Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum lama ini meneken aturan yang mewajibkan mobil pribadi dan juga motor di Ibu Kota melakukan uji emisi mandiri.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mewajibkan kendaraan bermotor di Ibu Kota untuk melakukan uji emisi secara mandiri. Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. 

Sebelumnya uji emisi diwajibkan bagi kendaraan umum. Namun disebutkan dalam pasal 2, sasaran uji emisi gas buang kendaraan bermotor meliputi Mobil Penumpang Perseorangan dan juga Sepeda Motor yang beroperasi di wilayah provinsi DKI Jakarta. 

Uji Emisi mobil pribadi

Mulai 2021 Uji Emisi pada Mobil pribadi wajib dilakukan

>>> Cek Emisi Kendaraan di Bengkel Mobil Terdekat bersama Aplikasi E-Uji Emisi

Uji Emisi untuk Kendaraan Berumur Lebih 3 Tahun

Kembali dijelaskan dalam pasal 2 ayat (2), mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor yang wajib uji emisi bila usia kendaraan lebih dari tiga tahun. 

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang dan memenuhi Ambang Batas Emisi," bunyi pasal 3 ayat 1 Pergub tersebut. 

Uji emisi mobil pribadi ini setidaknya dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun yang dilaksanakan di Tempat Uji Emisi dan dilakukan oleh Teknisi Uji Emisi. 

Pelaksanaan uji emisi ini juga menjadi tanggung jawab si pemilik kendaraan lantaran biayanya harus ditanggung sendiri. 

"Biaya uji emisi gas buang dibebankan kepada pemilik Mobil Penumpang Perseorangan dan sepeda motor," sebut pasal 3 ayat 4. 

Ada tiga tempat uji emisi yang direkomendasikan yakni Bengkel Uji Emisi, Kios Uji Emisi, dan Kendaraan Layanan Uji Emisi. 

>>> Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

Berlaku Mulai 2021

Tercantum dalam pasal 20, Peraturan ini mulai berlaku setelah enam bulan terhitung sejak tanggal diundangkan. Di situ tertulis, Pergub baru diundangkan pada 24 Juli 2020, artinya uji emisi mobil pribadi mulai wajib pada Januari 2021. 

Uji Emisi mobil pribadi

Aplikasi E-Uji Emisi bisa membantu mencari lokasi uji emisi di Ibu Kota

Nantinya kendaraan yang tidak pernah melakukan uji emisi tidak diperkenankan mengurus pajak kendaraan bermotor. 

Bagi Anda warga Jakarta yang mau melakukan uji emisi mobil pribadi bisa mencari lokasi tempat pengujian melalui aplikasi E-Uji Emisi. 

Aplikasi berbasis android E-Uji Emisi akan terintegrasi dengan basis data hasil uji kendaraan bermotor di Jakarta yang bisa dilakukan di bengkel mobil terdekat di daerah Anda. Dengan begitu, pemilik kendaraan serta petugas berwenang bisa memantau status emisi kendaraan secara digital.

>>> Tips dan trik lainnya ada di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Mobility Berhasil Pecahkan Rekor MURI Uji Emisi 1000 Mobil

17/12/2019

Event - Promosi

5 menit

Rekor MURI Uji Emisi 1000 Mobil berhasil dicetak oleh para member dari komunitas Mobility. Kegiatan ini berlangsung disela Jambore Nasional Mobility keempat.

Lihat juga

Jamnas ke-4 Mobility Bakal Pecahkan Rekor MURI Uji Emisi 1000 Mobilio

12/12/2019

Event - Promosi

5 menit

Jamnas ke-4 Mobility akan berlangsung akhir pekan ini di kawasan Cimanggis Depok. Diperkirakan ribuan unit Honda Mobilio akan hadir untuk mencetak rekor MURI.

Lihat juga

Peduli Kualitas Udara Bali, Auto2000 Adakan Uji Emisi Kendaraan Gratis

11/01/2019

Event - Promosi

Bersama Pertamina, diler Auto2000 di kawasan Bali memberikan uji emisi gratis kepada konsumen Toyota di kota Bali

Lihat juga

Auto2000 Siap Mencanangkan Program Standar Uji Emisi Euro4

30/08/2018

Pasar mobil

Mulai bulan September 2018 nanti seluruh model mobil yang dijual di Indonesia sudah harus lulus standar uji emisi Euro4 yang mengacu pada standar gas buang kendaraan bermotor di Eropa.

Lihat juga

Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Rutin melakukan uji emisi kendaraan merupakan bentuk perawatan kendaraan tersebut. Karena dengan uji emisi, maka dpaat dilihat kondisi mesin dari kendaraan itu.

Lihat juga