Ingat! Naik Mobil Sendiri Wajib Pakai Masker, Ini Penjelasannya

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ingat! Naik Mobil Sendiri Wajib Pakai Masker, Ini Penjelasannya
Penggunaan masker menjadi wajib untuk aktivitas di luar rumah. Termasuk saat Anda naik mobil sendiri tetap harus pakai masker untuk mencegah penyebaran corona.

Penggunaan masker di masa pandemi menjadi kewajiban setiap orang. Terlebih di Ibu Kota Jakarta yang baru saja kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat. 

Kewajiban menggunakan masker pun tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.79 tahun 2020. Di mana saat masyarakat hendak melakukan kegiatan di luar rumah maka masker wajib digunakan. 

>>> Sanksi Tak Pakai Masker saat Naik Mobil pada Masa PSBB Jakarta

Naik Mobil Sendiri Wajib Pakai Masker

Berkendara pun tak luput dari aturan tersebut. Ditegaskan dalam Pergub DKI Jakarta No.88 tahun 2020. Pengguna kendaraan mobil penumpang diwajibkan menggunakan masker di dalam kendaraan. Bahkan ketika Anda naik mobil sendiri wajib pakai masker

"Memang dalam Pergub 88 tahun 2020 mengatur bahwa seluruh aktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker, apakah dia berkendaraan ataupun tidak berkendaraan jadi ketika kita masuk kendaraan walaupun sendiri tetap menggunakan masker," ungkap Kasatpol PP, Arifin dalam tayangan Youtube BNPB yang dilihat Cintamobil.com, Kamis (17/9/2020). 

Pakai masker dalam mobil

Posisi masker pun harus benar saat tengah berkendara

Dijelaskan Arifin, penggunaan masker meskipun naik mobil sendiri menjadi wajib untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona. 

"Karena dalam perjalanan kita menggunakan masker tidak tau apakah dia jendela mobil terbuka kita tidak tahu. Ini upaya melindungi masyarakat kita bukan semata-mata melakukan penindakan, jadi lebih baik gunakan masker walaupun sendiri di dalam mobil," jelas Arifin lagi. 

Dalam beberapa hari belakangan memang tengah viral cerita seorang wanita yang tengah berkendara seorang diri ditindak karena menggunakan masker namun posisinya tak sesuai. Kemudian pengalaman itu disebar sang wanita ke media sosial hingga akhirnya menyebar luas di jagat maya. 

>>> 5 Kesalahan Memakai Masker Yang Sebaiknya Dihindari

Gunakan Masker dengan Benar

Tak sedikit pihak yang juga menjadi penasaran akan hal itu. Ketika berada di dalam mobil sendirian tentunya dirasa lebih aman walau posisi masker diturunkan sedikit. Namun nyatanya hal itu masuk sebagai tindak pelanggaran. Aturan menggunakan masker yang baik tertuang dalam Pergub No.79 tahun 2020 Pasal 4 ayat 1 butir c.

Pakai masker dalam mobil

Anda juga bisa membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan

"Pengawasan yang dilakukan bukan hanya mereka yagn tidak menggunakan masker tapi juga edukasi warga pakai masker dengan benar menutupi hidung, mulut hingga dagu, karena seringkali tidak benar ada yang di bawah dagu ini tak punya manfaat untuk menekan angka penyebaran," tutur Arifin. 

Tentunya ada sanksi yang dikenakan bila ada warga tak patuh. Misalnya sanksi tak pakai masker termasuk ketika menyetir mobil seperti tercantum dalam pasal 5.

"Setiap orang yang tidak menggunakan masker sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf a dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama 60 (enam puluh) menit atau denda administratif paling banyak sebesar Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)," bunyi pasal 5.

Kemudian bila masih kedapatan melanggar maka akan ada sanksi kerja sosial dengan periode waktu tertentu dan juga denda administratif maksimal Rp 1 juta. Oleh karena itu, Arifin pun kembali mengingatkan agar warga Jakarta patuh termasuk saat naik mobil sendiri wajib pakai masker.

>>> Begini Aturan Mobil Pribadi saat PSBB Jakarta Mulai 14 September

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Aturan Naik Bus di Jakarta Selama PSBB

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sarana transportasi termasuk sektor yang diatur selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. Dan berikut aturan naik bus di Jakarta selama PSBB berlangsung.

Lihat juga

PSBB Lagi? Atasi Bosan dengan Merakit Sendiri Mobil Baru Hyundai Ini

14/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Untuk mengatasi rasa bosan selama PSBB, mobil baru Hyundai hasil rancangan Hyundai Eropa bisa dirakit bersama keluarga dengan bahan-bahan yang mudah di dapat.

Lihat juga

Peugeot Produksi Masker Bedah untuk Melawan Covid-19

04/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mewabahnya Covid-19 di dunia membuat Groupe PSA produksi masker bedah untuk melawan Covid-19. Ditargetkan sebanyak 10 juta masker per bulan bisa diproduksi.

Lihat juga

Biasa Bikin Mobil Super, Lamborghini Banting Setir Produksi Masker

02/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Lamborghini yang dikenal sebagai produsen mobil super dengan harga selangit kini banting setir memproduksi masker untuk membantu memerangi virus corona.

Lihat juga

Bantu Penanganan Covid-19, Ferrari Buat APD Dari Masker Selam

20/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Italia jadi salah satu yang paling terdampak penyebaran Virus Corona, Ferrari melibatkan diri dalam penyediaan Alat Perlindungan Diri (APD) dengan memproduksi ventilator dari masker selam.

Lihat juga
 
back to top