Mungkinkah Toyota Produksi Hilux di Indonesia?

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mungkinkah Toyota Produksi Hilux di Indonesia?
Toyota Hilux diketahui mengusung platform yang sama dengan Kijang Innova dan juga Fortuner. Mungkinkah Hilux dirakit lokal seperti Innova dan juga Fortuner?

Tidak semua mobil yang dijual PT Toyota Astra Motor di Indonesia diproduksi dalam negeri. Dengan alasan perhitungan nilai ekonomi, ada beberapa model yang masih didatangkan dari luar negeri. 

Contohnya pickup truk Hilux yang baru-baru ini diluncurkan Toyota di Indonesia. Hilux diboyong TAM langsung dari Thailand.

Toyota Hilux

Toyota masih mendatangkan Hilux dari Thailand

>>> Ini yang Bikin Toyota Pede Penjualan Hilux 2020 Bisa Moncer

Belum Berencana Lokalkan Produksi Hilux

Padahal, Hilux mengusung platform yang sama dengan Innova dan juga Fortuner. Seperti diketahui, Innova dan Fortuner diproduksi di pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). 

"Sementara ini belum ada, di lokal masih Innova dan Fortuner tapi kita pelajari terus tapi bisa saja kalau marketnya meningkat kita usulkan ke prinsipal, tapi saat ini masih impor dari Thailand," ungkap Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Dibandingkan Indonesia, pasar otomotif Thailand memang menjanjikan bagi Toyota menjual Hilux. Volume penjualan Hilux di Tanah Air tak sebesar di Negeri Gajah Putih tersebut. 

Toyota Hilux di Thailand tidak khusus diperuntukan bagi para konsumen fleet. Banyak pula konsumen perorangan yang menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari. 

>>> Yuk Simak Sejarah Toyota Hilux

Segmen Berbeda

Itulah sebabnya fitur Toyota Hilux yang dijual di Indonesia berbeda dengan Thailand. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya di sana. 

"Beda dengan Thailand, majority pengguna Hilux untuk passenger bukan untuk usaha. Di Indonesia penggunaannya untuk bisnis, karena untuk bisnis nggak cuma power dibutuhkan tapi fuel efficiency, jadi kita mencari balance antara kenyamanan dan juga fitur," jelas Anton. 

Anton juga memberikan sedikit gambaran terkait penjualan Toyota Hilux di Thailand. Pickup truk itu disebut mirip mobil sejuta umat Toyota Avanza. Anton menyebut, di Thailand Hilux menjadi pickup sejuta umat. 

Toyota Hilux

Jadi pickup sejuta umat di Thailand

"Jadi kalau di sana tuh pick up sejuta umat lah ya bersaing dengan merek-merek lain karena mulai dari segmen paling bawah sampai yang premium memang menggunakan pick up ya," tutur Anton.

"Gaya-gaya US ya, itu memang menyediakan varian banyak sekali dari yang kosongan sampai yang Revo Rocco fiturnya cukup premium bersaing dengan Fortuner," lanjut Anton. 

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top