Modifikasi Extreme! Mini Klasik Ini Pakai Mesin Nissan Leaf

14/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan asal Inggris menawarkan untuk mengubah Mini klasik menjadi tenaga listrik, dengan jarak tempuh 60-70 mil dengan biaya £25.000 (Rp 502 juta).

Aturan batas emisi kendaraan menjadi penghalang besar mobil-mobil klasik dikemudikan di masa depan karena dinilai tidak lagi ramah lingkungan. Lalu bagaimana solusi agar mobil klasik bisa tetap berjalan layaknya mobil baru?

>>> Selain Tesla, 13 Mobil Listrik Juga Dikalahkan Wuling MINI EV

Solusi Mobil Klasik Atasi Aturan Batas Emisi

London Electric Cars (LEC) perusahaan asal Inggris punya jawabannya melalui layanan paket konversi baru yang berhasil mengubah Mini klasik menjadi mobil sepenuhnya bertenaga listrik. Tak main-main, MINI klasik tersebut menggunakan baterai dan motor bekas Nissan Leaf generasi pertama sebagai dasar konversinya, dengan modifikasi yang mengurangi biaya dan dampak lingkungan. 

Modifikasi swap engine ini dinilai tidak hanya membuat proses lebih hemat biaya, tetapi juga paling berkelanjutan agar mobil klasik bisa terus mengikuti aturan emisi yang semakin ketat di masa depan. Jika pelanggan belum memiliki Mini klasik untuk dimodifikasi, perusahaan akan mencari mobil dengan harga premium. 

Gambar menunjukan Wanita dan kabin mobil

Bisa menjangkau jarak 96 km sampai 113 km sekali pengisian daya hingga penuh

“Sebagai penggemar mobil klasik dan pendukung konversi kendaraan listrik yang terjangkau dan berkelanjutan, masuk akal bagi kami untuk fokus pada Mini asli,” kata pendiri LEC,  Matthew Quitter seperti dikutip dari laman Autocar.

“Dengan konversi EV ini, kami ingin Mini klasik menjadi pilihan yang terjangkau namun bermanfaat bagi penduduk kota, tidak hanya di kota asal kami di London tetapi di seluruh dunia, untuk mengatasi lalu lintas dan membantu menghentikan polusi.” tutupnya.

>>> Battery Charger, Gunakan Sesuai Kebutuhan

Dua Tipe Koneksi Pengisian Daya

Kemudian pelanggan juga memiliki opsi untuk memasang baterai yang lebih besar untuk jangkauan yang lebih jauh, dan motor listrik juga dapat ditingkatkan. Pengisian dilakukan baik melalui koneksi Tipe 1 atau Tipe 2, meskipun tidak jelas apakah sistem pengisian telah ditingkatkan untuk mendukung pengisian DC yang lebih cepat. Leaf hanya dapat mengisi daya cepat DC maksimum 44 kW.

Gambar menunjukan MINI Klasik

Cukup mengeluarkan dana 25.000 poundsterling atau setara Rp 502 juta

Setiap swap engine ini membutuhkan waktu sekitar enam minggu, tetapi daftar tunggu saat ini sekitar enam bulan untuk Inggris saja (ada juga pesanan besar dari AS dan Jepang). Sementara itu untuk biayanya mulai dari 25.000 poundsterling (Rp 502 jutaan) di luar pajak. Paket baterai itu bisa menjangkau jarak 96 km sampai 113 km sekali pengisian penuh.

“Ini semua yang saya inginkan dan banyak lagi. Mini klasik saya tidak hanya memiliki kehidupan baru, tetapi juga sempurna untuk berlari di sekitar London dan sangat murah untuk dijalankan! Tidak ada lagi khawatir ini benar-benar win-win solution.” kata pemilik Mini klasik.

>>> Indonesia Dapat Jatah 10 Unit MINI Frozen Brass Edition, Dibanderol Rp 697 Juta

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top