Mudik Lebaran 2018: Inilah Mobil Paling Banyak Disewa Tahun Ini

22/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Mudik Lebaran 2018: Inilah Mobil Paling Banyak Disewa Tahun Ini
Masyarakat Indonesia biasanya menikmati libur lebaran yang lumayan panjang dengan mengunjungi keluarga di kampung halaman. Dan budaya ini mempengaruhi peningkatan penyewaan mobil di Indonesia mendekati libur panjang lebaran. Mobil MPV, seperti Avanza dan Innova

Budaya mudik yang dilakukan oleh kebanyakan penduduk Indonesia berpengaruh secara signifikan pada meningkatnya pengguna layanan penyewaan mobil yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pengendaraan bersama keluarga dan barang bawaan yang banyak, Innova berkembang menjadi primadona di penyewaan mobil.

Tren mobil yang disewakan, meskipun tidak berubah, mengalami pergeseran idola baru. Mobil sejuta umat yang lebih dulu terkenal seantero penyedia layanan penyewaan mobil, Toyota Avanza, harus memberikan tahta kepada Toyota Innova sebagai mobil yang paling banyak disewa.

Gambar yang menunjukan mobil baru Toyota Avanza berwarna putih yang sedang melaju di jalanan

Lapangnya ruang Innova menjadikannya MPV ini primadona baru untuk mudik

Chief Operating Officer TRAC, Agus Riyadi menjelaskan pergeseran pasar sewa mobil tahun ini. Konsumen lebih memilih untuk menyewa Innova dibandingkan Avanza. Kepada wartawan, Agus menjelaskan, "Yang pasti Innova, mayoritas presentase terbesar Innova."

>>> Ulasan teman mudik kali ini, All New Toyota Innova

Sama-sama berada di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), faktor utama dari pilihan konsumen terhadap Innova adalah karena kapasitas muatan yang lebih besar dibandingkan Avanza. Untuk mudik bersama keluarga, kapasitas bagasi yang luas memang diperlukan. Meskipun sama-sama berada di keluarga MPV, Avanza yang berada di kelas Mini MPV memiliki ruang belakang yang lebih kecil dibandingkan Innova di kelas Compact MPV.

Ketangguhan mesin juga menjadi salah satu faktor yang membuat konsumen lebih memilih Innova ketimbang Avanza. Mesin 2.0 L 1TR-FE I4 bensin dan 2.4L 2GD-FTV I4-T diesel yang mampu menghasilkan daya sebesar 139 PS dan 149 PS tentu lebih tangguh untuk dibawa perjalanan jauh mendaki perbukitan di sebagian besar wilayah Indonesia. Bandingkan dengan tenaga 60 PS dan 104 PS dari mesin 1NR-FE dan 2NR-FE yang dimiliki Avanza.

>>> Berita pasar mobil terbaru ada disini

Gambar yang menunjukan iring-iringan Toyota Avanza di jalanan

Untuk mudik, Avanza tidak terlalu dicari lagi

Perkiraan data terbaru untuk pasar sewa mobil mengungkapkan bahwa Toyota Innova mengumpulkan presentase 80% dari penyewaan oleh konsumen. "Kalau data saya tidak hafal, tapi bisa 70-80 persen. Karena itu tadi muatnya lebih banyak. Selain Innova, ya Avanza, Xenia, itu favorit. Tapi favoritnya atau hari ini bicaranya Innova," tutup Agus.

>>> Berita otomotif dari seluruh dunia ada disini

Share this post:
 
back to top