Napak Tilas Kehadiran Toyota Avanza Di Indonesia, Dan Perayaan 15 Tahun Toyota Avanza di Indonesia

10/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Napak Tilas Kehadiran Toyota Avanza Di Indonesia, Dan Perayaan 15 Tahun Toyota Avanza di Indonesia
Tidak terasa sudah 15 tahun Toyota Avanza hadir ditengah keluarga Indonesia, dan inilah persembahan dari Cintamobil.com mengenai napak tilas kehadiran Toyota Avanza di Indonesia.

Peluncuran sebuah Toyota Avanza tahun 2003

Tidak terasa sudah 15 tahun Toyota Avanza hadir di Indonesia sejak peluncuran perdananya di tahun 2003

Bicara tentang Toyota Avanza tentunya identik dengan mobil yang dicintai oleh keluarga Indonesia. Mobil yang di tahun 2003 mendapat julukan “baby Kijang” ini seolah mampu menyihir konsumen Indonesia saat itu. Bagaimana tidak? Harga Avanza saat pertama kali diluncurkan ke publik tanggal 11 Desember 2003 bisa dibilang tepat, karena dibawah angka psikologis mobil baru saat itu, yaitu Rp 89,5 juta untuk tipe E dan Rp 99,5 untuk tipe G yang merupakan tipe termahal.

Tampak sebuah Toyota Avanza 1300 cc tahun 2004 dilengkapi dengan striping aksesoris

Baru meluncur dan langsung merebut pasar mobil keluarga tanah air yang sebelumnya dikuasai oleh Toyota Kijang

Tak pelak, hal tersebut membuat Avanza laris bak kacang goreng. Saat itu konsumen bisa menunggu lebih dari 6 bulan untuk mendapatkannya. Daftar inden yang sangat panjang tersebut ternyata menggelindingkan fenomena lain, karena hanya Avanza satu-satunya mobil yang dalam keadaan bekas mengalami apresiasi harga. Beberapa konsumen yang tidak sabar ingin membawa pulang Avanza segera ke garasi mereka, bahkan rela membayar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta lebih mahal meski dalam keadaan bekas! Luar biasa bukan?

>>> Baca juga: Harga Hampir Setengah Miliar, Mobil MPV Toyota Voxy Laris Manis Diluar Dugaan

Interior sebuah Toyota Avanza S VVT-i 1300 2004

Interior yang kini tampak sederhana ini adalah sebuah terobosan revolusioner di zamannya

Kehadiran Avanza juga layak sekali disebut fenomena. Karena hingga tulisan ini diturunkan belum pernah ada dalam sejarah otomotif Indonesia mobil yang sesukses Toyota Avanza. Bayangkan, tidak sampai sepuluh tahun sejak peluncuran perdananya, mobil ini mampu terjual hingga satu juta unit. Prestasi ini bahkan lebih fenomenal bila dibandingkan dengan sang kakak, Toyota Kijang yang butuh tiga dekade untuk menembus penjualan satu juta unit. Sementara sang adik hanya butuh waktu kurang dari 6 tahun untuk menembus setengah juta unit.

Sebuah Mobil Toyota Avanza 2006 berwarna biru

Kesuksesan Toyota Avanza di pasar tanah air, tentunya tidak lepas dari hasil riset pasar jitu tim research and development PT. TAM

Kesuksesan Avanza merupakan hasil dari riset pasar jitu, tim riset PT. Toyota Astra Motor (TAM) mampu membaca peluang dan menjawab kebutuhan pasar. Jika ditilik sejarahnya, sebenarnya wacana mobil murah berharga dibawah Kijang sempat digelontorkan pada medio 1980-an dimana saat itu Kijang sedang berada dimasa puncak kejayaanya. Namun sayangnya Toyota Motor Corporation sebagai principal Toyota di Indonesia belum merasa ‘tergugah’ untuk membuatnya. Baru pada saat krisis mendera di medio 1997-1998, kehadiran mobil terjangkau itu dipertimbangkan ulang. Akhirnya pada 2003, Avanza diperkenalkan dan sukses hingga sekarang.

