Motor Listrik Grab Bantu Pengiriman Barang Bebas dari Polusi

08/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Kolaborasi Grab dan Lazada ini melalui armada motor listrik diharapkan bisa membantu pengiriman barang konsumen jadi lebih ramah lingkungan.

Grab mengumumkan kolaborasinya bersama Lazada dengan mempromosikan pengiriman paket dengan lebih ramah lingkungan. Armada ini berasal dari GrabRental, model bisnis penjualannya GrabWheels, Grab akan menyewakan motor listrik dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek.  

>>> Kendaraan Listrik Akan Penuhi Jalan Indonesia di Tahun 2025

Gambar menunjukan Grab dan Lazada

Kolaborasi antara Grab dan Lazada

Kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada

Kolaborasi ini merupakan bagian dari Kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada, salah satu e-commerce terdepan di Asia yang memiliki jaringan logistik yang luas, melalui Lazada Logistics turut berkontribusi dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang berkelanjutan, salah satunya dengan meluncurkan armada motor listrik kolaborasi dengan GrabWheels dari bulan Februari 2021 dan akan diperbanyak berdasarkan kebutuhan di bulan selanjutnya. 

Dengan armada ini, Lazada akan dapat memperluas jangkauan logistiknya secara ramah lingkungan di Jabodetabek. Hal ini mencerminkan komitmen bersama Grab dan Lazada untuk menjangkau dan menyediakan solusi yang lebih ‘hijau’ bagi konsumen di Indonesia. 

Sebelumnya, Grab juga telah menjalin kerjasama dengan kendaraan motor berbasis listrik asal dalam negeri seperti Viar dan Selis serta brand internasional seperti Kymco dengan menghadirkan perkembangan teknologi kendaraan berbasis listrik untuk mendukung komitmen ini.

Gambar menunjukan Motor Listik

Motor  listrik dari armada GrabWheels

Motor Listrik GrabRental 

Dalam sebuah riset yang berjudul Studi Lazada tentang Percepatan Transformasi Digital Melalui e-Commerce, salah satu temuan utama adalah peran penting logistik dalam membangun ekosistem digital. Kolaborasi penggunaan motor listrik GrabRental ini adalah bagian dari komitmen last mile Lazada. 

Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100 km/jam dan membawa beban hingga 130 kg. Sebagai bagian dari kerjasama ini, armada pengiriman di Lazada Logistics akan mendapatkan rangkaian training menggunakan motor listrik GrabWheels sehingga mereka dapat melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu. 

Sejak tahun 2019, Grab secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah lokal untuk mengakselerasi transportasi ramah lingkungan dengan kampanye #LangkahHijau. Kolaborasi terbaru ini adalah wujud nyata komitmen berkepanjangan Grab untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. 

“Kami telah bekerja dengan pemerintah dan berbagai mitra lainnya pada sejumlah inisiatif lingkungan hidup, yang mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan motor berbasis listrik di Indonesia serta untuk membangun masa depan yang lebih 'hijau' bagi negara. E-commerce telah berkembang pesat selama setahun terakhir dan logistik adalah tulang punggung yang mendukungnya. Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kemitraan kami dengan Lazada untuk mengurangi jejak emisi karbon dalam pengiriman paket mereka, serta memperluas jangkauan logistik mereka," ungkap Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah di media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

 
back to top