Mungkinkah GIIAS 2020 Dihelat Secara Virtual?

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penyelenggaraan IIMS 2020 resmi dibatalkan demi menghindari adanya kerumunan. Lalu bagaimana dengan GIIAS 2020 mungkinkah akan dihelat secara virtual?

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 di dunia sejak awal tahun ini menggagalkan dihelatnya berbagai pameran otomotif dunia. Kabar terbaru IIMS 2020 resmi dibatalkan, sebelumnya pameran otomotif Geneva International Motor Show 2020 bahkan harus dihelat secara online.

>>> Penjualan Mobil Lewat Online Bukan Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

Gambar menunjukan Pameran GIIAS

Pameran otomotif tahunan GIIAS 2020 akan dihelat Oktober mendatang

Penyelenggaraan pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Jakarta dan Surabaya dijadwalkan akan tetap dihelat meski mundur dari jadwal sebelumnya. Dihelatnya GIIAS itu berdasarkan asumsi pandemi Covid-19 akan mereda di bulan Juli. Jika pandemi tersebut tidak kunjung mereda mungknkah GIIAS 2020 dihelat secar virtual?

“Secara normal GIIAS melayani sekitar 472.000 pengunjung, kemungkinan orang-orang di Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Papua ingin juga merasakan pengalaman berada di GIIAS. Kalau secara virtual dengan tujuan memberikan pengalaman yang sama bagi masyarakat di seluruh Indonesia mungkin saja, tapi dari segi transaksi dan penjualan belum bisa. Mengubah GIIAS 2020 sepenuhnya menjadi virtual saya rasa belum bisa.” kata Agus Riyadi, Project Director Seven Events, selaku pihak penyelenggara GIIAS 2020.

>>> IIMS 2020 Batal!

Gambar menunjukan Pembelian mobil secara online

Keputusan membeli mobil masih jadi keputusan bersama mayoritas masyarakat Indonesia

Agus menambahkan untuk saat ini yang baru bisa dilakukan secara online baru sekedar transaksi. Pengalaman membeli mobil secara online menurutnya tidak bisa dilakukan untuk mayoritas konsumen di Indonesia. 

“Mobil itukan hargaya mahal ya, buat mayoritas konsumen di Indonesia keputusan membeli sebuah mobil masih jadi keputusan bersama bukan keputusan satu orang kecuali dia masih single. Biasanya hari pertama pelanggan coba sendiri, hari kedua ajak keluarga, kalau sudah ok baru ada proses transaksi. Mungkin yang bisa di online-kan sejauh ini baru pembayarannya saja.” sambungnya.

>>> Daihatsu Masih Ogah Luncurkan Mobil Baru, Mentok di Ayla dan Sirion

Sementara itu Rizwan Alamsjah, selaku ketua III GAIKINDO mengungkapkan untuk target GIIAS di tahun ini diharapkan bisa menyamai target di tahun lalu. Bagaimanapun kondisinya saat ini, GIIAS bisa menjadi ajang kegiatan yang dapat menumbuhkan penjualan.

“Target kemarin di tahun 2019 berada di angka Rp 7 triliun dengan total penjualan 23.000 unit. Kami berpikir waktu sebelum pandemi target di tahun ini akan berada berkisar seperti tahun lalu, tetapi dengan adanya pandemi ini saya rasa secara logika mungkin tidak akan sampai. Tetapi tentu saja harapan para peserta karena GIIAS dianggap menjadi suatu ajang kegiatan yang bisa menumbuhkan penjualan, tidak menutup kemungkinan akan banyak program bagus yang dapat menghasilkan penjualan yang baik. Tetapi balik lagi tergantung dengan situasi kondisi yang ada, paling maksimum kalau memang sukses mendekati target tahun lalu.” tutup Rizwan.

>>> Klik sini untuk simak tips dan trik perawatan yang berguna

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top