>>> Baca juga: Harga Toyota Avanza Desember 2018: Bunga Fantastis Hingga 1,3%

Sebuah All New Toyota Avanza 2011 berwarna silver

Mudah bagi Toyota Avanza dalam mencapai prestasi penjualan 1 juta unit di Indonesia

Saat ini Avanza tetap merupakan primadona bagi keluarga di Indonesia. Masih tetap dengan semangat, sebuah mobil berharga terjangkau namun mengedepankan kualitas buatan yang baik. Dengan total 5 varian Avanza dengan rentang harga jual di Rp 191 juta hingga Rp 221 juta dan 4 varian Veloz yang di set antara Rp 215 juta sampai Rp 239 juta membuat rentang pilihan terutama bagi konsumen keluarga juga semakin luas.

Tampak belakang sebuah Grand New Toyota Avanza 1.3 G MT 2015

Toyota Avanza generasi terbaru dilengkapi dengan mesin baru yang lebih efisien lagi bertenaga

Terlebih Avanza terbaru ini dilengkapi dengan ‘jantung’ yang memadai, baik untuk penggunaan di dalam kota dan luar kota. Grand New Avanza Veloz 1.3 MT yang pernah Tim Cintamobil.com coba misalnya. Konsumsi bahan bakar yang kami raih di dalam kota adalah 1 liter untuk 14,2 kilometer dengan kecepatan rata-rata 21 km/jam. Semua itu sangat terbantu berkat penerapan throttle by wire serta torsi 121 nm yang sudah dapat diraih 200 rpm lebih rendah dibanding dengan pendahulunya.  Ketika diajak berlari, unit mesin berkode 1NR-VE Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 96,5 dk pada 6000 rpm ternyata cukup atletis untuk menuntaskan 0-100 km/jam di angka 12,4 detik.

>>> Ingin baca? Pilih Mana, Tunggu Avanza-Xenia Model Baru Atau Model Lama Diskon Rp 30 Juta

Sebuah Mesin 1NR-VE di Grand New Toyota Avanza

Mesin 1NR-VE ini mampu melesatkan Toyota Avanza terbaru dalam tempo hanya 12,4 detik dari diam ke 100 km/jam

Tak hanya performa impresif yang ditampilkan, sektor kenyamanan dan keamanan juga dipertimbangkan matang oleh Toyota. Avanza terbaru ini peredaman kabinnya jauh lebih kedap dibandingkan dengan pendahulunya dan suspensi yang lebih nyaman. Enggak asal bicara, salah satu tester Cintamobil.com juga memiliki Avanza generasi sebelumnya, jadi yakin akan kekedapan dan kenyamanan bantingan pada Avanza terbaru ini.

Grand New Toyota Avanza Veloz 1.5 2015

Beginilah muka Toyota Avanza terbaru yang masih dipasarkan hingga hari ini

Selain itu, kini semua varian sudah dilengkapi seatbelt disemua kursi, juga peranti keamanan aktif rem ABS dan pasif berupa SRS airbag, ISOFIX bagi yang suka membawa anak kecil dengan kursi anak yang terpisah. Dan sekarang enggak ada alasan lagi bagi penumpang depan untuk lupa menggunakan sabuk pengaman, dengan adanya front passanger seatbelt warning. Tentunya ini akan melindungi anda dan keluarga tercinta saat kondisi darurat.

