Mudik Jakarta - Padang Dengan Bus: Berasa Mudik yang Benar-Benar Mudik Part 1

31/05/2019
Mudik Lebaran tahun ini, tim Cintamobil.com akan menelusuri perjalanan mudik Jakarta - Padang dengan bus. Dan rute yang kami tempuh sekitar 1.300 kilometer yang diprediksi akan memakan waktu 48 jam.

Tingginya harga tiket pesawat membuat tim Cintamobil.com mencoba perjalanan mudik Jakarta - Padang dengan bus. Untuk menghemat biaya serta merasakan pengalaman mudik yang berbeda. Jika ditotal, perbedaan tiket bus dengan pesawat bisa mencapai 1:3. Meskipun jarak yang sama namun perjalanannya diprediksi mencapai 2 hari 2 malam. Tentu saja tanpa menghitung kemacetan yang mungkin terjadi.

Gambar menunjukkan bus yang Cintamobil.com menggunakan untuk perjalanan Mudik Jakarta - Padang Dengan Bus

Mercedes Benz OH 1526L yang kami tumpangi

Menggunakan bus Mercedes-Benz OH 1526L yang sudah memiliki sertifikasi Euro 3, mesin OM906LA berkapasitas 6.374 cc 6 silinder mampu menghasilkan hingga tarikan 260 daya kuda pada putaran 2.200 rpm serta torsi maksimal 950 Nm untuk putaran 1.200 rpm hingga 1.600 rpm. Bagaimana rasanya mengendarai salah satu mobil andalan perusahaan otobus masa kini ini? Tunggu saja, ya.

>>> 5 Kelebihan Daihatsu Sigra yang Layak Dipertimbangan untuk Dipakai Mudik

Macet dari Merak

Baru H-7 Lebaran, namun sudah banyak kendaraan yang memadati tol Merak. Kemacetan juga terjadi dengan perjalanan mencapai 5 jam dari Jakarta Barat ke Pelabuhan Merak. Data tim ASDP mencatat 114.912 pemudik telah menyeberang dari Merak menuju Bakauheni. Termasuk kami. Menempuh dua jam lebih di atas kapal ditemani terik matahari.

Kapal Ferry dari Merak ke Bakauheni cukup mengasyikkan, namun Anda harus mencari tempat-tempat berlindung dari panasnya matahari bersama puluhan hingga ratusan penumpang lainnya. Jika tidak, Anda mungkin harus mengalah dan menikmati sun bathing di dek atas kapal. Bersyukurlah jika cuaca berawan. Jika tidak, Anda masih diterpa semilir angin laut dengan pemandangan mengesankan dari Selat Sunda.

Gambar menunjukkan pemandangan di kapal ferry dalam perjalanan Mudik Jakarta - Padang Dengan Bus dari team Cintamobil.com

Sudah banyak pengemudi kendaraan pribadi yang memadati kapal Ferry

Bagi Anda yang melalui jalan tol Lampung - Palembang kali ini, pemandangan alami pohon karet dan sawit terbentang di kedua belah sisi. Jangan dulu sibuk dengan gawai masing-masing. Karena kapan lagi memanjakan mata dengan pemandangan hijau nan membentang sejauh mata memandang. Cukuplah untuk menyembuhkan keseharian bersama gedung dan polusi dari siang hingga malam di Ibu Kota.

Melalui ratusan kilometer tol Lampung - Palembang yang memang baru saja dikebut penyelesaiannya, Anda sebaiknya bepergian pada siang hari. Belum terlihat lampu jalan untuk menemani Anda selama perjalanan malam. Sedangkan Pihak Dinas Perhubungan akan menutup jalan dan mengalihkan kendaraan keluar tol ketika sudah memasuki sore hari.

>>> H-6 Lebaran, Tol Jakarta-Cikampek Dipadati 24.618 Kendaraan

Selain itu, pastikan untuk mempersiapkan makanan dan minuman selama perjalanan. Atau setidaknya untuk berbuka di jalan. Pasalnya, berbeda dengan kondisi di sepanjang tol Trans Jawa, perjalanan melewati tol Lampung Palembang masih minim fasilitas Rest Area. Hanya ada beberapa rest area berlogokan BUMN terlihat di beberapa titik.

Gambar menunjukkan gerbang tol Bakauheni Selatan dalam perjalanan Mudik Jakarta - Padang Dengan Bus dari team Cintamobil.com

Beberapa ruas tol Lampung - Palembang belum memiliki lampu jalan

Perjalanan kami memasuki 17 jam untuk sampai ke daerah perbatasan Lampung - Palembang. Cukup lama untuk kondisi perjalanan yang lengang tanpa banyak kendaraan di jalan. Sebagian besar karena banyak pemberhentian yang harus dilakukan untuk berbagai kondisi, seperti berbuka, shalat, dan dan sekedar ke toilet. Dan bus kami masih tetap melaju di jalanan Lintas Timur yang masih sepi dengan lampu jalan.

>>> Klik sini untuk lanjut update berita yang berguna lainnya

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain