Murah dan Berkualitas, Kenapa Penjualan Mobkas Korea Sepi?

12/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Murah dan Berkualitas, Kenapa Penjualan Mobkas Korea Sepi?
Bagi konsumen yang ingin membeli mobil bekas, ada banyak opsi yang ditawarkan. Tapi jika ingin membeli mobil bekas yang berkualitas lagi murah, mobil bekas Korea sepertinya bisa dipertimbangkan.

Beragam showroom mobil bekas banyak menawarkan pilihan merek. Mulai dari merek Jepang, sedan mewah, hingga mobkas Korea seperti Hyundai dan Kia. Meskipun masih sering dicari, menjual mobkas Korea memiliki kesulitan tersendiri. Begitu yang disampaikan oleh Teddy, pedagang mobil bekas Chelsea Mobil yang bertempat di Bintaro.

"Masih ada kok mobil Korea bekas pakai, karena biasanya harga lebih terjangkau untuk pedagang membelinya, lebih murah. Tetapi, memang menjualnya butuh kesabaran," katanya kepada media ketika ditemui beberapa hari lalu.

Gambar yang menunjukan mobil bekas dari Hyundai berwarna abu-abu

Mobil bekas Korea masih terseok-seok meskipun harga yang ditawarkan cukup rendah

Bagi penggemar mobil Korea, pelanggan yang mengetahui tipe mobil yang diinginkan bersama spesifikasinya hanya tinggal mengecek kondisi mobil yang ditawarkan. Memang, kondisi mobil menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli mobil bekas.

>>> Tertarik dengan mobkas Hyundai? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Konsumen yang menyasar produksi Hyundai dan Kia seperti sudah mengerti bahwa harga yang ditawarkan oleh penjual akan lebih ‘bersahabat’ dibandingkan merek Jepang. "Pembelinya masih ada kok, karena konsumen kan biasanya cari kendaraan yang murah, desain dan fitur di dalamnya bagus. Nah, mobil Korea ini bisa jadi pilihan," ujarnya.

Permintaan mobil bekas di daerah perkotaan masih tinggi. Banyaknya diler yang masih mempertahankan menjual mobil Korea membuktikannya. Namun, ada kendala tersendiri ketika menjual mobil bekas Korea.

>>> Dua mobil baru Hyundai akan hadir di GIIAS 2018

Gambar yang menunjukan mobil bekas Kia Picanto berwarna kuning

Kia Picanto masih menjadi sering dicari pecinta mobkas Indonesia

"Cuma kalau bicara rasio penjualan, untuk menjual mobil Korea butuh kesabaran. Kalau misalnya jual mobil Jepang bisa tujuh, nah mobil Korea paling cuma dua atau tiga. Untuk yang menawarkan barangnya sih ada saja, tapi enggak sebanyak mobil Jepang," terang Teddy.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil

Hal senada juga disampaikan oleh Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia. Ditemui di Crowne Plaza beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan, "Kalau mobil bekas asal Korea Selatan, lumayan banyak yang cari. Contohnya itu merek KIA, masih ada permintaannya,"

Gambar yang menunjukan mobil bekas Toyota Avanza Veloz berwarna merah hati

Mobil bekas pabrikan Jepang, seperti Toyota, masih menguasai pasar mobkas Indonesia

Kendala dalam menjual mobil Korea juga muncul karena peminat merek mobil Eropa sudah mulai bertambah hingga keperkasaan merek Jepang di industri mobil bekas Indonesia. "Mercedes-Benz juga lumayan banyak yang cari.  BMW juga lumayan. Tapi, tetap mobil merek Jepang yang mendominasi sampai saat ini, mau baru dan juga bekasnya," tutup Andreas.

>>> Berita paling lengkap seputar dunia otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top