>>> Mungkin Anda tertarik: Komparasi Wuling Cortez Vs Toyota Avanza, Pertarungan ‘Made in China’ Dengan Jawara Jepang

Layout dasbor sebuah Grand New Toyota Avanza 1.5 2015

Beginilah layout dasbor Toyota Grand New Avanza Veloz 1.3 matik terkini

MPV 7 seater, dengan kabin lega, kualitas buatan baik, nyaman dan hemat bahan bakar telah terangkum dalam Grand New Avanza. Sebagai orang yang smart, pasti tidak akan melewati produk unggulan dari Toyota ini. Avanza designed for smart people, low price and high quality. Lalu apa harapan Anda mengenai Toyota Avanza baru? Pastinya Anda berharap Avanza tampil jauh lebih modern dengan tidak meninggalkan ciri khasnya, yaitu durabilitas dan juga kelincahan serta kemudahan perawatan dalam memiliki Avanza.

Sebuah Grand New Toyota Avanza tetap dilengkapi dengan layout 7 penumpang

Grand New Toyota Avanza tetap menghadirkan format 7 tempat duduk yang memiliki keselamatan yang mumpuni

Avanza dari Masa ke Masa

2003

Avanza pertama kali diperkenalkan 11 Desember 2003, ditawarkan dengan dua pilihan model yaitu 1.3 G  MT dan 1.3 E MT. Pemilihan nama Avanza juga bukannya tanpa alasan. Ada beberapa pilihan nama yang saat itu disiapkan oleh PT. Toyota Astra Motor. Sengaja dipilih nama Avanza terinspirasi dari kata Avanzato dari Italia yang artinya terus tumbuh dan berkembang sesuai cita-cita dan harapan Avanza ketika diluncurkan.

Sebuah Toyota Avanza S 2004 AT

Beginilah pertama kali bentuk dari Toyota Avanza saat diluncurkan di bumi

Meski diawal peluncurannya mobil ini dijual “murah”, namun enggak pelit fitur, coba saja tengok model 1.3 E MT yang sudah dibekali power steering, dan power window. Sementara untuk varian termahalnya model 1.3 G MT dilengkapi beberapa tambahan gimmick menarik, seperti penggunaan pelek alloy, foglamp, spion elektrik, dan AC dual blower. Peluncuran Avanza menghasilkan inden yang mengular bahkan hingga 1 tahun setelah peluncuran perdanannya.

2004

Sebuah Toyota Avanza S 1300 AT

Avanza tipe S bermesin K3-VE VVT-i dilengkapi dengan transmisi otomatis 4 percepatan

Pada tahun 2004, Avanza dengan transmisi otomatis diluncurkan, Avanza bertipe 1.3 S AT yang mulai diljual pada tahun ini bisa dibilang istimewa, karena selain mengusung transmisi Aisin Warner 4 percepatan juga menggendong unit mesin K3-VE berkatup variabel VVT-I dan dijual dalam jumlah terbatas. Di tahun ini pula Avanza berhasil terjual sebanyak 43.936 unit.

>>> Baca juga: 

2006

Sebuah Toyota Avanza E MT 1300 2006

Penyegaran Toyota Avanza di 2006 cukup membuat segar tampilan mobil secara keseluruhan

Penyegaran alias facelift pertama kali dilakukan untuk Avanza pada tahun 2006. Tak hanya tampang saja yang berubah namun seluruh tipe Avanza telah dibekali dengan mesin kapasitas 1300 cc berkode K3-VE VVT-i, Terdapat cukup banyak perbedaan dari model sebelumnya. Di eksterior terdapat ubahan pada griil, headlamp, bumper depan dan belakang. Interiornya kini lebih segar karena mengusung warna beige dari sebelumnya berwarna hitam.

Sebuah Toyota Avanza 1.5 S 2008 AT

Menjawab tantangan dari Suzuki APV dan Mitsubishi Maven, PT TAM meluncurkan Toyota Avanza bermesin 1500 cc

Bulan Oktober 2006 Toyota juga memperkenalkan Avanza 1.5 S AT dan MT yang menjadi flagship di Avanza. Mesin yang digunakan adalah unit 3SZ-VE berkapasitas 1500 cc VVT-I yang mampu menelurkan tenaga 109 dk di putaran 6000 rpm dan torsi 141 nm pada kitiran 4400 rpm. Model ini menggantikan posisi tipe 1.3 S AT. Ada beberapa perbedaan khusus di Avanza termewah ini. Antara lain grill, pelek alloy 15 inchi dibalut ban Bridgestone B250 atau Dunlop SP10, radio/tape bertipe dual din, dan bumper depan yang menyatu membentuk aerokit sehingga lebih keren.

