Polisi Segera Terapkan Perpanjang SIM Lewat Aplikasi HP

09/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Aplikasi SIM Online siap diluncurkan seiring penandatanganan MoU kerjasama antara Korlantas Polri, BNI, PT Pos Indonesia, LTS, dan Central Asesmen Indonesia.

Implementasi aplikasi SIM untuk perpanjangan semakin dekat. Korlantas Polri bersama dengan Bank BNI, PT Pos Indonesia, PT LTS dan PT Central Asesmen Indonesia secara resmi melakukan penandatanganan kerjasama, pada 7 April 2021.

“MoU ini untuk kemudahan pelayanan publik yang berbasis IT. Dan tentunya di masa pandemi ini sangat tepat untuk konsep pelayanan publik semacam ini ya. Memang kita dengar harapan dan keinginan masyarakat seperti itu Dan kita juga selalu meningkatkan Pelayanan publik ini betul betul semudah-mudahnya bagi masyarakat,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., sebagaimana dikutip dari NTMC Polri, (7/4/2021).

Mudahkan perpanjangan SIM

Menurut Kakorlantas, kehadiran aplikasi SIM Online bakal semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan perpanjangan SIM. Mereka punya pilihan baru selain datang langsung ke Satpas SIM, layanan SIM Keliling maupun gerai-gerai SIM di sejumlah tempat.

“Masyarakat yang mau datang langsung ke satpas ya silahkan, intinya terfasilitasi semuanya, karena masyarakat kan tidak semua paham tentang teknologi. Tetapi tetap kita layani, untuk perpanjangan SIM A dan SIM C,” jelas Kakorlantas.

>>> Hati-Hati, SIM yang Kadaluarsa Wajib Bikin Baru

Foto Kakorlantas Polri Irjen Istiono

Korlantas Polri membuat inovasi dalam pelayanan publik di bidang lalu lintas

Dukungan untuk kemudahan juga disampaikan Direktur PT Pos Indonesia, Faizal. Dengan fasilitas yang dimiliki pihaknya siap mengantar SIM cetak yang sudah jadi ke alamat pemilik di seluruh Indonesia.

“Kami memiliki sebanyak 4.800 kantor pos di seluruh kecamatan di Indonesia Sehingga di mana pun masyarakat akan memperpanjang SIM, kami bisa mengantarkan bahkan sampai ke pelosok desa. Dan kami siap mendukung seluruh program Polri,” kata Faizal.

Semenara itu Bank BNI bakal memberikan dukungan dalam hal pembayaran secara online. Tidak hanya untuk nasabah Bank BNI melainkan juga untuk nasabah bank lain, mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan BNI untuk pembayaran.

“Dengan outlet 2.200 yang tersebar, kemudian 18.000 mesin ATM, BNI siap melayani masyarakat dalam pelayanan ini. Dan ini bukan hanya nasabah-nasabah BNI saja, tetapi kita terbuka terhadap nasabah bank manapun bisa melakukan pembayaran secara online ini,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BNI, Sis Apik Wijayanto.

Diluncurkan 12 April

Peluncuran aplikasi SIM Online bernama SINAR (SIM Nasional Presisi) ini rencananya dilakukan di Jakarta, pada 12 April 2021 mendatang oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dan setelah itu akan berlaku di seluruh Indonesia.

>>> Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi Dimulai Bulan Ini

Foto simulasi registrasi Perpanjangan SIM online

Dengan aplikasi, perpanjangan SIM bisa dilakukan dimana saja kapan saja

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top