal Korea Selatan telah menunggu harga saham FA turun ke angka tertentu sebelum meluncurkan tawaran pengambilalihan dari konglomerat otomotif Italia – Amerika yang saat ini dipimpin oleh Sergio Marchionne. Jika tawaran ini terlaksana, penggabungan ini menjadi kado perpisahan bagi Marchionne yang sudah memutuskan pensiun tahun depan.

Gambar yang menunjukna mobil Hyundai di panel sebelah kiri dan mobil FCA di panel sebelah kanan

Hyundai dan FCA merupakan perusahaan dengan puluhan mobil ikonik di industri otomotif

Asia Times juga memberitakan bahwa aktivis Elliott Management sudah menggelontorkan dana sebesar US$ 1 Milyar untuk investasi ke Hyundai Motor Company. Pada bulan April, Presiden Elliott, Paul Singer, menekan Hyundai untuk bergabung dengan Hyundai Mobis.

>>> Hyundai keluarkan Veloster bersamaan dengan Ant-Man and The Wasp

Sebelumnya, Blomberg melaporkan pada bulan Desember 2017 bahwa FCA dan Hyundai mulai berbicara untuk mengembangkan powertrain sel bahan bakar hidrogen dan transmisi. Namun, ketika Marchionne mengatakan bahwa dia melihat adanya potensi kemitraan teknis dengan Hyundai, ia menepis pembicaraan tentang penggabungan dua produsen mobil terkenal tersebut.

Gambar yang menunjukan gambara logo Fiat Chrysler Automobile

Logo FCA dengan beberapa anak perusahaan

>>> Penawaran paling murah untuk mobil bekas Hyundai bisa Anda dapatkan di sini

Marchionne, yang mengungkapkan pengunduran dirinya pada April tahun depan, telah mencoba menjual FCA. Penawaran umum tidak terlalu menarik minat pembeli  pada Oktober 2014. Ferrari, General Motors, dan Volkswagen Goup merupakan perusahaan yang dipercaya telah mendapatkan penawaran dari Marchionne untuk FCA.

Sebaliknya, Hyundai saat ini memang sedang bergelimang harta setelah kesuksesan merek mobil mewah mereka, Genesis. Namun, perusahaan sedang berada ditengah re-organisasi, atau pertukaran dewan pimpinan dengan pertimbangan keluarga konglomerat Chung Mong-koo yang sudah memimpin Hyundai mundur dari jabatannya.

>>> Berita pasar mobil paling lengkap dari seluruh dunia hanya ada di Cintamobil

Gambar yang menunjukan logi Hyundai yang terdapat pada bagian depan mobil Hyundai

Hyundai disebut mendapatkan hasil positif setelah mengeluarkan merek Genesis

Sementara ini, baik FCA maupun Hyundai masih menolak untuk berkomentar secara resmi tentang rumor penggabungan perusahaan. Tapi bisa dibayangkan, penggabungan ini akan membuat Hyundai – FCA menjadi aliansi otomotif terbesar menyalip Renault – Nissan – Mitsubishi dan produsen mobil seperti Toyota dan Volkswagen.

>>> Perbarui informasi terkini dalam bidang otomotif dari seluruh dunia hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top