Mungkinkah Toyota Yaris Cross Diboyong ke Indonesia?

07/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota baru-baru ini meluncurkan Yaris versi crossover. Mobil akan meluncur di Jepang pada akhir tahun ini. Adakah kemungkinkan Toyota Yaris Cross dibawa ke RI?

Toyota pada akhir April lalu baru saja mengenalkan Yaris versi crossover yang disapa Yaris Cross. Yaris Cross merupakan crossover yang dibangun dengan mengusung platform TNGA-B. Toyota memposisikan Yaris Cross di bawah C-HR. 

Toyota Yaris Cross akan meluncur di Jepang lebih dulu tahun ini, baru menyusul ke Benua Biru pada pertengahan 2021. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Akankah Yaris berbasis crossover ini juga dijual di Tanah Air? 

Mungkinkah Diluncurkan di Indonesia?

>>> Sempat Tertunda, Toyota Akhirnya Pamerkan Sosok Yaris Cross

"Konsumen di ASEAN lebih suka dimensi ekstra. Maka itu dari awal Yaris sekarang berbeda dengan versi global dan versi 2020 juga memiliki dimensi kompak," ujar Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor, Dimas Aska kepada tim Cintamobil.com baru-baru ini. 

Yaris Cross dipamerkan ke publik

Pengenalan Yaris Cross sempat tertunda karena virus corona

Dengan begitu, kecil kemungkinan untuk memboyong Yaris Cross ke Indonesia. Sekadar informasi, Yaris Cross memiliki wheelbase berukuran 2.560mm. Namun, dengan overhang lebih panjang membuat Toyota Yaris Cross lebih panjang 240mm dari versi normal, yakni 4.180mm.

Varian Cross juga lebih lebar 20mm dan 80mm lebih panjang dari Yaris terbaru, walaupun secara dimensi masih lebih kompak dibandingkan C-HR. Sebagai sebuah crossover yang memiliki overfender, Toyota Yaris Cross juga bisa dipasangkan pelek sampai ukuran 18 inci.

Interior Yaris Cross

Wujud interior Yaris Cross

>>> Malaysia Dapatkan Jatah Toyota GR Yaris 100 Unit, Gimana Indonesia?

Dimensi besarnya membuat kursi belakang bisa dilipat 40:20:40. Yaris Cross juga didukung fitur electric tailgate juga dapat membuat proses memasukan dan mengeluarkan barang dari bagasi lebih mudah. 

Pakai Mesin Hybrid

Yaris Cross akan hadir dengan sistem penggerak All-wheel drive. Sistem tersebut akan dipasangkan dengan powertrain hybrid, di mana kinerja mesin 1.500cc 3-silinder dibantu sebuah motor listrik.

Tampak belakang Yaris Cross

Mobil akan diluncurkan di Jepang terlebih dahulu

>>> Simak berita paling update seputar mobil baru di sini

Mesin 1.500cc milik Yaris Cross dapat bekerja tanpa motor listrik dengan mode front-wheel-drive. Namun, saat jalanan yang dilewati punya grip yang jelek, sistem AWD akan aktif dan membantu mobil berjalan dengan stabil di berbagai kondisi.

Total tenaga yang dihasilkan mesin hybrid ini setara dengan 116 daya kuda. Adanya mesin hybrid membuat emisi CO2 yang dihasilkan Yaris Cross dengan mode FWD kurang dari 120 g/km. Sementara ketika mode AWD aktif, emisinya di bawah 135 g/km. 

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top