Mulai 31 Maret Gerbang Tol Sementara Exit Cileunyi Dioperasikan

31/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mulai 31 Maret Gerbang Tol Sementara Exit Cileunyi Dioperasikan
Dampak pembangunan interchange (IC) Cileunyi Jasa Marga mengoperasikan gerbang tol sementara exit Cileunyi agar tetap memberikan pelayanan kepada pengendara.

Pengelola jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) mengumumkan pengoperasian Gerbang Tol (GT) sementara exit Cileunyi. Hal ini dilakukan karena GT Cileunyi Satelit akan dibongkar untuk penyelesaian pembangunan interchange (IC) Cileunyi, IC yang akan mengintegrasikan jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dengan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Mulai 31 Maret 2021

Pengoperasian ini penting agar pengendara tetap bisa mengakses jalan tol dan memastikan terpenuhinya kapasitas transaksi di GT Cileunyi. Dalam unggahannya di IG @jasamargametropolitan, JMT menyampaikan bahwa operasional GT sementara exit Cileunyi dimulai 31 Maret 2021 pukul 00.00 WIB. Adapun batas waktu pemberlakuannya belum bisa dipastikan, menunggu sampai GT baru selesai dibangun.

“Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit sehingga harus dilakukan pembongkaran dan sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh  PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu. Guna memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol tetap maksimal maka kami mengoperasikan gerbang tol sementara ini,” kata General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto, seperti ditulis IG @jasamargametropolitan.

>>> Kenali Fungsi Gardu Tol Dibuat Serong

Foto menunjukkan salah satu progres Pembangunan IC Cileunyi

IC Cileunyi bakal mengintegrasikan Tol Padaleunyi dan Tol Cisumdawu

Lebih lanjut Thomas memaparkan, meski statusnya sementara, sebagai GT ‘darurat’ exit Cileunyi tetap berfungsi sebagaimana gerbang tol utama. Ada 3 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan 3 GTO Multi yang bisa dimaksimalkan. Sedangkan 6 Gardu Oblique Approach Booth (OAB) atau gardu serong pada GT sementara menunggu selesai dibangun.

“Walaupun gerbang tol ini hanya bersifat sementara, namun kami tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol dengan memastikan keberfungsian peralatan tol secara maksimal dan kelengkapan rambu-rambu pendukung.” kata Thomas.

Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu memiliki panjang sekitar 62 Km, membentang dari Tol Cipali di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka Jawa Barat hingga Tol Purbaleunyi di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Tol ini bakal memudahkan akses Kota Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat dengan bandara internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka. Pemerintah optimis akhir 2021 jalan tol bakal selesai.

"Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik pada saat setelah Desember 2021," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin (29/3/2021).

>>> Rest Area KM 88B Tol Purbaleunyi Punya Spot Wisata Foto 3D

Foto menunjukkan Terowongan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu menghubungkan To Cipali dan Tol Purbaleunyi

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top