Mopar Pamerkan Mesin ‘Hellephant’, Kandidat Mesin Mobil Tercepat Dunia

03/11/2018

Pasar mobil
Mopar Pamerkan Mesin ‘Hellephant’, Kandidat Mesin Mobil Tercepat Dunia
Mopar selaku organisasi Sparepart di bawah naungan Fiat Chrysler Automobiles (FCA), ikut bersaing dalam ajang adu teknologi otomotif dunia. Kehadirannya di acara Speciality Equipment Market Association (SEMA) 2018, berhasil memecahkan suasana dengan mesin unggulan yang disebut ‘Hellephant’. Seberapa cepatkah kemampuan mesin tersebut?

Sebelum acara SEMA 2018 berlangsung, memang pabrikan yang memiliki singkatan ‘Motor and Parts’ (Mopar), kerap kali memunculkan Teaser akan performa mesin terbarunya. Cara ini cukup cerdik untuk memainkan rasa penasaran dari para pecinta otomotif.

Video Teaser Mopar tentang mesin terbarunya yang dirilis di SEMA 2018

>>> Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Dibuat di Indonesia, Bakal Lebih Murah Donk?

Jika ditilik dari tahun 2016, Mopar selalu menjadi sorotan utama selama acara SEMA berlangsung. Di tahun tersebut, Mopar menciptakan program yang mereka sebut Hemi dengan mengusung mesin berkode 345 dan 392. Berselang satu tahun, Mopar juga meluncurkan mesin Hellcrate berkapasitas 6.2 Liter Supercharged yang mampu meraih daya maksimum 707 HP.

Mesin Mopar di tahun 2016 dan 2017 yang sama-sama diperkenalkan di acara SEMA

Mesin Mopar yang dirilis di tahun 2016 (kiri) dan tahun 2017 (kanan)

>>> Tak Mau Silau Elektrifikasi, 85% Produksi BMW Pakai Mesin Bensin Pada 2030

Di tahun 2018 pun demikian, Mopar menghidupkan kembali Crate Engine bersejarah yang dahulu banyak diaplikasikan pada mobil Off-Road tahun 1976. Memiliki 426 kaki kubik berlapis Aluminum Block dengan konfigurasi Supercharged, mesin generasi ketiganya ini mampu menyentuh angka hingga 1.000 HP dipadu torsi puncak 950 Lb.ft. Cukup mencengangkan, mesin seperti ini digunakan untuk sebuah mobil jalanan. Tak salah, apabila Mopar menamainya dengan sebutan Hellephant.

Mesin Hellephant besutan Mopar baru saja diperkenalkan di acara SEMA 2018

Sosok mesin Hellephant yang mampu meraih daya maksimum 1.000 HP

>>> Simak juga harga seluruh mobil Indonesia yang dijual dalam kondisi baru maupun bekas, yang dibanderol terjangkau

Di acara tersebut, mesin Hellephant diaplikasikan pada mobil Dodge Charger tahun 1968, bersamaan dengan ulang tahun ke-50 dari Dodge Charger. Perpaduan tersebut terasa makin pas dengan transmisi 6 tingkat percepatan manual dan 6 Piston rem Brembo. Bahkan, Mopar sendiri menyebut kombinasi ini dengan sebutan Super Charger Concept.

Dodge Charger 1968 menjadi Showcase mesin Hellephant seiring dengan ulang tahun Dodge Charger yang ke 50

Di acara SEMA 2018, mesin Hellephant diaplikasikan pada mobil Dodge Charger tahun 1968

Namun jangan salah, perpaduan tersebut hanya difokuskan pada performa mesinnya saja sebagaimana proses bisnis Mopar yang berfokus pada komponen mobil termasuk mesin. Steve Beahm selaku FCA Head of Parts & Services Mopar, juga menuturkan hal serupa, “Dodge Charger 1968 adalah salah satu mobil klasik populer, alasan itulah yang membuat kami untuk menggunakannya sebagai Showcase dari mesin Hellephant”. Dari kabar resminya, Mopar mulai menjual mesin Hellephant-nya kepada publik pada kuartal pertama tahun 2019.

>>> Simak informasi terupdate tentang otomotif hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top