Mulai Oktober 2019, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Naik

29/08/2019

Pasar mobil
Share this post:
Mulai Oktober 2019, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Naik
Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk wilayah DKI Jakarta akan mengalami kenaikan mulai Oktober 2019. Jika sebelumnya BBN hanya 10 persen, maka nantinya akan menjadi 12,5 persen.

Para pemilik kendaraan bermotor khususnya di wilayah DKI Jakarta siap-siap untuk menikmati kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Tarif BBNKB naik 2,5 persen dari sebelumnya 10 persen menjadi 12,5 persen dan mulai berlaku Oktober 2019.

>>> Perluasan Ganjil Genap Resmi Diumumkan, Ini Rute Barunya

Keputusan ini menyusul disetujuinya revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9/2019 tentang BBNKB. Revisi Perda ini diputuskan pada Sidang Paripurna Laporan Hasil Pembahasan Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta terhadap Raperda Perubahan APBD 2019.

Sereida Tambunan, Anggota DPRD DKI Jakarta menyatakan, perubahan nilai Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ini merupakan hasil kesepakatan Rapat Kerja Terbatas Asosiasi Bapenda se-Jawa-Bali. "Dengan mempertimbangkan BBNKB di wilayah sekitar DKI Jakarta maka sudah diputuskan BBNKB untuk Jakarta naik agar ada keseimbangan tarif antar wilayah," kata dia.

Berlaku Oktober 2019

STNK mobil

BBN baru mulai berlaku Oktober 2019

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Sementara itu Faisal Syafruddin, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menjelaskan jika revisi Perda ini nantinya akan segera menjadi Perda baru yang resmi. Dan setelah resmi jadi Undang-Undang baru, maka akan mulai efektif. "Mulai efektif Oktober, yaitu sebulan setelah resmi diundangkan," kata dia.

Ia menyebut, setiap bulan ada sekitar 600.000 unit kendaraan bermotor yang menerbitkan STNK di DKI Jakarta. Jumlah ini pastinya akan menyumbang pendapatan daerah di Ibukota menjadi sekitar Rp100 miliar jika BBNKB naik menjadi 12,5 persen.

Bisa Bayar Online

Samsat Online

Nantinya bisa bayar online

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Demi memudahkan pembayaran BBNKB bagi seluruh warga DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan rencananya akan memfasilitasi layanan pembayaran BBNKB online. Cara ini ditempuh selain mempermudah pembayaran, juga akan melihat track record pembayaran dari para pengguna kendaraan secara tersusun dan lebih rapih.

Oleh karena itu, setelah keputusan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor naik ini telah menjadi Undang-undang, jika nantinya masih ada pengguna kendaraan di DKI Jakarta yang belum membayar BBNKB, maka akan ditindak tegas. "Tentunya nanti akan ada sanksi administrasinya," ucap Anies.

>>> Berita otomotif lainnya cek disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Perluas ETLE, Ini Dia Lokasi 81 Kamera CCTV Tambahan yang akan Dipasang September-Oktober

08/07/2019

Pasar mobil

2 menit

Setelah menempatkan 12 kamera CCTV yang akan mendeteksi pelanggaran pengemudi di jalan, Polda Metro Jaya mengungkapkan akan memasang 81 kamera CCTV tambahan pada September dan Oktober mendatang.

Lihat juga

Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor, Gaikindo Siap Dukung

04/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Wacana pembatasan usia kendaraan bermotor digulirkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Bagaimana tanggapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang notabene asosiasi mitra pemerintah?

Lihat juga

Inilah Jadwal Penerapan One-Way Tol Arus Balik Lebaran 2019

06/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Arus balik Lebaran 2019 akan tiba dalam beberapa hari ke depan. Kebijakan One-Way Tol atau Tol Satu Arah akan kembali diberlakukan sehingga potensi kemacetan dapat dihindari. Maka dari itu, cukup penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal One-Way Tol arus balik Lebaran 2019 yang akan disampaikan berikut ini.

Lihat juga

Review KIA Travello 2006: Paket Lengkap Untuk Pebisnis Travel dan Sewa Mobil

19/03/2019

Editor rate:

Sesuai namanya, Travello memang dirancang oleh pabrikan KIA untuk menjadi kendaraan Travel. Ketimbang kakaknya yakni Pregio, KIA Travello terbilang lebih lega jika dilihat dari segi dimensi. Bahkan, kapasitas tampung kursinya terbilang besar di angka 12 orang, berbeda dengan Pregio yang hanya 8 orang saja. Ingin membeli mobil ini? Ada baiknya untuk menyimak review KIA Travello 2006 dari kami.

Lihat juga

Harga Honda Jazz Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Honda

Siapa yang tak kenal dengan nama Honda Jazz? Produk Hatchback andalan Honda ini, memiliki desain eksterior sporty yang nyatanya banyak diminati para kalangan muda. Debut pertamanya di Indonesia dimulai pada tahun 2004 dan telah meraih generasi ketiganya hingga tahun 2014 silam. Berapa harga Honda Jazz terbaru?

Lihat juga