Museum Toyota Nagoya Destinasi Wajib Pecinta Otomotif di Jepang

17/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Museum Toyota Nagoya wajib dikunjungi oleh semua penggemar mobil saat berada di Jepang. Menyimpan hampir 150 mobil berikut di bawah ini 5 diantaranya.

Bagi Anda pencinta otomotif yang berencana pergi ke Jepang setelah pandemi global Covid-19 berakhir ada baiknya menyempatkan diri datang ke Nagoya. Kota terbesar keempat di Jepang tersebut memiliki museum resmi Toyota terbesar di Jepang.

>>> Mobil Listrik Toyota Akan Meluncur April di Shanghai Motor Show 2021

Museum Toyota Nagoya yang dibangun pada tahun 1989 silam itu pamerkan berbagai mobil berkelas bukan hanya Toyota saja, tapi juga dari produsen mobil global. Mobil yang dipamerkan dirawat dan dipelihara dengan tujuan memperkenalkan sejarah dan budaya mobil dunia kepada semua orang.

Museum Toyota Nagoya memiliki tiga lantai. Pertama untuk pembelian tiket, lantai kedua menyimpan mobil-mobil produksi Mercedes-Benz hingga Ford klasik hingga mobil produksi Jepang di era 1950-an. Lanjut di lantai 3 terdapat berbagai jenis mobil yang dibuat dari tahun 1960-an hingga sekarang. Berikut di bawah ini beberapa daftar mobil yang tersimpan di Museum Toyota Nagoya tersebut.

1. Toyoda Model AA (1936)

Gambar menunjukan Mobil Toyota pertama

Tampilan Toyoda Model AA

A1 merupakan mobil prototipe penumpang pertama yang dibuat oleh perusahaan yang nantinya menjadi Toyota. Mobil ini didesain ulang dan menjadi mobil produksi pertama Toyota, AA sedan dan AB cabriolet. 

Toyoda Model AA desainnya terinspirasi dari mobil Amerika pada masa itu dan memiliki kemiripan yang mencolok dengan gaya aerodinamis DeSoto Airflow. Selain itu AA juga dikembangkan di bawah kepemimpinan pendiri perusahaan Kiichiro Toyoda.

2. Toyota FJ25L (1955)

Gambar menunjukan Mobil tOYOTA

Tampilan Toyota FJ25L

Model ini merupakan Toyota bergaya Jeep pertama yang diproduksi sebagai prototipe pada tahun 1951 sebagai kendaraan utilitas militer. SUV FJ25L generasi kedua ini dibuat dari tahun 1955, dikembangkan untuk penggunaan sipil.

Mobil pertama yang diberi nama ' Land Cruiser ', terbukti menjadi salah satu kendaraan medan kasar terbaik yang pernah dibuat dan diekspor dalam jumlah besar.

3. Toyota Corolla (1966)

Gambar menuhnjukan Mobil Toyota

Tampilan Corolla 1966

Setelah kurang sukses dengan model Publica, Toyota kembali masuki segmen seda dengan  Corolla 1966. Sedan ini menambahkan kemewahan dan perlengkapan ekstra baik dalam gaya dengan grill chrome, dan pada interior instrumen kembar dial dan menambah kenyamanan. Kinerja juga ditingkatkan dibandingkan Publica.

Hingga kini lebih dari 44 juta Corolla telah terjual di seluruh dunia. Model tersebut kini menjadi papan nama produksi terbesar yang pernah ada.

>>> Modifikasi Toyota Supra Pakai Widebody Varis Pesanan Khusus

4. Toyota 2000GT (1966)

Gamabr menunjukan Mobil Toyota

Tampilan Toyota 2000GT 

Toyota 2000GT merupakan salah satu mobil sport terindah sepanjang masa yang memulai debutnya pertama kali di Tokyo Motor Show pada tahun 1965.

Coupe ini dibekali dengan mesin enam silinder DOHC 1988 cc dan ditawarkan dengan harga dua kali lipat dari banderol Toyota Crown yang kala itu dikenal dengan kemewahannya. Kemudian sepak terjang Toyota 2000GT semakin tinggi setelah hadir dalam film James Bond 'You Only Live Twice'. 

Selain memiliki desain yang indah, tidak semua orang bisa memiliki Toyota 2000GT karena populasinya hanya terbatas 337 unit di dunia.Kemudian coupe ini juga disepakati secara luas sebagai mobil sport dua pintu sejati pertama asal Jepang.

5. Toyota Mirai (2014)

Gambar menunjukan Tpyota Mirai

Tampilan Toyota Mirai

Toyota Mirai dikenal sebagai mobil sel bahan bakar hidrogen yang diproduksi secara massal pertama di dunia. Sedan bertenaga hidrogen ini diluncurkan pertama kali di Los Angeles Auto Show pada tahun 2014.  Kala itu dalam peluncurannya Mirai mendapat sambutan positif karena menerapkan mesin pembakaran terbarukan.

Mobil yang didasarkan pada konsep FCV-R yang diluncurkan pada tahun 2011 silam ini memiliki  jangkauan lebih dari 650 km. Mirai jadi alternatif mobil dengan energi terbarukan selain mobil listrik.

>>> Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top