Modus Test Drive, Motor Kawasaki ER-6N Malah Dibawa Kabur!

08/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ada banyak modus pencurian kendaraan di sekitar Anda, salah satunya adalah modus test drive pada kendaraan. Selalu waspada!

Saat berencana membeli kendaraan, baik mobil maupun motor tentu saja melakukan test drive wajib dilakukan. Hal ini berguna untuk calon pembeli mengetahui kondisi kendaraan saat itu juga.

Calon pembeli bisa mengetahui bagaiana kondisi kaki-kaki kendaraan hingga bunyi yang dikeluarkan. Itu dari sisi pembeli, bagaimana dari sisi penjual? Saat berencana menjual kendaraan, jangan asal memberikan test drive kepada calon pembeli. Hati-hati hatus dilakukan. Niat mau untung, malah jadi buntung. 

Modus Test Drive 

Kawasaki ER-6N Putih

Tampak samping Kawasaki ER-6N 

Hal ini dialami oleh Fahri, warga Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (5/5). Niat untuk menjual motor Kawasaki ER-6N putih harus kandas gara-gara modus pencurian sepeda motor berkedok tes drive. 

Dalam rekaman CCTV dan unggahan oleh akun Instagram @infodepok_id, pelaku yang menggunakan baju kotak-kotak dayang ke rumah Fahri sekitar pukul 15.30 WIB bersama satu orang lainnya menggunakan baju warna merah. 

Fahri mengira jika pria berbaju merah adalah teman pelaku, yang ternyata mengaku seorang driver aplikasi online dan yidak mengenal pelaku. 
Awalnya sang pemilik motor tidak mengizinkan untuk tes drive keluar rumah. Fahri hanya mengizinkan tes drive di perkarangan rumah saja. Namun, karena etrus dibujuk dan mengira ada temannya yang memakai baju merah, Fahri akhirnya mengizinkan. 

Nahas, si pelaku akhirnya bebas keluar area rumah untuk test drib eke jalan raya dan tidak kembali lagi ke rumah Fahri. 

>>> Pasien Covid-19 di India Membludak, Bajaj Diubah Jadi Ambulans Darurat

Wajib Hati-hati Saat Jual Kendaraan

Ada banyak modus pencurian sepeda motor yang banyak dilakukan oleh pelaku, salah satunya adalah modus test drive. Sebagai pemilik kendaraan sudah wajib rasanya untuk selalu hati-hati. Bagaimana agar tidak terkena modus pencurian saat menjual kendaraan? 

dua orang sedang Test Drive motor

Temani calon pembeli saat test drive

Belajar dari kasus sebelumnya, wajar saja jika calon pembeli meminta tes drive kepada Anda. Namun, ada baiknya Anda menemani calon pembeli. Tak ada salahnya untuk berboncengan karena calon pembeli juga pasti mengerti. Anda wajib berhati-hati jika calon pembeli menolak untuk boncengan. 

Jangan tergoda atau lengah jika calon pembeli menitipkan barang berharga, baik dompet, gadget, atau kendaraan mobil sebagai jamnan. Karena belum tentu kendaraan tersebut adalah miliknya. Karena banyak kasus, jaminan kendaraan merurupakan mobil sewaan atau hasil curian. 

Jika Anda tinggal di perumahan satu gerbang, sebaiknya selalu komunikasikan dengan satpam kompleks. Sehingga saat mau test drive, Anda dan satpam juga bisa hati-hati jika kendaraan mau dibawa kabur. Dan yang paling penting, saat bertemu dengan calon pembeli ada baiknya Anda jangan sendirian.

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top