Mudik Nataru, One Way Diberlakukan Dari Cikampek hingga Kalikangkung

21/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mudik Nataru, One Way Diberlakukan Dari Cikampek hingga Kalikangkung
Mengantisipasi kemacetan saat mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru), pemerintah berlakukan skema one way dari GT Cikampek hingga GT Kalikangkung, Jawa Tengah.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korlantas Polri dan Jasa Marga secara resmi memberlakukan sistem lalu lintas satu arah atau One Way di jalan Tol Trans Jawa mulai Sabtu, (21/12/2019) pukul 06.00 WIB-18.00 WIB. Cara ini bertujuan mengantisipasi timbulnya kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang melintas di musim mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Foto kondisi lalu lintas di jalan tol Trans Jawa saat penerapan sistem One Way

Tol Trans Jawa jadi tumpuan pengendara dari ibu kota menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur

One way terpanjang

One way dimulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) di Km 70 hingga Gerbang Tol Kalikangkung Jawa Tengah Km 414 km. Ini menjadi one way terpanjang yang pernah diterapkan di Indonesia, sama seperti saat mudik lebaran awal Juni 2019 lalu.

Menurut keterangan resmi dari Kemenhub one way terpanjang ini diterapkan dikarenakan adanya peningkatan arus lalu lintas dari ibu kota ke arah timur yang diprediksi mencapai 49 persen dibanding hari biasa.

"Dari Kakorlantas disampikan bahwa prediksi peningkatan pemudik atau pengguna jalan sebesar 6 persen, dibandingkan periode libur Natal tahun lalu, atau meningkat 49 persen bila dibandingkan dengan hari biasa," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, di Jakarta, Jum'at (20/12/2019).

Sementara itu, Jasa Marga melalui unggahan di akun Instagram @official.jasamarga menghimbau kepada pengendara yang berasal dari Semarang atau Batang, Jawa Tengah yang ingin menuju Pemalang, Cirebon, atau Jakarta untuk menggunakan jalur Pantura dikarenakan akses masuk ke Tol Trans Jawa ditutup.

>>> Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

Pengumuman sistem One Way di Tol Trans Jawa

Skema lalu lintas satu arah diberlakukan di Tol Trans Jawa

Tol Jakarta Cikampek II Elevated

Khusus pengendara dari ibu kota yang ingin menempuh jarak jauh ke Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bisa melalui tol layang baru Tol Jakarta Cikampek II Elevated. Namun disarankan agar mempersiapkan diri dari sejak keberangkatan mengingat Tol Jakarta Cikampek II Elevated yang panjangnya hampir 40 Km adalah jalur non stop. Tidak ada gerbang keluar di tengah-tengah maupun rest area tempat beristirahat dan SPBU.

Jadi, pastikan kendaraan dalam keadaan sehat serta bahan bakar mencukupi. Dihimbau juga pengendara untuk mematuhi rambu-rambu dan batas kecepatan maksimal 80 Km untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan kendali dan kecelakaan. Pengalaman dari para pengendara yang sudah mencoba, kondisi aspal Tol Jakarta Cikampek II Elevated belum sepenuhnya nyaman untuk dilalui dikarenakan sambungan yang belum rata.

>>> Ingat Guys, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Khusus Jarak Jauh Non Stop

>>> Dapatkan berbagai berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bumpy, Hati-Hati Melintas di Jalan Tol Layang Japek Elevated II

17/12/2019

Pengemudian

5 menit

Jalan Tol Layang Japek Elevated II dikeluhkan tidak nyaman. Alasannya jalan yang terasa bumpy saat melintas di beberapa titik. Berikut saran dari pihak JDDC.

Lihat juga

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan

18/12/2019

Pengemudian

3 menit

Perjalanan ke arah timur jawa kian menyenangkan berkat adanya jalan tol layang Jakarta Cikampek II ini. Sebelum melewatinya, ini yang harus Anda siapkan.

Lihat juga

Pilihan Mobil Baru Buat Liburan Akhir Tahun, Rp260 Jutaan Dapat Wuling Almaz

23/12/2019

Jual beli

5 menit

Pilihan mobil baru buat liburan akhir tahun kali ini yang kami rekomendasikan adalah Wuling Almaz. Sebuah SUV keluarga bertabur fitur dengan harga yang sangat value for money.

Lihat juga

Selama Liburan, 76 Bengkel Resmi DFSK Tetap Buka Seperti Biasa

21/12/2019

Event - Promosi

5 menit

PT Sokonindo Automobile memastikan seluruh jaringan bengkel resmi DFSK akan tetap buka seperti biasa. Bahkan ada jaminan ketersediaan suku cadang buat konsumen.

Lihat juga
 
back to top