MRT Jakarta Fase 2 Kembali Berjalan di Tengah Pandemi Covid-19

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

MRT Jakarta Fase 2 Kembali Berjalan di Tengah Pandemi Covid-19
Meski sempat tertunda akibat pandemi MRT Jakarta Fase 2 menghubungkan HI menuju Stasiun Kota kembali berjalan. Saat ini JPO di Bank Indonesia tengah dibongkar.

Kota Jakarta pada kuartal awal kuartal keempat 2019 telah meresmikan moda transportasi baru yang dikenal sebagai Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal sebagai MRT Jakarta. Transportasi ini merupakan sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta listrik dengan dua jalur jalan, bawah tanah dan layang.

>>> Bukan Hanya TransJakarta, Naik Transportasi Umum Apapun Wajib Pakai Masker

Gambar menunjukan MRT Fase 1

Rute MRT tahap 1

MRT Jakarta Fase 1 Sudah Selesai

Pembangunan MRT di Jakarta sesungguhnya sudah dirintis sejak tahun 1985. Namun, saat itu proyek MRT belum dinyatakan sebagai proyek nasional. Pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia menegaskan bahwa proyek MRT di Jakarta merupakan proyek nasional. 

Berangkat dari kejelasan tersebut, maka Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bergerak dan saling berbagi tanggung jawab. Pencarian dana disambut oleh Pemerintah Jepang yang bersedia memberikan pinjaman.

Pembangunan rute MRT Fase I telah selesai menjadi awal sejarah pengembangan jaringan terpadu dari sistem MRT yang merupakan bagian dari sistem transportasi massal DKI Jakarta. Pada tahap 1 ini rute rute MRT Jakarta dari Depo Lebak Bulus menuju Senayan berjalan melalui jalur layang. Sedangkan dari Senayan menuju Bundaran HI melalui jalur bawah tanah. 

>>> Mau Beli Mobil Pakai Kredit BCA? Hitung Dulu Simulasi Pembayarannya

Gambar menunjukan MRT fase 2

MRT fase 2 telah dimulai sejak pertengahan Juni lalu

MRT Jakarta Fase 2 Tengah Dikerjakan

Sementara itu saat ini proyek MRT Fase 2 telah mulai dibangun. Pada fase 2 ini akan menghubungkan HI menuju Stasiun Kota. Adapun ruas jalan yang dibuat sejauh 5,8 km yang semuanya mengambil jalur bawah tanah. Proyek MRT fase kedua ini sempat tertunda akibat adanya pandemi covid-19. Sebelumnya tahap kedua ini direncanakan akan dibangun pada bulan Maret 2020 lalu namun baru terealisasi pada 15 Juni 2020.

Selama tiga bulan proyek tahap dua ini berjalan sudah memasuki tahap rekayasa lalu lintas, arkeologi, dan pencabutan pohon dan selain yang disebutkan tadi ada juga kegiatan pembongkaran JPO di Thamrin beserta pemindahan utilitas dan kabel-kabel. Lalu untuk pembongkaran JPO di Bank Indonesia ini sudah mulai dilakukan sejak 4 September lalu dan akan berlangsung hingga 20 September mendatang.

"Sehubungan dengan adanya pembangunan jalur MRT di Jakarta fase 2. Kami informasikan mulai 4 September 2020, JPO halte Bank Indonesia tidak dapat digunakan. Pelanggan Transjakarta dapat mengakses halte Bank Indonesia melalui pelican crossing yang telah disediakan." himbau PT MRT Jakarta.

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top