Sebuah Toyota Avanza 1.3 G 2006

Penjualan Toyota Avanza agak sedikit menurun pada tahun 2006 ini, dan model seperti ini tidak berubah hingga tahun 2010

Akibat kondisi ekonomi yang melemah pada tahun ini. Penjualan Avanza sedikit mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya (2005). Tepatnya turun 2.663 unit, yaitu menjadi 52.260 unit dari tahun sebelumnya yang berada di angka 54.893 unit.

2008

Penjualan Avanza kembali terdongkrak setelah ekonomi tanah air membaik. Yaitu mencatat total penjualan 62.010 unit pada tahun 2007 dan 85.535 unit Avanza dari berbagai tipe telah berada ditangan pemiliknya di tahun 2008. Merayakan hal tersebut seluruh varian Avanza mengalami pengembangan di tahun ini, tepatnya pada bulan Oktober 2008.

Perubahan pada eksterior antara lain adalah desain griil yang kini lebih dewasa, serta adanya cover foglamp. Hal minor juga dibenahi oleh Toyota, yaitu dengan penerapan atap model beralur gelombang. Selain membuat tampilan berbeda dengan generasi sebelum improvement, juga untuk mengurangi bising saat terkena air hujan.

>>> Baca juga: Meluncur Januari 2019, Harga Toyota Avanza Baru Masih Dipertahankan

2009

Tahun ini Avanza berhasil laku sebanyak 100.065 unit. Dan Toyota melengkapi varian 1.3 G dengan transmisi transmisi otomatis 4-speed.

2010

Girboks bertransmisi otomatis hadir untuk model E yang mana menjadi varian terendah Avanza. Seluruh varian Avanza berhasil diboyong pemiliknya dengan total sebanyak 141.799 unit.

2011

Sebagai upaya untuk mempertahankan gelar sebagai mobil yang paling layak dimiliki oleh keluarga cerdas di Indonesia. Tahun ini Avanza meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Avanza. Modelnya semakin dewasa, meski sepintas dari depan terlihat seperti Toyota Ractis namun Toyota All New Avanza mampu tampil lebih dinamis. Lekuk bodynya lebih streamline dari generasi sebelumnya.

Tampak belakang sebuah Toyota Avanza 1.3 G 2011 MT

Tahun 2011 Toyota Avanza berubah total desainnya

Pada generasi ini pula, All New Avanza semakin banyak pilihan modelnya. Yaitu tipe 1.3 E, 1.3 G yang tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Juga tetap mempertahankan generasi 1.5 S namun dengan transmisi manual. Jika konsumen menginginkan mesin berkapasitas 1500 cc dengan transmisi otomatis, Toyota menyediakan varian Veloz sebagai top of line dari All New Avanza.  

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Sebuah Toyota Avanza 1.5 G MT 2011

Bentuk depannya kini lebih aerodinamis dan sepintas mirip dengan Toyota Ractis

Electronic Power Steering atau EPS merupakan kelengkapan standar pada All New Avanza ini. Merespon masukan dari konsumen Avanza generasi sebelumnya, kini suspensi Avanza diracik lebih pas. Khusus untuk varian 1.3 E tidak dilengkapi dengan foglamp. Masuk ke interior, aura modern langsung terpancar dari penerapan desain warna two tone pada dasbor. Semua varian sudah mendapatkan headrest juga seatbelt di setiap bangku.

Toyota Avanza E 1.3 MT 2011

Avanza tipe E tetap tampil lebih minimalis dibandingkan tipe lainnya

Varian terlaris model sebelumnya 1.3 G MT kini tampil lebih lengkap. Side body moulding dan park sensor kini dihadirkan sebagai standar di varian ini. Belum lagi CD player single DIN dengan 4 speaker mampu menghibur sepanjang perjalanan bersama keluarga.

