Monster Ducati Panigale V4, Sejarah Baru Ducati

23/11/2018

Pasar mobil
Monster Ducati Panigale V4, Sejarah Baru Ducati
Sebagai pabrikan yang selalu hadir dengan motor bertenaga besar, Ducati memperkenalkan Ducati Panigale V4, monster yang dikembangkan untuk kesenangan berkendara.

Nama Ducati Panigale V4 sendiri diambil dari sebuah kota manufaktur kecil Borgo Panigale. Sedangkan Panigale V4 menggunakan mesin Desmosedici V4 baru. Kehadirannya menandai babak baru dan penting dalam sejarah Ducati. Pasalnya, Panigale V4 adalah motor Ducati produksi massal pertama yang dilengkapi dengan mesin 4 silinder yang berasal dari Desmosedici di MotoGP.

Gambar Ducati Paginale V4 berwarna merah dari depannya

Panigale V4 Red MY18

Menggabungkan teknologi, gaya, dan kinerja Ducati, perpindahan mesin 1.103 cc menghasilkan tenaga sebesar 214 daya kuda dengan rasio daya/berat tercacat 1,1 dk/kg. Motor ini menetapkan standar baru dalam segmen sepeda motor produksi supersport dan tersedia dengan dijual di seluruh dunia tahun depan dengan warna yang terinspirasi dari sepeda motor Ducati di MotoGP.

>>> Lamborghini Bergelora, Kenalkan One-Off SC18 dan Lamborghini Urus untuk Balapan

Pengembangan awal Panigale V4 sendiri dimulai dengan mesin balap MotoGP 2015. Ducati mengatakan Panigale V4 dirancang untuk menggabungkan fitur balap, namun juga menghibur dan menyenangkan untuk ditunggangi dengan mesin tahan lama. Hal ini menciptakan tantangan Ducati merancang mesin yang bisa menjaga poros mesin MotoGP dengan diameter bore besar tetapi memiliki interval layanan 24.000 km seperti sepeda motor konsumen.

Gambar Ducati Paginale V4 R berwarna merah dari sampingnya

Panigale V4 S MY18

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Intip di Cintamobil.com

Empat Varian dengan satu edisi spesial

Dibagi menjadi beberapa varian, mulai dari V4, V4 S, V4 R, ditambah Ducati Panigale V4 Speciale yang dibuat terbatas hanya 1.500 unit secara global. V4 S adalah versi yang berorientasi kinerja dari basis V4. Memiliki suspensi Öhlins yang bisa disesuaikan secara elektronik, mulai dari mode jalanan yang khas hingga kinerja motor sport yang kontemporer.

Sedangkan versi V4 R adalah homologasi khusus Kejuaraan Dunia Superbike, WSBK. Dibandingkan dengan mesin standar, motor ini menggunakan varian 998 cc untuk mematuhi aturan WSBK. Namun jangan salah, mesin ini diklaim mampu menghasilkan 217 daya kuda pada 15.250 rpm dan 112 Nm torsi pada 11.500 rpm.

Gambar Ducati Paginale V4 Speciale sangat modern dan canggih

Desain spesial Panigale V4 Speciale​

Yang terakhir yaitu edisi Panigale V4 Speciale yang sudah lebih dulu dipasarkan di India. Dengan mesin V4 yang sama, motor ini disetel untuk menghasilkan 229 daya kuda pada perputaran 13.750 rpm dan 133.6 Nm torsi puncak pada perputaran 11.000 rpm. Dikawinkan dengan girbok enam kecepatan dan dilengkapi fitur elektronik untuk kenyamanan berkendara.

Tetapi masih belum jelas apakah motor ini akan hadir di Indonesia. India menjadi salah satu negara dimana Ducati mulai memasarkan sepeda motor bertenaga monster ini. Sergi Canovas, Managing Director Ducati India menyatakan, "Panigale V4 yang baru adalah inti dari olahraga sepeda motor dalam bentuknya yang paling menggembirakan (untuk dikendarai) dan murni."

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top