Modifikasi Jeep Wrangler: Jeep Wrangler Xtreme Recon Package

27/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Jeep Wrangler Xtreme Recon Package, paket modifikasi Jeep Wrangler yang disiapkan Jeep untuk mendongkrak kemampuan jelajah dalam kondisi off road ekstrem

Akhirnya terkuak juga maksud dan tujuan dari teaser penuh teka-teki yang diluncurkan secara bertahap oleh Jeep beberapa waktu belakangan ini. Rupanya teaser tersebut mengacu pada paket modifikasi Jeep Wrangler terbaru dengan nama Jeep Wrangler Xtreme Recon Package. Seperti apa sih sangarnya versi modifikasi Jeep Wrangler ini? Simak terus ulasan Cintamobil.com ya!

Modifikasi Jeep Wrangler ini memiliki profil penting dan pas off road yang tergolong ekstrem. Sejatinya, peluncuran paket Jeep Wrangler Xtreme Recon yang disiapkan untuk Jeep Wrangler Rubicon 4 pintu  dan Jeep Wrangler Rubicon 392 baru akan dilakukan dalam gelaran Chicago Auto Show 2021 bertempat di Camp Jeep pada 14 Juli 2021. 

>>> 10 Pilihan Mobil Jeep Modifikasi yang Siap Dipakai Offroad

Paket Off Road

Secara fisik, paket Jeep Wrangler Xtreme Recon terdiri atas  ban BF Goodrich KO2 all-terrain LT315/70R17C (35 inci), velg 17 inci x 8 inci  beadlock, final gear ratio 4,56:1, suspension lift kit setinggi 38 mm dan shock absorber khusus. Paket tersebut tidak pernah ditawarkan oleh Jeep sebelumnya.

gambar jeep

Tampil sebagai raja off road berkat paket Jeep Wrangler Xtreme Recon

Boleh jadi, kehadiran Ford Bronco memaksa Jeep untuk segera mempercepat kehadiran paket off road ekstrem  tersebut. Untuk saat ini, Jeep menyediakan paket  Jeep Wrangler Xtreme Recon dengan final gear ratio 4,56:1. Namun nantinya Jeep akan menyediakan final gear ratio  yang baru, 4.88:1, untuk varian Rubicon.

Performa Ekstrem

Dari sisi teknis, penerapan paket tadi menghasilkan ground clearance setinggi 327 mm dan water fording hingga 853 mm. Jika dipadukan dengan transmisi manual 6-speed, overall crawl ratio khusus varian Rubicon mencapai 100:1 dan menjadi acuan standar industri yang pertama kali dalam segmen pasar SUV di Amerika Serikat.

 gambar jeep

Jeep mengklaim figur off road Jeep Wrangler sebagai the best in class   

Hebatnya lagi, overall crawl ratio tersebut (100:1) adalah standar dari Jeep, bukan paket modifikasi yang ditawarkan oleh produsen aftermarket seperti selama ini. Paduan ban 35 inci dan suspension lift 38 mm memungkinkan Jeep Wrangler Rubicon 4 pintu dan Jeep Wrangler Rubicon 392 dengan paket Jeep Wrangler Xtreme Recon mempunyai profil off road yang ekstrem.

gambar jeep

Paket Jeep Wrangler Xtreme Recon lahir gara-gara Ford Bronco

Antara lain sudut datang (approach angle) 47,4o, sudut pergi (departure angle) 40,4o dan sudut breakover 26,7o yang semuanya diklaim Jeep sebagai “the best in class”. Jeep belum menginformasikan harga paket Jeep Wrangler Xtreme Recon, namun daftar pesanan sudah dibuka dan paket akan diproduksi mulai Agustus 2021 di pabrik Jeep di Toledo, Ohio, Amerika Serikat.

>>> Desain Mirip Jeep Wrangler, Mahindra Roxor Sempat Dilarang Dijual di AS

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top