Modifikasi 'Balap' 3 Mobil Raja Penjualan Di Kelasnya Oleh Cintamobil.com

18/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ketiga mobil ini memang sudah ada yang jadi raja di kelasnya, lantas bagaimana bila mobil ini sedikit diberi sentuhan modifikasi digital oleh tim kreatif kami?

Dunia modifikasi kendaraan ada bukan hanya untuk kesenangan mata saja. Ada suatu proses aktualisasi diri dalam sebuah proses modifikasi mobil. Tak terkecuali modifikasi yang dilakukan secara digital alias digimods. Seperti yang diketahui, tiga produk ini merupakan hot cars di Indonesia. Ada yang sudah menjadi raja penjualan di kelasnya, ada pula produk yang masih berusaha menjadi the best in it class, hanya tinggal menunggu waktu saja untuk pembuktian.

Foto Subaru Legacy UTE

Digimods membuat 'proses' modifikasi bisa dilakukan seolah tanpa batas

Nah, bagaimana jika tim kreatif Cintamobil.com memberikan sedikit 'sentuhan' terhadap tiga produk yang kami nilai akan jadi yang terbaik di masing-masing kelasnya ini? Berikut ini adalah digimods yang tim kami berikan terhadap Suzuki New Carry Pick Up, Honda City Hatchback RS, dan Daihatsu Rocky berikut dengan masing-masing penjelasan filosofinya. Memang, gambar yang kami buat bukan yang terbaik, karena hanya untuk kebutuhan visual semata.

Modifikasi Suzuki New Carry Pick Up 'Slalom'

Tahukah Anda bila Suzuki Carry beberapa generasi sebelumnya sering dijadikan mobil balap di kejuaraan slalom? Yes, Suzuki ST20 atau yang juga akrab dikenal Suzuki Trungtung 'dikorek' mesinnya oleh Almarhum Om Chia sehingga menjadi luar biasa kemampuannya. Tapi, itu cerita masa lalu, sekarang Slalom lebih akrab disebut dengan Gymkhana. Nah, kira-kira beginilah jika New Carry Pick Up generasi terkini dilakukan modifikasi jadi mobil slalom.

Foto Suzuki New Carry Pick Up Slalom

Carry bukan hanya rajanya pasar, tapi jagoan slalom!

Modifikasi digital kami lakukan dengan memvisualisasikan tampilan ceper dari mobil. Suspensi dibuat lebih 'membumi' bisa dengan memasang sport kit atau hanya sekadar potong per dan menggantinya dengan yang lebih keras. Ukuran ban ditambah tapak lebarnya demi mendapatkan grip dan traksi yang lebih optimal. Lantas, kemampuan mesin juga ditingkatkan dengan melakukan porting and polish pada cylinder head dan debit bahan bakar diatur ulang dengan memanfaatkan piggyback.

Modifikasi Honda City Hatchback RS 'Touring Car'

Andai tak ada pandemi virus Covid-19, hampir dipastikan pada gelaran balap ISSOM (Indonesia Sentul Series of Motorsport) tahun 2021 ini tim Honda Racing sudah mulai mengembangkan produk terbaru mereka yakni Honda City Hatchback RS. Sayangnya, pandemic memmbuat rencana tersebut harus mundur, rencana ganti mobil dari Jazz ke City Hatchback baru mulai tahun 2022. Nah, kira-kira seperti inilah kalau Honda City Hatchback dibuat modifikasi untuk balap.

Foto modifikasi Honda City Hatchback RS Touring Car

Modifikasi sektor mesin bisa menyesuaikan kelas balap yang akan diikuti

Velg bawaan pabrik akan diganti dengan produk aftermarket yang memiliki bobot lebih ringan. Di pasaran ada banyak pilihan velg 'ringan', tapi jika merujuk Honda Jazz milik Honda Racing Indonesia, paling pas adalah Wedssport TC105N yang punya diameter 15 inch. Velg tersebut dibalut ban GT Radial Champiro SX2 dengan ukuran 195/50 R15. Tak lupa, suspensi turut diubah dan roll cage ditambahkan untuk melindungi pembalap saat terjadi kecelakaan serta interior dibuat 'terondol'.

>>> Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

Modifikasi Daihatsu Rocky 'All Wheel Drive'

Daihatsu Rocky dahulu kala adalah salah satu trim dari model Taft. Musuh bebuyutan dari Toyota Hardtop dan Jeep CJ ini memang tak begitu santer di ajang motorsport seperti kedua mobil yang sebelumnya kami bahas. Namun, Taft Rocky dulu juga kerap diandalkan menjadi mobil untuk adventure. Tapi, lain dulu lain sekarang, Daihatsu Rocky yang saat ini dijual di Indonesia tak punya garis keturunan langsung dengan Daihatsu Taft.

Foto Daihatsu Rocky AWD

Bisa Anda bayangkan andai Rocky 'dibuat' AWD?

Maka kami pun sedikit kreatif dengan membuat digimods Daihatsu Rocky 'All Wheel Drive'. Ubahan terbesar tentunya dengan menambah 'bonggol' gardan di belakang, atau bisa juga dengan mengadopsi sistem AWD dari Daihatsu Rocky atau Toyota Raize yang dijual di pasar Jepang. Ukuran ban sedikit diperbesar dengan motif kembangan 'pacul', dan jangan lupa untuk mengupgrade sedikit performa mesin dengan menambah boost turbo agar performanya tetap optimal.

>>> Modifikasi Toyota Hilux Spek Balap Reli Dakar Ini Dijual, Minat?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top