>>> Baca juga: Toyota Calya Terbukti Lebih Aman dari Toyota Avanza, Lalu Bagaimana Dengan Wuling Confero Dan Mitsubishi Xpander?

Toyota Avanza Veloz 2011 berwarna putih

Tahun 2011 ini pula, diperkenalkan varian top of the line dari Toyota Avanza, yaitu Veloz

Untuk varian 1.5 G sebagai pembeda diberikan tambahan pelek alloy 15 inchi serupa Veloz dan CD player dual DIN. Varian teratas Veloz, mendapatkan desain bumper depan dan belakang yang lebih agresif. Rear spoiler dan third brake lamp juga enggak ketinggalan. Interior Veloz didominasi warna hitam, sementara head unit yang diusung juga lebih baik dengan fasilitas tambahan koneksi USB dan aux-in yang memungkinkan musik dari gadget dimainkan disini. Oh ya kualitas audionya juga lebih baik berkat 6 buah speaker yang terpasang di Veloz.

Tampak belakang dari sebuah Toyota Avanza Veloz 2011

Ubahan yang banyak tersebut terbukti membuat All New Avanza makin disukai oleh konsumen tanah air

Ubahan yang banyak tersebut terbukti membuat All New Avanza makin disukai oleh konsumen tanah air. Total penjualan dari 2011 hingga 2012 mencatat angka 354.513 unit, dengan rincian 162.367 unit di 2011 dan 192.146 unit pada 2012.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan di listing Cintamobil.com

 2013

Tahun ini Avanza mencapai penjualan 1 juta unit. Tepatnya terjadi pada bulan Juli 2013, bilamana ditotal sejak tahun 2004, setidaknya sudah 1.020.103 unit Avanza yang ‘terbang’ ke garasi konsumen. Pada tahun 2013 ini pula, Avanza mencatat penjualan tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu terjual sebanyak 213.458 unit. Tahun ini semua Avanza sudah dilengkapi dengan SRS Airbags di semua varian.

2015

Grand New Toyota Avanza Veloz 2015 berwarna merah

Tahun 2015 Toyota Avanza kembali mendapat penyegaran tampilan dan tambahan varian

Penjualan Avanza terus naik di 2014 dengan membukukan 162.070 unit Avanza terjual. Pada bulan Juli 2015 Grand New Avanza diluncurkan. Semua unit sudah mendapatkan unit 1300 cc berkode 1NR-FE Dual VVT-i untuk varian 1.3 E, dan 1.3 G. Sementara mesin serba bisa 2NR-FE ditanamkan di tipe 1.5 G dan Veloz. Eksterior dan interior mengalami perubahan signifikan di tahun ini. Yang jadi catatan penting generasi Grand New Avanza adalah kenyamanan suspensi dan peredaman kabin yang meningkat signifikan dibanding generasi sebelumnya. Semua varian sudah dilengkapi dengan SRS Airbag, dan rem ABS.

2016

Toyota Avanza Transmover 2016 berwarna putih

Toyota Avanza Transmover didaulat untuk bersaing di pasar fleet dan light commercial vehicle

Tahun 2016 tepatnya bulan November, PT Toyota Astra Motor meluncurkan varian baru dari Toyota Avanza yang dikhususkan untuk pasar fleet dan memenuhi kebutuhan pasar angkutan umum, seperti taksi, light commercial vehicle, dan juga jasa pengangkutan. Mobil berjuluk Avanza Transmover ini hadir dengan harga “hanya” Rp 142 jutaan. Avanza Transmover mendapat sambutan cukup baik dari operator taksi di Indonesia. Oh ya, Avanza Transmover ini hadir tidak dilengkapi dengan pengatur spion elektrik, sistem audio, dan juga menggunakan material jok yang lebih ‘murah’ namun lebih kuat.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top