Model Mobil Listrik Honda di Indonesia Tergantung Hal Ini

18/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Model Mobil Listrik Honda di Indonesia Tergantung Hal Ini
Honda masih belum juga mau menghadirkan mobil listrik di Indonesia. Rupanya model mobil listrik Honda di Indonesia akan tergantung pada sejumlah hal ini.

PT Honda Prospect Motor masih menutup rapat informasi terkait mobil listrik yang ada di Indonesia. Padahal kalau bicara mobil listrik, Honda juga sudah memiliki sejumlah model. 

Tapi sayang, di saat pabrikan lain gencar mengenalkan produk mobil listriknya di Tanah Air, Honda justru terkesan belum mau mengenalkannya. Honda berulang kali menyebut pihaknya enggan terburu-buru untuk menyajikan kendaraan listriknya bagi masyarakat Indonesia.

Mobil listrik Honda

Honda e sudah mulai dijual di beberapa negara

>>> Absen Balap MotoGP, Marc Marquez Jajal Mobil Listrik Honda E

Menanti Infrastruktur

Melainkan ada sederet pertimbangan yang harus dipikir matang-matang agar penjualan mobil listrik Honda bisa tepat sasaran. 

"Kami mempunyai semua line up, full battery ada Honda e tapi untuk introduce di Indonesia kami harus pelajari dalam-dalam," ujar Business Innovations and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy dalam sebuah kesempatan baru-baru ini. 

"Yang mana yang akan dikenalkan di Indonesia itu tergantung infrastruktur, peraturan pemerintah, jadi kita akan pilih mana yang paling tepat dikenalkan di Indonesia," sambung Billy. 

Padahal kalau bicara aturan, pemerintah sendiri telah menyiapkan sejumlah regulasi guna mempercepat kehadiran kendaraan listrik di Indonesia. Sejumlah aturan pemerintah berkaitan dengan kendaraan listrik yakni : 

1. Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019
2. Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019
3. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 13 Tahun 2020 
4. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020
5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2020 
6. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020
7. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 28 Tahun 2020 

Bagi Honda, menyoal mobil listrik bukan hanya yang mengusung tenaga baterai. Billy juga menyebut bahwa pihaknya tengah meracik mesin yang bisa menghasilkan emisi rendah dan ramah lingkungan. 

"Elektrifikasi adalah salah satu strategi ramah lingkungan tapi pengembangan engine yang ramah lingkungan itu juga kami fokuskan yang penting kendaraan itu ramah lingkungan," tegas Billy. 

>>> Honda Berencana Hentikan Penjualan Mobil Bensin dan Diesel di Tahun 2023

Produsen Lain Justru Mulai Gencar Kenalkan Mobil Listrik

Kalau mobil listrik dari Honda belum kelihatan batang hidungnya, produsen sesama Jepang Toyota justru kian gencar mengenalkan produk mobil listrik di Tanah Ai. 
Toyota juga menyatakan kesiapannya untuk memproduksi mobil hybrid di Indonesia pada tahun 2022. 

mobil listrik Toyota

Ini mobil listrik Toyota yang bakal mengaspal di Bali tahun 2021

Toyota juga berencana untuk mengenalkan mobil listrik mungil di Bali sebagai mobilitas para wisatawan. Sementara mobil listrik murni Toyota lebih memilih Lexus. Tak cuma produsen Jepang, Hyundai yang tengah membangun pabrik di Indonesia juga terbilang lebih berani. Dua mobil listrik murni Hyundai sudah diluncurkan di sini dengan harga yang cukup kompetitif yakni mulai Rp 620 jutaan.  

>>> Kapan Mobil Listrik Honda Dibawa ke Indonesia?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Hadirnya Kendaraan Listrik di Indonesia Bisa Bantu Pulihkan Perekonomian

18/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah kian gencar mempercepat pengadaan kendaraan listrik di Indonesia. Bukan tanpa alasan, makin cepat kehadirannya perekonomian juga bisa segera pulih.

Lihat juga

Pemerintah Tak Bakal Paksa Warga Tukar Tambah ke Kendaraan Listrik

01/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah tengah berupaya menyiapkan sejumlah stimulasi untuk membuat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik dengan menggunakan pendekatan halus.

Lihat juga

Baterai Kendaraan Listrik Tak Bisa Digunakan di Model Mobil yang Berbeda

01/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Sama-sama berfungsi sebagai 'jantung' rupanya baterai kendaraan listrik tak bisa digunakan pada sembarang model seperti aki yang bisa digunakan banyak mobil.

Lihat juga

Masa Depan Kendaraan Listrik di Indonesia Diprediksi Bakal Cerah

25/11/2020

Pasar mobil

4 menit

Saat ini kendaraan listrik masih terbilang tabu lantaran minimnya infrastruktur. Namun demikian masa depan kendaraan listrik di Indonesia diprediksi cerah.

Lihat juga

Langkah Indonesia Jadi Pemain Utama di Pasar Kendaraan Listrik

10/11/2020

Pasar mobil

4 menit

Indonesia punya target tersendiri di sektor kendaraan listrik. Untuk itu, ada langkah strategis yang bakal disiapkan pemerintah dalam mendorong hal tersebut.

Lihat juga
 
back to top