Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

12/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik
Produsen mobil asal Prancis Renault dikabarkan akan membangkitkan mobil klasik Renault 4 yang diperkenalkan pada awal 1960-an menjadi mobil listrik.

Renault dikabarkan berencana menghidupkan kembali beberapa model terlarisnya di masa lalu untuk dijadikan mobil listrik. Rencana ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan memperbaiki kondisi Renault saat ini.

>>> Melihat Lebih Dekat Keunikan Service Car Renault Cikarang

Gamabr menunjukan Charging station

Strategi baru Renault akan diumumkan  pada 14 Januari mendatang

Detailnya Akan Terungkap 14 Januari

CEO Renault Luca de Meo akan mengungkap pembaruan strateginya itu pada 14 Januari mendatang yang diharapkan fokus pada rangkaian produk yang akan diluncurkan perusahaan. Termasuk membangkitan model-model unggulan Renault di masa lalu menjadi mobil listrik

Saat ini Renault tengah mengalami kerugian dan telah mengumumkan penghematan biaya hingga 2 miliar euro dan melakukan PHK dalam upayanya untuk meningkatkan margin dan meningkatkan kinerja grup di pasar mobil yang terpukul parah oleh pandemi Covid-19. Tak hanya itu Renault juga dalam tekanan untuk bisa memproduksi banyak kendaraan ramah lingkungan untuk mengikuti aturan emisi yang semakin ketat. 

Dilansir dari laman Autonews melalui sumber rahasia dikatakan De Meo ingin bersandar pada akar merek Prancis, akan mengungkap versi listrik dari mobil kecil Renault 4 yang diperkenalkan pada awal 1960-an. Juga akan ada versi listrik yang dihidupkan kembali dari model 1970-an dan 1980-an populer lainnya.

"Luca de Meo sangat fokus pada produk, dan rencana strateginya juga," kata sumber tersebut.

>>> Renault Duster Cabrio, Hasil Modifikasi Setelah Rusak Parah

Gambar menunjukan Mobil listrik Ford

Papan nama berlogo kuda poni ikonik kini menjadi mobil bertenaga listrik

Ford Juga Bangkitkan Merk Mustang Jadi Mobil Listrik

Langkah yang dilakukan Renault ini tampaknya bukan satu-satunya yang dilakukan oleh produsen mobil global. Sebelumnya Ford produsen mobil asal AS mengungkapkan alasan menggunakan kembali papan nama berlogo kuda poni ikonik Mustang untuk menjadi sebuah SUV bertenaga baterai listrik. Sejatinya papan nama Mustang sendiri sudah dikenal sebagai mobil sport di era 1960-an.

Produsen mobil asal AS tersebut telah mengungkapkan alasan dibalik pemilihan nama Mustang Mach-E. Jawaban sederhananya adalah karena itu akan membuat mobil listrik milik Ford berbeda dari yang lainnya. 

“Ide tentang bagaimana kami menonjol di tengah keramaian, bagaimana kami mengurangi semua kebisingan dan kekacauan dari kendaraan listrik lainnya menjadi pertanyaan penting yang harus kami selesaikan,” kata Castriota, Direktur merek global Ford untuk kendaraan baterai listrik seperti dikutip dari roadandtrack.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top